Topik Terkait: Khalifah Abu Abbas AS Saffah (halaman 9)

  • Nasihat Imam Syafii...
    Tausyiah
    Senin, 09 Januari 2023 - 16:46 WIB
    Nasihat Imam Syafii (150-204 H) kepada pengasuh putra Khalifah Harun Ar-Rasyid (wafat 809 M) dapat diamalkan oleh kaum muslim. Terlebih bagi yang punya pembantu atau pengasuh anak.
  • Abu Lahab: Mayatnya...
    Hikmah
    Jum'at, 29 Mei 2020 - 08:12 WIB
    Mendengar ucapan Nabi Muhammad tersebut, Abu Lahab langsung menyahut, celaka engkau, apakah hanya untuk menyampaikan hal ini engkau mengumpulkan kami?
  • Abu Yazid Tinggalkan...
    Hikmah
    Kamis, 30 April 2020 - 03:59 WIB
    Suatu ketika Abu Yazid melakukan perjalanan menuju Kabah di Makkah, tetapi beberapa saat kemudian ia pun kembali lagi. Ketika ditanya jawabannya aneh.
  • Tagih Zakat, Abu Nawas...
    Hikmah
    Jum'at, 19 Juni 2020 - 07:20 WIB
    Pada mulanya, Baginda Raja agak kaget dengan ide Abu Nawas. Karena ada rasa keinginan kuat untuk menyadarkan Tuan Kabul, akhirnya rajapun bersedia menyamar menjadi pengemis..
  • Kisah Muslim Bahrain...
    Hikmah
    Rabu, 27 Desember 2023 - 12:39 WIB
    Raja kawasan itu, al-Munzir bin Sawa alAbdi, seorang Nasrani, sudah memeluk Islam ketika diajak oleh Ala bin al-Hadrami yang pada tahun ke-9 Hijri diutus oleh Nabi ke Bahrain.
  • cover top ayah
    وَحُشِرَ لِسُلَيۡمٰنَ جُنُوۡدُهٗ مِنَ الۡجِنِّ وَالۡاِنۡسِ وَالطَّيۡرِ فَهُمۡ يُوۡزَعُوۡنَ (١٧) حَتّٰٓى اِذَاۤ اَتَوۡا عَلٰى وَادِ النَّمۡلِۙ قَالَتۡ نَمۡلَةٌ يّٰۤاَيُّهَا النَّمۡلُ ادۡخُلُوۡا مَسٰكِنَكُمۡ‌ۚ لَا يَحۡطِمَنَّكُمۡ سُلَيۡمٰنُ وَجُنُوۡدُهٗۙ وَهُمۡ لَا يَشۡعُرُوۡنَ‏ (١٨) فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنۡ قَوۡلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًـا تَرۡضٰٮهُ وَاَدۡخِلۡنِىۡ بِرَحۡمَتِكَ فِىۡ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيۡنَ (١٩)
    Dan untuk Sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib. Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari. Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.

    (QS. An-Naml Ayat 17-19)
    cover bottom ayah
  • Ramalan Khalifah Umar...
    Hikmah
    Rabu, 06 Januari 2021 - 05:00 WIB
    Gejala individualisme, mementingkan diri sendiri dan golongan, yang pada masa Khalifah Umar r.a. berhasil dipangkas tunas-tunasnya, tumbuh kembali dengan suburnya di masa Khalifah Utsman r.a.
  • Pembebasan Irak: Kisah...
    Hikmah
    Jum'at, 19 Januari 2024 - 16:53 WIB
    Khalid tinggal di Hirah dan sekaligus dijadikan markas komandonya. Itulah ibu kota Islam pertama di luar negeri Arab. Tetapi pimpinan pemerintahan diserahkan kepada tokoh-tokoh anak negeri itu.
  • Kisah Dusta? Ali bin...
    Hikmah
    Selasa, 02 Maret 2021 - 19:48 WIB
    Para sahabat di belakang Ali merinding ketakutan tetapi Ali gagah melangkah menebas kepala-kepala itu, dan akhirnya diapun mengambil air dari sumur anker tersebut.
  • Salim Maula Abu Hudzaifah:...
