Topik Terkait: Maulid Nabi Muhammad SAW (halaman 58)

  • Palestina, Tanah Pilihan...
    Hikmah
    Selasa, 10 Oktober 2023 - 05:15 WIB
    Keberkahannya ini dapat dirunut, misalnya Syam menjadi tempat hijrah Nabi Ibrahim as, tempat singgah Nabi Muhammad SAW ketika menjalankan Isra dan Miraj, tempat dakwah para Nabi. Dakwah yang membawa misi agama tauhid.
  • Perbanyak Baca Sholawat...
    Tips
    Kamis, 29 September 2022 - 10:29 WIB
    Rabiul Awal adalah bulan yang istimewa bagi kaum muslimin karena di bulan ini Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam dilahirkan tepatnya 12 Rabiul Awal menurut riwayat yang masyhur.
  • Ini Mengapa Rasulullah...
    Hikmah
    Senin, 05 Desember 2022 - 14:29 WIB
    Sejarah mencatat bahwa kota tempat hijrah Nabi Muhammad SAW itu bernama Yathrib. Pada era Islam, Rasulullah SAW mengganti nama kota ini menjadi Madinah. Apa sejatinya makna Madinah itu?
  • Dialog Rasulullah SAW...
    Hikmah
    Rabu, 12 Oktober 2022 - 11:24 WIB
    Dialog Rasulullah SAW dengan Abu Dzar ini dinukil Ibnu Katsir tatkala menafsirkan Surat An-Nisa ayat 163-165. Kisah ini merupakan hadis dari Abu Dzar yang berisi dialog Nabi dengan dirinya tentang banyak hal.
  • Nabi Sulaiman Kepada...
    Hikmah
    Minggu, 10 Mei 2020 - 15:49 WIB
    Surat Nabi Sulaiman kepada Balqis: Janganlah kamu bersikap sombong terhadapku dan menganggap dirimu lebih tinggi daripadaku. Datanglah sekalian kepadaku.
  • cover top ayah
    يٰۤـاَيُّهَا النَّاسُ اِنۡ كُنۡـتُمۡ فِىۡ رَيۡبٍ مِّنَ الۡبَـعۡثِ فَاِنَّـا خَلَقۡنٰكُمۡ مِّنۡ تُرَابٍ ثُمَّ مِنۡ نُّـطۡفَةٍ ثُمَّ مِنۡ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنۡ مُّضۡغَةٍ مُّخَلَّقَةٍ وَّغَيۡرِ مُخَلَّقَةٍ لِّـنُبَيِّنَ لَـكُمۡ‌ ؕ وَنُقِرُّ فِى الۡاَرۡحَامِ مَا نَشَآءُ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ نُخۡرِجُكُمۡ طِفۡلًا ثُمَّ لِتَبۡلُغُوۡۤا اَشُدَّكُمۡ ‌ۚ وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّتَوَفّٰى وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّرَدُّ اِلٰٓى اَرۡذَلِ الۡعُمُرِ لِكَيۡلَا يَعۡلَمَ مِنۡۢ بَعۡدِ عِلۡمٍ شَيۡــًٔـا‌ ؕ وَتَرَى الۡاَرۡضَ هَامِدَةً فَاِذَاۤ اَنۡزَلۡنَا عَلَيۡهَا الۡمَآءَ اهۡتَزَّتۡ وَرَبَتۡ وَاَنۡۢبَـتَتۡ مِنۡ كُلِّ زَوۡجٍۢ بَهِيۡجٍ
    Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan tetumbuhan yang indah.

    (QS. Al-Hajj Ayat 5)
    cover bottom ayah
  • Keutamaan Penduduk Yaman,...
    Dunia Islam
    Jum'at, 03 September 2021 - 15:38 WIB
    Yaman selalu diidentikkan dengan Negeri Seribu Wali. Bukan tanpa alasan, di Yaman terdapat daerah yang kemurnian Islam masih terjaga utuh. Berikut Pujian Rasulullah SAW.
  • Kisah Kegagalan Abu...
    Hikmah
    Minggu, 11 September 2022 - 11:10 WIB
    Suatu kali Abu Jahal berencana menginjak kepala Nabi Muhammad SAW jika kedapatan sholat di Kakbah, namun pada saat yang menentukan rencana itu batal. Ada apa?
  • Mengenal Buraq, Hewan...
