Topik Terkait: Macam Macam Zakat

  • Macam-macam Zakat Selain Zakat Fitrah
    Tausyiah
    Kamis, 21 April 2022 - 04:01 WIB
    Zakat merupakan amalan penting bagi umat muslim. Dalam Islam dikenal dua jenis zakat. Pertama adalah zakat fitrah, kedua adalah zakat harta atau zakat mal.
  • 3 Macam Rasa Malu yang Perlu Melekat Pada Diri
    Muslimah
    Sabtu, 03 April 2021 - 16:04 WIB
    Rasa malu adalah benteng pertahanan bagi seluruh akhlak. Ia merupakan keutamaan yang agung dan karenanya perilaku manusia menjadi terarah. Ia adalah pagar yang melindungi tatatnan nilai dan moral.
  • Zakat Emas, Cara dan Contoh Perhitungannya
    Tips
    Selasa, 21 Juni 2022 - 15:36 WIB
    Zakat merupakan ibadah maaliyah (berkaitan dengan harta) Allah wajibkan kepada umat Islam. Di dalamnya adalah termasuk zakat emas. Bagaimanakah ketentuan untuk menunaikan zakat emas ini.
  • Nasib Manusia Sudah Ditetapkan, Ada 4 Macam Penulisan Takdir
    Tausyiah
    Sabtu, 31 Juli 2021 - 14:52 WIB
    Nasib manusia sudah ditetapkan oleh Allah sebagai Zat pencipta alam semesta. Ada 4 macam penulisan takdir yang perlu diketahui dan diimani oleh seorang muslim.
  • Macam-macam Hadis Lengkap dengan Penjelasannya
    Hikmah
    Kamis, 23 September 2021 - 05:15 WIB
    Hadis adalah apa yang diriwayatkan dari Nabi Muhammad baik berupa perkataan, perbuatan, ketetapannya, sifat jasmani atau sifat akhlak, perjalanan hidup beliau.
  • Hati-hati,  4 Macam Lelaki Ini Calon Penghuni Neraka
    Muslimah
    Senin, 08 Maret 2021 - 14:26 WIB
    Dalam hadis Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam digambarkab bahwa penghuni neraka terbanyak adalah kaum perempuan. Namun ternyata ada pula empat macam lelaki yang juga akan menjadi calon penghuni neraka jahanam ini.
  • Lirik Sholawat Huwannur Lengkap Arab, Latin dan Artinya
    Tips
    Sabtu, 07 Oktober 2023 - 15:18 WIB
    Sholawat Huwannur merupakan salah satu sholawat yang kini tengah viral di media sosial. Sholawat Huwannur berisi tentang pujian sekaligus ekspresi cinta kepada Nabi Muhammad SAW.
  • Lirik Sholawat Burdah Lengkap Arab, Latin dan Terjemahan
    Tips
    Senin, 13 November 2023 - 14:46 WIB
    Sholawat Burdah salah satu jenis sholawat yang sering dilantunkan kaum muslimin. Sholawat ini biasa dibaca ketika perayaan maulid Nabi Muhammad SAW maupun pengajian umum.
  • Simak! Perbedaan Hadas dan Najis
    Tips
    Senin, 11 September 2023 - 18:45 WIB
    Hadas dan najis ternyata adalah dua perkara yang berbeda dalam Islam meski konteksnya sama - sama hal yang menggagalkan kesucian. Apa saja perbedaannya? Yuk Simak!
  • Bacaan Sholawat Munjiyat dan Keutamaannya Mempermudah Hajat
    Tips
    Rabu, 15 Juni 2022 - 20:55 WIB
    Umat muslim yang ingin doanya mudah terkabul dapat mengamalkan sholawat Munjiyat berikut. Salah satu keutamaannya dapat mempermudah terkabulnya hajat.
  • 4 Macam Doa Pendek Saat Membuka Majelis
    Tips
    Sabtu, 24 Desember 2022 - 10:11 WIB
    Dalam sebuah pertemuan atau majelis, biasanya sang pembuka acara akan membaca doa-doa untuk mengawali kegiatan majelis tersebut
  • Macam-macam Najis yang Perlu Diketahui Umat Muslim, Lengkap dengan Cara Menyucikannya
    Tips
    Selasa, 12 September 2023 - 10:15 WIB
    Ada beberapa macam najis yang perlu diketahui umat Muslim. Tak hanya namanya yang berbeda, cara menyucikannya pun juga tidak sama. Apa saja jenisnya?
  • 6 Pandangan Menyikapi Takdir Menurut Imam Ibnul Qayyim
    Tausyiah
    Kamis, 16 Februari 2023 - 09:31 WIB
    Takdir manusia di dunia sudah ditetapkan Allah Subhanahu wa taala, bahkan jauh sebelum ia dilahirkan ke dunia. Ada takdir yang baik, begitu juga ada takdir yang buruk.
  • Lirik Sholawat Ya Man Shollaita Bikullil Anbiya yang Populer di Media Sosial
    Tips
    Sabtu, 07 Oktober 2023 - 06:30 WIB
    Sholawat Ya Man Shollaita Bikullil Anbiya cukup banyak diputar di berbagai platform sosial media, mulai dari Instagram hingga TikTok. Berikut liriknya.
  • 4 Hadis Ringan yang Perlu Dikenalkan kepada Anak Sejak Usia Dini
    Muslimah
    Jum'at, 12 Januari 2024 - 13:54 WIB
    Ada beberapa hadis-hadis Nabi yang berisi nasihat-nasihat yang perlu kita sampaikan, dan hendaknya ini dihafal oleh orang tua untuk disampaikan kepada anak.
  • Hukum Menunda Zakat Mal Dan Zakat Fitrah
    Tausyiah
    Rabu, 03 April 2024 - 05:15 WIB
    Jika waktu tersebut pendek tidak lama, maka tidak mengapa menyimpan zakat tersebut hingga dapat diberikan kepada sebagian orang fakir dari kaum kerabatnya atau orang yang sangat fakir dan membutuhkan.
  • Zakat untuk Pemerataan, Haruskan untuk Muslim Saja?
    Tips
    Selasa, 19 Mei 2020 - 17:09 WIB
    Perbedaan yang mendasar antara zakat dan pajak, adalah bahwa pajak dibayar orang karena terpaksa, tapi zakat dibayarkan sebagai lambang kerja sama, persaudaraan.
  • Zakat bagi kita
    Tausiyah
    Minggu, 04 Agustus 2013 - 09:05 WIB
    Zakat merupakan salah satu bentuk syariat Allah yang akan memberikan keuntungan itu. Ada banyak nilai dan keuntungan dari zakat bila telah ditunaikan dengan baik. Tiga keuntungan berzakat yaitu membersihkan harta dan jiwa, menumbuhkan dan menambahkan, memenuhi hak.
  • 7 Keutamaan Zakat dalam Al-Quran dan Hadis
    Tausyiah
    Sabtu, 15 April 2023 - 23:27 WIB
    Keutamaan zakat dalam Islam penting diketahui kaum muslim. Kata zakat berasal dari bahasa Arab yang artinya menyucikan. Berikut 7 keutamaan zakat dalam Al-Quran dan Hadis.
  • Perbedaan Mani, Wadi dan Madzi Berikut Cara Membersihkannya
    Tips
    Jum'at, 15 Juli 2022 - 17:18 WIB
    Umat muslim perlu mengetahui perbedaan antara Mani, Wadi dan Madzi yang sering dikira sama. Berikut perbedaannya dan cara membersihkannya.