Topik Terkait: Khiyar Dalam Islam

  • Hak Khiyar dalam Pernikahan, Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Sabtu, 06 Mei 2023 - 11:17 WIB
    Dalam fiqih pernikahan, Islam mengatur tentang khiyar (hak pilih). Konsep khiyar diputuskan dalam Islam agar kedua pihak masing-masing dari calon suami atau istri mendapat keadilan.
  • Bolehkah Berdebat dalam Perspektif Islam?
    Tips
    Jum'at, 02 Juli 2021 - 17:40 WIB
    Kita sering mendapati banyak orang berdebat baik di acara formal ataupun di berbagai media sosial. Bagaimana Islam menyikapi debat, bolehkah?
  • Hukum Memakai Behel dalam Islam, Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Kamis, 08 Februari 2024 - 07:10 WIB
    Bagaimana hukumnya memakai behel gigi dalam Islam? Hukum ini penting diketahui umat Islam, mengingat tengah tren-nya penggunaan alat metode kecantikan tersebut.
  • Seperti Ini Islam Mengatur Adab dalam Berteman
    Muslimah
    Selasa, 29 Juni 2021 - 07:09 WIB
    Salah satu hubungan sosial dalam kehidupan kita adalah pertemanan. Dalam Islam, teman harus diperlakukan dengan baik sesuai adab yang diajarkan oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam.
  • Batasan Bercanda dalam Islam, Simak Baik-baik!
    Tausyiah
    Jum'at, 02 Februari 2024 - 17:29 WIB
    Batasan bercanda dalam Islam sangat diperhatikan dengan seksama. Ada adab dan etikanya sebagaimana dicontohkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam.
  • Hukum Gadai dalam Pandangan Islam, Bolehkah?
    Tips
    Selasa, 30 Agustus 2022 - 22:15 WIB
    Gadai biasanya dilakukan bagi orang yang meninggalkan jaminan berupa barang untuk utang. Berikut hukum gadai dalam pandangan syariat Islam.
  • Menilik Fenomena Childfree dalam Sudut Pandang Islam, Benarkah Dilarang?
    Tausyiah
    Jum'at, 17 Februari 2023 - 15:14 WIB
    Childfree adalah sebuah istilah dimana seseorang memilih untuk tidak punya anak setelah menikah. Bagaimana padangan Islam terhadap paham ini? Simak ulasan berikut.
  • Kesetaraan Perempuan Dalam Islam
    Muslimah
    Rabu, 21 April 2021 - 10:44 WIB
    Momen peringatan Hari Kartini, selalu membahas tentang kesetaraan perempuan. Padahal bila menengok sejarah awal Islam, kesetaraan perempuan dengan lelaki ini telah ada di masa Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam.
  • Mimpi Hamil Menurut Islam, Bagaimana Arti dan Maknanya?
    Muslimah
    Senin, 13 Desember 2021 - 06:26 WIB
    Mimpi hamil menurut Islam, tidak ada penjelasan spesifik tentangnya, begitu juga dengan dalil yang membahasnya. Akan tetapi, mimpi tersebut bisa ditafsirkan banyak arti dan pendapat, tergantung siap yang bermimpi.
  • Hukum KB dalam Sudut Pandang Islam, Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Jum'at, 17 Februari 2023 - 11:42 WIB
    Hukum KB (keluarga berencana) dalam sudut pandang Islam sangat perlu diketahui pasangan keluarga muslim. Apalagi, pasangan yang baru menikah dan memiliki rencana untuk mempunyai buah hati
  • Hukum Memungut Pajak dari Rakyat dalam Pandangan Islam
    Tausyiah
    Jum'at, 03 Maret 2023 - 22:01 WIB
    Bagaimana hukum memungut pajak dari rakyat dalam pandangan Islam? Bolehkah hal ini dilakukan negara atau pemerintah? Mari simak penjelasan berikut.
  • Bolehkah Melakukan Perjanjian Pranikah dalam Islam?
    Hikmah
    Senin, 31 Juli 2023 - 10:29 WIB
    Perjanjian pranikah, sesuatu yang semula terdengar tabu sepertinya mulai dipopulerkan di Indonesia. Terutama mulai didengar dari model-model pernikahan di kalangan selebritas di Tanah Air.
  • Batasan Wanita Karier dalam Islam, Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Jum'at, 02 Juni 2023 - 13:56 WIB
    Batasan wanita karier dalam Islam perlu dipahami oleh kaum muslimah yang memilih bekerja di luar rumah. Batasan ini penting, karena wanita karier akan menghabiskan lebih banyak waktunya di luar rumah.
  • Bagaimana Pola Asuh dan Cara Menyapih Anak dalam Islam?
    Muslimah
    Senin, 26 Juni 2023 - 14:30 WIB
    Dalam Islam dibolehkan untuk menyusui anak hingga berumur lebih dari dua tahun, sebagaimana dibolehkan untuk menyapihnya kurang dari dua tahun, dengan dua syarat, y tidak membahayakan kesehatan anak maupun ibu, serta disepakati kedua orang tuanya.
  • Apa yang Dimaksud Syura dalam Islam?
    Tausyiah
    Jum'at, 09 Februari 2024 - 17:57 WIB
    Apa yang dimaksud syura dalam Islam? Syura merupakan sendi kehidupan dalam sosial dan bernegara yang digunakan sebagai prinsip yang harus ditegakkan di muka bumi.
  • Tempat Istimewa dan Keutamaan Ibu Menyusui dalam Islam
    Muslimah
    Sabtu, 19 Februari 2022 - 05:15 WIB
    Seorang ibu yang menyusui anaknya diberi tempat istimewa oleh Allah subhanahu wa taala, karena keutmaan-keutamaan yang dimilikinya. Hal ini disampaikan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan imam Abu Dawud,
  • Memanfaatkan Aset dalam Islam Menurut Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Sabtu, 24 Juni 2023 - 05:15 WIB
    Mempergunakan dan memfungsikan aset ekonomi dan kekayaan materi dengan baik bisa dilakukan dengan tidak membiarkan sesuatu tanpa guna dan tetap memeliharanya dengan baik.
  • Keutamaan Membayar Utang Tepat Waktu Dalam Islam
    Tips
    Rabu, 17 Mei 2023 - 08:03 WIB
    Dalam konteks agama Islam, ada beberapa keutamaan membayar utang tepat waktu yang besar pahalanya. Berikut adalah beberapa poin terkait pahala membayar utang tepat waktu.
  • Doa untuk Para Pemimpin dalam Islam
    Tips
    Kamis, 02 November 2023 - 13:19 WIB
    Seseorang dapat dikatakan pemimpin menurut islam apabila ia memiliki beberapa kriteria yakni bersikap adil, sehat jasmani dan rohani dan dapat menangani tugas kepimpinananya dan lainnya.
  • Adab dan Kriteria Pertemanan dalam Islam yang Penting Diketahui
    Tips
    Rabu, 20 Juli 2022 - 10:26 WIB
    Berteman juga merupakan hubungan yang mendatangkan pahala karena mengarah kepada ibadah muamalah dalam wujud ukhuwah (persaudaraan) islamiyah