Membedakan Jenis Najis dan Cara Membersihkannya

loading...
Membedakan Jenis Najis dan Cara Membersihkannya
Najis adalah segala kotoran yang menyebabkan seseorang terhalang untuk beribadah kepada Allah Taala, sehingga harus dibersihkan dengan cara yang benar. Foto ilustrasi/ist
Muslimah,pengetahuan tentang najis sangat penting bagi seorang muslim karena berkaitan erat dengan ibadah. Mungkin, di era saat ini, banyak orang yang belum benar-benar mengetahui perkara tentang najis ini. Padahal najis sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Sebagai muslim, jangan sampai karena tidak tahu, lantas menganggapkotoran biasamenjadi najis, atau menganggap sepele hal yang sebenarnya najis menurut syariat Islam.

(Baca juga :Taubatnya Perempuan Pezina)

Najis menurut bahasa Arab bermakna Al-Qadzarah yang artinya kotoran. Sedangkan menurut istilah syar'i, najis adalah segala kotoran yang menyebabkan seseorang terhalang untuk beribadah kepada Allah Ta'ala.



Dinukil dari buku 'Fiqh Bersuci dan Sholat Sesuai Tuntunan Nabi' yang ditulis Abu Utsman Kharisman, yang diterbitkan Pustaka Hudaya, berikut macam-macam najis dan cara menghilangkannya, yakni :

1. Najis Mukhoffafah (najis ringan)

Yaitu najis yang cara menghilangkannya cukup dengan memercikkan air ke tempat yang terkena najis (tidak harus dicuci). Najis yang masuk kategori ini adalah :



(Baca juga :Sunnah-sunnah Ketika Makan yang Sering Terlupakan)
halaman ke-1 dari 4
cover top ayah
فَاصۡبِرۡ لِحُكۡمِ رَبِّكَ وَلَا تُطِعۡ مِنۡهُمۡ اٰثِمًا اَوۡ كَفُوۡرًا‌ۚ‏
Maka bersabarlah untuk (melaksanakan) ketetapan Tuhanmu, dan janganlah engkau ikuti orang yang berdosa dan orang yang kafir di antara mereka.

(QS. Al-Insan:24)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video