    Hikmah
    Sabtu, 25 Februari 2023 - 22:36 WIB
    Buraq adalah hewan tunggangan Nabi Muhammad SAW saat perjalanan Isra Miraj dari Masjidil Haram ke Masjid Al-Aqsa Palestina hingga ke naik ke Sidratul Muntaha.
  • Azab Kaum Ad dalam Al-Quran...
    Hikmah
    Rabu, 01 Desember 2021 - 13:24 WIB
    Kaum Ad diciptakan oleh Allah dengan postur, perawakan, dan kekuatan yang lebih besar dari pada manusia lain yang hidup pada zaman itu. Mereka binasa karena angin topan yang sangat dingin.
  • Menjelang Wafat, Nabi...
    Hikmah
    Minggu, 26 November 2023 - 07:54 WIB
    Nabi Adam as wafat pada hari Jumat. Para malaikat datang membawa wewangian dan kain yang berasal dari surga. Mereka bertaziah kepada anak keturunannya dan kepada pemegang wasiatnya, yaitu Syits.
  • Ide-Ide Brilian Muhammad...
    Hikmah
    Minggu, 19 Juli 2020 - 05:00 WIB
    Seni perang yang dijalankan Sultan Muhammad Al-Fatih merupakan inovasi baru yang belum pernah dikenal sebelumnya. Salah satunya adalah strategi perang urat syaraf.
  • Doa Nabi Ibrahim: Jauhkanlah...
    Hikmah
    Kamis, 08 Juni 2023 - 09:18 WIB
    Sesungguhnya kewajiban setiap muslim adalah berhati-hati terhadap syirik dan sangat takut jika terjatuh ke dalamnya. Nabi Ibrahim as pun berdoa kepada Allah agar dijauhkan dari kemusyrikan.
  • 6 Sahabat Nabi Terkaya,...
    Hikmah
    Jum'at, 10 Maret 2023 - 13:42 WIB
    Mau tahu 6 sahabat Nabi terkaya? Umar bin Khattab masuk kategori si Tajir itu. Total kekayaan khalifah kedua ini pada saat wafat setara Rp11,2 triliun. Kendati demikian, beliau hidup amat bersahaja.
  • Gambaran Kristen Mekkah...
    Dunia Islam
    Minggu, 25 Desember 2022 - 08:05 WIB
    Umat Kristen golongan Nestorian dan golongan Monofisit pada masa Nabi Muhammd SAW adalah kelompok kultural yang paling penting. Berikut penjelasan William Montgomery Watt.
  • Belajar dari Kisah Nabi...
    Muslimah
    Minggu, 10 Oktober 2021 - 05:14 WIB
    Semua orang pasti mendambakan dapat memiliki anak yang sempurna dan shaleh. Namun, bagaimana bila sebaliknya kita diuji dengan memiliki anak yang kurang sempurna (cacat)?
  • Mukjizat Nabi SAW Menerangi...
    Hikmah
    Jum'at, 08 November 2019 - 16:51 WIB
    Kisah Nabi Muhammad SAW dan keagungannya tak pernah bosan untuk dipelajari dan diceritakan. Selain kemuliaan akhlak, Rasulullah juga memiliki mukjizat yang membuat sahabat takjub.
  • Takut Disalahkan, Sang...
    Hikmah
    Kamis, 23 April 2020 - 07:22 WIB
    Paduka, anak yang engkau khawatirkan adalah anakku. Dia telah dilahirkan tidak di rumahku dan sampai saat ini aku tidak mengetahuinya, ujar ayah Ibrahim kepada Namrudz.
  • Doa Mohon Perlindungan...
    Tausiyah
    Rabu, 01 April 2020 - 16:30 WIB
    Doa merupakan benteng dan perlindungan kepada Allah Taala supaya terhindar dari keburukan termasuk penyakit yang membahayakan. Berikut doa perlindungan diri saat menjenguk orang sakit.
  • Doa Rasulullah SAW Mengusir...
    Tips
    Kamis, 18 Mei 2023 - 09:27 WIB
    Jibril berkata kepada Nabi Muhammad: Wahai Muhammad, maukah kau kuajari kalimat yang jika kau ucapkan, Jin Ifrit ini akan berpaling dan obornya akan padam? Ucapkanlah kalimat berikut:
  • Hikmah Ibadah Kurban:...
    Hikmah
    Kamis, 15 Juni 2023 - 16:15 WIB
    Simbol ketakwaan yang sesungguhnya kepada Allah Rabbul Alamin adalah pengorbanan Ibrahim (seorang ayah) yang menyembelih Ismail (anaknya). Begini penjelasannya?