Topik Terkait: Macam Macam Najis

  • Macam-macam Najis yang Perlu Diketahui Umat Muslim, Lengkap dengan Cara Menyucikannya
    Tips
    Selasa, 12 September 2023 - 10:15 WIB
    Ada beberapa macam najis yang perlu diketahui umat Muslim. Tak hanya namanya yang berbeda, cara menyucikannya pun juga tidak sama. Apa saja jenisnya?
  • Mengenal dan Memahami Macam-Macam Takdir
    Muslimah
    Rabu, 24 Februari 2021 - 18:04 WIB
    Salah satu dari rukun iman ini, adalah percaya dan yakin terhadap takdir yang telah Allah tetapkan, yakni qhada dan qadarnya Allah Taala. Lalu apa beda qadha dengan qadar dan bagaimana dengan takdir itu sendiri?
  • Ujung Pakaian Muslimah Menyapu Lantai, Najiskah?
    Muslimah
    Minggu, 10 September 2023 - 09:55 WIB
    Bagaimana hukumnya jika ujung kain dari gaun yang digunakan muslimah bersentuhan dengan tanah atau lumpur, sahkah salat yang dilakukan? Bagaimana juga cara membersihkan najis seperti itu?
  • Simak! Perbedaan Hadas dan Najis
    Tips
    Senin, 11 September 2023 - 18:45 WIB
    Hadas dan najis ternyata adalah dua perkara yang berbeda dalam Islam meski konteksnya sama - sama hal yang menggagalkan kesucian. Apa saja perbedaannya? Yuk Simak!
  • 4 Macam Doa Pendek Saat Membuka Majelis
    Tips
    Sabtu, 24 Desember 2022 - 10:11 WIB
    Dalam sebuah pertemuan atau majelis, biasanya sang pembuka acara akan membaca doa-doa untuk mengawali kegiatan majelis tersebut
  • Perbedaan Mani, Wadi dan Madzi Berikut Cara Membersihkannya
    Tips
    Jum'at, 15 Juli 2022 - 17:18 WIB
    Umat muslim perlu mengetahui perbedaan antara Mani, Wadi dan Madzi yang sering dikira sama. Berikut perbedaannya dan cara membersihkannya.
  • Jangan Salah Paham, Ini Beda Hadas dan Najis
    Tausyiah
    Selasa, 25 Mei 2021 - 11:13 WIB
    Hadas dan najis adalah dua istilah yang sering kita dengar di setiap kajian ilmu thaharah (bersuci). Kedua istilah ini sering diartikan sama, padahal keduanya memiliki perbedaan.
  • 3 Macam Rasa Malu yang Perlu Melekat Pada Diri
    Muslimah
    Sabtu, 03 April 2021 - 16:04 WIB
    Rasa malu adalah benteng pertahanan bagi seluruh akhlak. Ia merupakan keutamaan yang agung dan karenanya perilaku manusia menjadi terarah. Ia adalah pagar yang melindungi tatatnan nilai dan moral.
  • Hati-hati,  4 Macam Lelaki Ini Calon Penghuni Neraka
    Muslimah
    Senin, 08 Maret 2021 - 14:26 WIB
    Dalam hadis Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam digambarkab bahwa penghuni neraka terbanyak adalah kaum perempuan. Namun ternyata ada pula empat macam lelaki yang juga akan menjadi calon penghuni neraka jahanam ini.
  • Lirik Anta Nurullahi Fajran Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Artinya
    Tips
    Selasa, 19 Desember 2023 - 09:51 WIB
    Lirik Anta Nurullahi Fajran banyak dicari oleh umat Muslim, pasalnya ini merupakan salah bentuk selawat Nabi yang berisi pujian tanpa henti kepada Nabi Muhammad SAW.
  • Lirik Sholawat Burdah Lengkap Arab, Latin dan Terjemahan
    Tips
    Senin, 13 November 2023 - 14:46 WIB
    Sholawat Burdah salah satu jenis sholawat yang sering dilantunkan kaum muslimin. Sholawat ini biasa dibaca ketika perayaan maulid Nabi Muhammad SAW maupun pengajian umum.
  • Membedakan Jenis  Najis dan Cara Membersihkannya
    Muslimah
    Jum'at, 20 November 2020 - 17:57 WIB
    Sebagai muslim, jangan sampai karena tidak tahu, lantas menganggap kotoran biasa menjadi najis, atau menganggap sepele hal yang sebenarnya najis menurut syariat islam.
  • Macam-macam Zakat Selain Zakat Fitrah
    Tausyiah
    Kamis, 21 April 2022 - 04:01 WIB
    Zakat merupakan amalan penting bagi umat muslim. Dalam Islam dikenal dua jenis zakat. Pertama adalah zakat fitrah, kedua adalah zakat harta atau zakat mal.
  • Macam-Macam Nikmat dan Cara Mensyukurinya di Hari Kemerdekaan
    Tausyiah
    Rabu, 16 Agustus 2023 - 18:34 WIB
    Bangsa Indonesia akan merayakan HUT Kemerdekaan ke-78, Kamis 17 Agustus 2023. Ungkapan syukur patut kita gaungkan mengingat kemerdekaan adalah nikmat besar dari Allah.
  • Mengimani Qadha dan Qadar, Mengenal 5 Jenis Takdir Manusia
    Hikmah
    Sabtu, 11 Maret 2023 - 05:15 WIB
    Salah satu dari rukun iman adalah percaya dan yakin terhadap takdir yang telah Allah tetapkan, yakni qadha dan qadharnya. Lalu bagaimana dengan takdir? Adakah perbedaannya?
  • Lirik Selawat Wahdana: Arab, Latin dan Arti Bahasa Indonesia
    Tips
    Jum'at, 06 Oktober 2023 - 14:37 WIB
    Selawat wahdana merupakan salah satu sholawat yang populer di kalangan umat Islam, khususnya di Indonesia. Selawat ini memiliki makna tentang kesatuan dan kebersamaan dalam menghadapi berbagai cobaan dan tantangan hidup.
  • Lirik Selawat Thohirul Qolbi Arab yang Viral di Media Sosial
    Tips
    Kamis, 24 Agustus 2023 - 23:50 WIB
    Lirik Selawat Thohirul Qolbi lengkap dengan terjemahan akan diulas dalam artikel ini. Selawat Thohirul Qolbi ini cukup populer di media sosial karena dilantunkan oleh Maher Zain.
  • Macam-macam Hadis Lengkap dengan Penjelasannya
    Hikmah
    Kamis, 23 September 2021 - 05:15 WIB
    Hadis adalah apa yang diriwayatkan dari Nabi Muhammad baik berupa perkataan, perbuatan, ketetapannya, sifat jasmani atau sifat akhlak, perjalanan hidup beliau.
  • Dalam Keadaan Normal, Haram Hukum Berobat dengan Benda Najis
    Tausyiah
    Selasa, 23 Maret 2021 - 18:59 WIB
    Para ulama mazhab empat bersepakat akan keharaman berobat dengan benda najis dalam keadaan normal alias bukan darurat. Hanya saja, mereka berbeda pendapat dalam keadaan darurat.
  • Hukum Air Kencing yang Sudah Kering, Najiskah?
    Tausyiah
    Rabu, 10 Februari 2021 - 14:35 WIB
    Apabila ada kencing anak kecil di kursi atau di lantai, tapi sudah kering. Apakah ketika kita duduk di kursi atau di lantai tersebut, pakaian dan kaki kita menjadi najis?