    Hikmah
    Jum'at, 08 Juli 2022 - 16:14 WIB
    Pada mulanya Salim hanyalah seorang budak, kemudian Islam memperbaiki kedudukannya. Ia diambil sebagai anak angkat oleh salah seorang pemimpin Islam terkemuka.
  • Khalifah Abu Jafar Al-Manshur:...
    Dunia Islam
    Kamis, 31 Maret 2022 - 17:42 WIB
    Dia menggantikan Abul Abbas As-Saffah. Jika pendahulunya dikenal sangat dermawan, Al-Manshur sebaliknya. Ia sangat kikir sehingga bergelar Abu Dawani.
  • Kisah Imam Syafi’i...
    Hikmah
    Kamis, 04 Maret 2021 - 17:50 WIB
    Syaikhul Islam Ahmad bin Abdul Halim berkata: Ini adalah kedustaan yang sangat nyata bagi orang yang memiliki ilmu hadits. Orang yang menukil kisah ini hanyalah orang yang sedikit ilmu.
  • Baginda Raja Serahkan...
    Hikmah
    Jum'at, 23 Oktober 2020 - 07:12 WIB
    Semua ulama yang ada saat itu tidak berani menjawab pertanyaan Khalifah Harun Ar-Rasyid. Mereka menganggap Khalifah lagi bertingkah aneh untuk menarik perhatian. Tanya kok Allah sekarang lagi apa?
  • Ide Gila Abu Nawas:...
    Hikmah
    Minggu, 25 Oktober 2020 - 06:30 WIB
    Gentong itu dibawanya ke hadapan hakim. Saat itu juga hakim yang biasanya sok sibuk, langsung tidak sibuk, dan punya waktu untuk membubuhi tanda tangan pada perjanjian Abu Mizan.
  • Abu Ubaidah bin Jarrah...
    Hikmah
    Sabtu, 01 Mei 2021 - 04:30 WIB
    Abu Ubaidah khawatir kalau Rasulullah kesakitan bila dicabutnya dengan tangan. Maka digigitnya mata rantai itu kuat-kuat dengan giginya lalu ditariknya.
  • Kisah Abu Nawas Memenangkan...
    Hikmah
    Senin, 31 Januari 2022 - 08:48 WIB
    Pada suatu hari, melihat ayam betinanya bertelur, Baginda ingin menyelenggarakan sayembara dengan hadiah yang menggiurkan, Abu Nawas pun berparisipasi dalam sayembara ini.
  • Kisah Abu Bakar Menghadapi...
    Hikmah
    Rabu, 20 April 2022 - 20:40 WIB
    Khalifah Abu Bakar Ash-Shiddiq menghadapi para pembangkang membayar zakat tatkala beliau memerintah. Pada saat Madinah tanpa pengawalan yang memadai, para pembangkang mengepung Madinah.
  • Kisah Persembunyian...
    Hikmah
    Sabtu, 11 Juli 2020 - 11:29 WIB
    Pikiran Abu Bakar bukan apa yang akan menimpa dirinya, tetapi yang dipikirkannya adalah Rasulullah, kalau sampai kaum Quraisy itu berhasil membunuhnya.
  • Surat Nasehat al-Hasan...
    Hikmah
    Minggu, 04 Juli 2021 - 11:00 WIB
    Kisah di bawah ini, syarat dengan hikmah tentang bagaimana sosok pemimpin yang bijaksana dan dapat mengemban amanah dunia ini dengan sebaik-baiknya, dan ia pun terbuka pada nasehat orang lain.
  • Gara-gara Membongkar...
    Hikmah
    Senin, 27 April 2020 - 16:07 WIB
    Lama Abu Nawas memeras otak, namun belum juga menemukan muslihat untuk membalas Baginda. Makanan yang dihidangkan oleh istrinya tidak dimakan karena nafsu makannya lenyap.
  • Kisah Umar bin Khattab...
    Hikmah
    Rabu, 20 Desember 2023 - 11:40 WIB
    Menjelang kematiannya, Umar berkata: Kalau saya mati, mintakanlah izin kepadanya, kalau tidak diizinkan biarlah, sebab saya khawatir dia mengizinkan hanya karena kedudukan saya.