Topik Terkait: Kisah Teladan

  • Berharganya Wajah Wanita, Ini Kisah Suami yang Menjaga Kehormatan Istrinya
    Tausyiah
    Rabu, 02 Agustus 2023 - 23:37 WIB
    Abu Ubaidah Yusuf bin Mukhtar as-Sidawi dalam bukunya 100 Kisah Menarik Penuh Ibrah menceritakan satu kisah yang sangat menyentuh hati. Berikut kisahnya.
  • Kisah Asiyah, Wanita yang Diperlihatkan Surga Saat Disiksa Firaun
    Hikmah
    Kamis, 07 Juni 2018 - 03:30 WIB
    Asiyah binti Muzahim adalah satu dari empat perempuan mulia yang menjadi penghuni surga berkat keteguhan imannya.
  • Kisah Pezina Bertaubat yang Membuat Rasulullah Kagum
    Hikmah
    Selasa, 28 Mei 2019 - 14:54 WIB
    Allah mencintai orang-orang yang senantiasa bertaubat dan kembali ke jalan Nya. Pada masa Rasulullah SAW, ada satu kisah menakjubkan tentang seorang perempuan pezina yang bertaubat.
  • Tahun Abu: Begini Teladan Umar bin Khattab Saat Negara Menghadapi Bencana
    Hikmah
    Senin, 18 Desember 2023 - 07:26 WIB
    Khalifah Umar bin Khattab berkata: Bagaimana saya akan dapat memperhatikan keadaan rakyat jika saya tidak ikut merasakan apa yang mereka rasakan.
  • Kisah Sufi: Keperluan yang Kian Mendesak
    Hikmah
    Selasa, 05 Mei 2020 - 16:30 WIB
    Lantaran kekayaannya, seorang penguasa tiran Turkestan ingin berjumpa dengan Nabi Kidir. Seorang sufi menyanggupinya karena butuh uang untuk keluarganya.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Kisah Bijak Para Sufi: Ketika Air Berubah
    Hikmah
    Sabtu, 18 Juli 2020 - 06:56 WIB
    Setiap kali merasa haus, ia, kembali ke tempat penyimpanannya dan minum airnya. Namun akhirnya, ia memutuskan minum air yang baru. Ia tidak tahan menanggung kesepian.
  • Kisah Bilal dan Adzan Terakhir yang Menggetarkan Madinah
    Hikmah
    Minggu, 06 Oktober 2019 - 11:04 WIB
    Bilal bin Rabbah RA, sahabat Nabi berkulit hitam dari Habsyah (Ethiopia) yang memeluk Islam ketika menjadi budak. Beliau dimerdekakan Sayyidina Abu Bakar saat disiksa kafir Quraisy.
  • Kisah Indah Jelang Buka Puasa Sayyidah Aisyah
    Muslimah
    Minggu, 02 Mei 2021 - 13:54 WIB
    Ummul Mukminin Sayyidah Aisyah radhiyallahu anha, adalah potret perempuan muslimah yang menjadi teladan dalam hal kedermawanan. Seorang istri yang gemar bersedekah dan sangat dermawan.
  • Kisah Pemuda yang Bikin Kagum Nabi Sulaiman
    Hikmah
    Senin, 14 Oktober 2019 - 18:31 WIB
    Dalam Kitab Tanbihul Ghafilin (peringatan bagi orang yang lalai) karya Abu Laits As-Samarqandi diceritakan kisah seorang pemuda yang membuat kagum Nabi Sulaiman alaihis-salam (AS).
  • Kisah Mukjizat dan Muslihat Bahauddin Naqsyabandi
    Hikmah
    Sabtu, 05 November 2022 - 09:51 WIB
    Tarekat mengembangkan banyak sekolah khusus, yang mengambil nama-nama individu. Banyak penulis menganggapnya sebagai awal dari seluruh mata rantai penyebaran mistik.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Orang yang Mencapai
    Hikmah
    Rabu, 05 Agustus 2020 - 06:27 WIB
    Mereka yang percaya bahwa kemajuan spiritual semata-mata tergantung pada penguasaan hal-hal pahala dan siksa, sering kali dikejutkan oleh kisah Sufi tentang Isa ini.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Ibarat Tentang Tiga Tingkatan
    Hikmah
    Rabu, 29 Juli 2020 - 06:18 WIB
    Kisah ini, yang berasal dari para Sufi Sarmoun, menggemakan ajaran Ghazali bahwa orang tolol tidak mempunyai pengetahuan sejati mengenai pelajaran kaum terpelajar.
  • Kisah Nabi Ibrahim Meminta Syafaat untuk Ayahnya di Hari Kiamat
    Hikmah
    Minggu, 04 September 2022 - 15:32 WIB
    Nabi Ibrahim as meminta syafaat untuk ayahnya, Azar, pada hari kiamat, tatkala kekasih Allah SWT ini menjumpai ayahnya yang sengsara. Lalu, apa jawaban Allah SWT?
  • Kisah Bakhtiar Baba, Penguasa Tiran, dan Nabi Khidir
    Hikmah
    Sabtu, 04 September 2021 - 19:13 WIB
    Seorang lelaki miskin dan buta bernama Bakhtiar Baba, menyusun siasat untuk memperoleh uang yang cukup untuk masa depan istrinya dengan cara menipu raja.
  • Kisah Sufi: 3 Macam Ilmu dalam Telaah Kemanusiaan
    Hikmah
    Selasa, 21 Februari 2023 - 14:30 WIB
    Nukilan ini tercatat dalam sebuah buku catatan darwis dalam Bahasa Persia, dan berbagai bentuk kisah itu terdapat dalam mazhab-mazhab Sufi yang tersebar mulai Damaskus sampai Delhi.
  • Kisah Sufi Al-Mutanabbi tentang Tiga Kebenaran
    Hikmah
    Rabu, 15 Desember 2021 - 14:32 WIB
    Salah satu keistimewaan kisah ini adalah selalu direvisi dan waktu ke waktu, dikarenakan pengisahan kembali terus-menerus harus sesuai dengan perubahan zaman.
  • Kisah Siti Maryam Bunda Nabi Isa dalam Al-Quran
    Hikmah
    Minggu, 17 Juli 2022 - 18:02 WIB
    Al-Quran menyatakan bahwa Siti Maryam adalah putri Imran. Beliau dinazarkan kepada Allah ketika masih dalam perut ibunya. Hal ini termaktub dalam surat Ali Imran:ayat 35-36.
  • Kisah Sufi untuk Menyeimbangkan Pikiran Agar Terhindar dari Muslihat
    Hikmah
    Sabtu, 04 Februari 2023 - 14:55 WIB
    Kisah ini digunakan untuk memperkenalkan teknik psikologis yang dirancang untuk menyeimbangkan pikiran, membuatnya terbuka dan terhindar dari muslihat-muslihat penipuan diri sendiri
  • Kisah Nabi Musa dan Perempuan Cantik Pezina
    Hikmah
    Senin, 21 Mei 2018 - 16:59 WIB
    PADA suatu senja yang lengang, seorang wanita Bani Israil berjalan terhuyung-huyung. Pakaiannya serba hitam menandakan bahwa ia berada dalam duka cita yang mencekam.
  • Surat Yusuf Ayat 86: Teladan Nabi Yakub Ketika Diuji dengan Kesedihan
    Hikmah
    Senin, 06 Februari 2023 - 23:49 WIB
    Tadabur Surat Yusuf masih bercerita tentang kesedihan Nabi Yakub alaihissalam (ayah Nabi Yusuf) karena kehilangan beberapa putranya. Beliau menunjukkan teladan yang baik.