Topik Terkait: Khalifah Abu Abbas AS Saffah (halaman 10)

  • Kisah Wafatnya Ahli...
    Hikmah
    Rabu, 17 Maret 2021 - 21:10 WIB
    Sebagaimana Imam Abu Zurah yang semasa hidupnya selalu menyibukkan diri dengan hadis maka Allah menjadikan akhir kehidupannya dengan hadis yang agung ini.
  • Seuntai Kalung Cantik...
    Muslimah
    Senin, 16 November 2020 - 15:25 WIB
    Umamah dikenal sebagai muslimah yang cerdas, lembut, dan keibuan. Kematangan pribadi itu tak terlepas dari asuhan langsung sang manusia mulia kakeknya, Muhammad.
  • Abu Ubaidah, Komandan...
    Hikmah
    Rabu, 15 November 2023 - 05:15 WIB
    Nama pahlawan Islam ini tak sepopuler Khalid bin Walid. Dia adalah Abu Ubaidah bin Jarrah. Dia pula yang menjadi komandan perang saat Yerusalem takluk di bawah Islam pada era Khalifah Umar bin Khattab
  • Ide Gila Abu Nawas:...
    Hikmah
    Minggu, 25 Oktober 2020 - 06:30 WIB
    Gentong itu dibawanya ke hadapan hakim. Saat itu juga hakim yang biasanya sok sibuk, langsung tidak sibuk, dan punya waktu untuk membubuhi tanda tangan pada perjanjian Abu Mizan.
  • Wasiat Berharga Ali...
    Hikmah
    Senin, 20 Desember 2021 - 11:59 WIB
    Imam Ibnul Jauzi mengungkap wasiat Khalifah Ali bin Abi Thalib kepada Kumail bin Ziyad. Wasiat tersebut sangat berharga ini disampaikan pada saat mereka sedang duduk berdua.
  • Nasihat Tabiin Ar-Rabi...
    Hikmah
    Sabtu, 16 April 2022 - 14:02 WIB
    Ar-Rabi bin Khutsaim adalah salah satu ulama tabiin yang utama dan satu di antara delapan orang yang dikenal paling zuhud. Beliau adalah murid dari Abdullah bin Masud, sahabat Rasulullah SAW.
  • Si Raja Mistik Itu Bernama...
    Hikmah
    Jum'at, 01 Mei 2020 - 03:04 WIB
  • Kisah Abu Lahab Menerima...
    Hikmah
    Kamis, 12 September 2024 - 07:28 WIB
    Setiap bulan Rabiul Awal kita sering mendengar kisah ini disampaikan di berbagai majelis dan perayaan Maulid Nabi. Kisah ini menceritakan siksaan Abu Lahab yang diringankan Allah sebab kegembiraannya dengan kelahiran Nabi Muhammad SAW.
  • Khalid bin Walid Wafat...
    Hikmah
    Senin, 17 Juni 2024 - 05:15 WIB
    Khalid bin Walid meninggal empat tahun kemudian setelah pemecatannya. Ia tidak meninggalkan harta kekayaan selain kuda, pelayan dan senjatanya. Umar tampak menyesal.
  • Abu Dzar Al Ghifari,...
    Hikmah
    Senin, 11 Januari 2021 - 05:00 WIB
    Demi Allah, aku tidak berdusta! Seandainya aku mempunyai baju bakal kain kafan untuk membungkus jenazahku dan jenazah isteriku, aku tidak akan minta dibungkus selain dengan bajuku sendiri atau baju isteriku.....
  • Baginda Sultan dan Para...
    Hikmah
    Jum'at, 29 Mei 2020 - 09:11 WIB
    Hai Abu Nawas, mana janjimu? kata Sultan, semua orang ini masing-masing menyerahkan sebutir telur kepadaku, hanya kamu yang tidak, kamu akan dapat hukuman.
  • Akal-Akalan Abu Nawas...
    Hikmah
    Sabtu, 20 Juni 2020 - 10:57 WIB
    Keesokan harinya, semua warga berkumpul dan mengembalikan tongkat kepada Abu Nawas. Pada saat menerima tongkat dari pencuri, Abu Nawas langsung menangkapnya.
  • Tugas Baru Abu Nawas...
    Hikmah
    Jum'at, 06 November 2020 - 06:44 WIB
    Demikianlah cara keledai membaca: hanya membalik-balik halaman tanpa mengerti isinya. Kalau kita membuka-buka buku tanpa mengerti isinya, kita disebut setolol keledai, bukan?
  • Tagih Zakat, Abu Nawas...
    Hikmah
    Jum'at, 19 Juni 2020 - 07:20 WIB
    Pada mulanya, Baginda Raja agak kaget dengan ide Abu Nawas. Karena ada rasa keinginan kuat untuk menyadarkan Tuan Kabul, akhirnya rajapun bersedia menyamar menjadi pengemis..
  • Rafidah: Kisah Zaid...
    Hikmah
    Selasa, 01 Oktober 2024 - 19:28 WIB
    Rafidah adalah sekelompok penganut Syiah yang memandang Ali dan anak cucunya lebih utama daripada Abu Bakar dan Umar. Mereka tidak menyukai kedua sahabat Nabi yang khalifah itu, bahkan mencaci-makinya.
  • Heraklius Kerahkan Kapal...
    Hikmah
    Senin, 10 Juni 2024 - 15:38 WIB
    Di kawasan ini pun kemudian tersiar berita Heraklius dan bala bantuannya yang didatangkan dari laut, serta berita-berita tentang Jazirah dan perjalanan kabilah-kabilahnya yang sedang menuju Hims.
  • Ketika Abu Nawas Tak...
    Hikmah
    Kamis, 20 Januari 2022 - 10:36 WIB
    Pengalaman Abu Nawas kali ini bisa menjadi pelajaran berharga bagi kita, betapa perlunya kita berpikir terlebih dahulu sebelum mengucapkan kata-kata.
  • Pra-Islam: Orang-Orang...
    Hikmah
    Kamis, 11 Januari 2024 - 15:18 WIB
    Sebagian ahli sejarah berpendapat orang-orang Arab yang mendirikan kota Anbar dan Hirah di Irak adalah para tawanan perang Raja Nebukhadnezzar II.
  • Abu Dzar Al-Ghifari...
    Hikmah
    Sabtu, 23 Oktober 2021 - 15:23 WIB
    Abu Dzar Al-Ghifari meninggal di pengasingan. Ia menyusul istri dan putranya yang meninggal terlebih dahulu. Akhir Abu Dzar sesuai dengan nubuat Nabi SAW
  • Perawakan Abu Bakar...
    Hikmah
    Selasa, 19 September 2023 - 15:44 WIB
    Berperawakan kurus, putih, dengan sepasang bahu yang kecil dan muka lancip dengan mata yang cekung disertai dahi yang agak menonjol dan urat-urat tangan yang tampak jelas.