Topik Terkait: Maulid Nabi Muhammad SAW (halaman 65)

  • Kisah Budak Hitam yang...
    Hikmah
    Selasa, 12 November 2019 - 07:05 WIB
    Ulama besar Syeikh Ibnu Athoillah As-Sakandari (wafat 1309) mengungkap sebuah kunci agar dapat menghasilkan buah takwa yang sempurna. Beliau juga menceritakan kisah budak yang menjadi ahli surga.
  • Informasi Kiamat dalam...
    Hikmah
    Minggu, 03 September 2023 - 12:16 WIB
    Siapa yang mengaku dapat mengetahui kapan terjadinya kiamat atau membenarkan orang yang mengaku tersebut, maka dia adalah bodoh, sesat, dan pendusta.
  • Sunnah-sunnah Wudhu...
    Hikmah
    Selasa, 18 Februari 2020 - 21:35 WIB
    Berikut Sunnah berwudhu dan dalilnya yang dikutip dari Kitab Fiqih Wudhu versi Mazhab Syafii karya Ustaz Muhammad Ajib (pengajar di Rumah Fiqih Indonesia).
  • Ajaran Menakjubkan Sayidina...
    Hikmah
    Rabu, 20 Mei 2020 - 17:04 WIB
    Sayyidina Ali menjatuhkan lawannya, meletakkan kakinya di atas dada orang itu dan menempelkan pedangnya ke leher orang itu. Tetapi dia tidak membunuh orang itu.
  • Saat Nabi Muhammad Lahir:...
    Dunia Islam
    Rabu, 28 September 2022 - 18:37 WIB
    Tak sedikit peristiwa besar yang mengiringi kelahiran Rasulullah SAW. Salah satunya adalah robohnya tiang-tiang istana kaisar Kisra. Selain itu, api yang disembah kaum Majusi mendadak padam
  • Kelahiran Sang Cahaya...
    Hikmah
    Sabtu, 09 November 2019 - 05:15 WIB
    Malam itu, tidak seperti malam-malam biasanya. Di Arasy sana, para malaikat bergemuruh melafadzkan zikir memuji keagungan Tuhan yang Maha Esa. Sebagian lagi sibuk menghiasi pintu surga-surga.
  • Kematian, Hanya Nabi...
    Tausyiah
    Sabtu, 09 Mei 2020 - 04:05 WIB
    Tiap insan sudah pasti akan mati. Hanya saja, Nabi Ibrahim dan Nabi Musa bisa menawar kematiannya. Berikut kisah sebagian para Nabi menjelang sakaratul maut.
  • Kisah Sahabat yang Disebut...
    Hikmah
    Senin, 18 Juli 2022 - 23:00 WIB
    Para sahabat mengira orang ini adalah Syuhada dan pahlawan karena semangat dan keberaniannya di medan perang. Tiba-tiba Rasulullah SAW berkata: Orang ini ahli neraka!
  • Sahabat Nabi Muhammad...
    Tausyiah
    Selasa, 05 September 2023 - 16:15 WIB
    Ibnu Abdil Barr dalam kitabnya Al Istiiaab berkata, Suwaibith ra adalah seorang tukang melawak, berlebihan dalam bermain-main dan ia memiliki kisah menarik dengan Nuaiman dan Abu Bakar As-Siddiq ra.
  • Kisah Bani Israil Menuduh...
    Hikmah
    Senin, 05 September 2022 - 11:14 WIB
    Kisah Bani Israil menuduh Nabi Musa membunuh Nabi Harun disampaikan dalam hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan As-Saddi. Kedua nabi ini naik ke gunung dan Nabi Harun meninggal di sana.
  • Perempuan di Zaman Nabi...
    Hikmah
    Senin, 28 Agustus 2023 - 19:32 WIB
    Siti Sarah dan Siti Hajar adalah gambaran perempuan pada zaman Nabi Ibrahim sebagaimana yang diinformasikan dalam ayat-ayat Al-Quran maupun hadis Nabi Muhammad SAW.
  • Kajian Gus Baha tentang...
    Tausyiah
    Selasa, 22 Februari 2022 - 05:15 WIB
    Kajian Gus Baha tentang Dajjal, mengungkap perbincangan Nabi SAW tentang Dajjal yang dilakukan di teras masjid. Tema yang disampaikan sangat serius, namun diselingi lelucon.
  • Uzair Nabi yang Hafal...
    Hikmah
    Selasa, 19 Oktober 2021 - 13:38 WIB
    Orang-orang Yahudi mengklaim bahwa Uzair sebagai anak Allah. Ucapan mereka itu tak ubahnya orang-orang Nasrani yang menyebut Nabi Isa AS bin Maryam sebagai anak Allah
  • Kisah Kaum Yahudi yang...
    Hikmah
    Sabtu, 14 Oktober 2023 - 13:41 WIB
    Sebelum Nabi Muhammad SAW diutus, kaum Yahudi senantiasa berdoa agar Allah Taala segera menurunkan rasul penutup tatkala mereka berperang melawan kaum musyrik. Hanya saja, saat doa itu dikabulkan mereka mengingkarinya
  • Kisah Sayyidah Aisyah...
    Hikmah
    Minggu, 09 Oktober 2022 - 21:49 WIB
    Kisah Sayyidah Aisyah meminta doa dari Nabi Muhammad SAW benar-benar menyentuh hati. Begini kalimat yang keluar dari lisan mulia Nabi shollallohu alaihi wasallam.
  • Ini Mengapa Nabi Ayyub...
    Hikmah
    Minggu, 28 Agustus 2022 - 14:53 WIB
    Tatkala Nabi Ayyub as mendapat cobaan dari Allah SWT berupa hilangnya seluruh harta benda, anak-anaknya, juga tubuhnya beliau sangat tabah. Anehnya, Nabi Ayyub menolak berdoa meminta kesembuhan atas dirinya.
  • Kisah Tobatnya Seorang...
    Hikmah
    Rabu, 19 Februari 2020 - 09:17 WIB
    Ketika sahabat Nabi Abdullah bin Masud radhiallahu anhu (RA) berjalan di Kota Kufah, ada sekelompok ahli maksiat sedang berkumpul dan bernyanyi di sebuah rumah.
  • Masya Allah! Sahabat...
    Hikmah
    Selasa, 05 November 2019 - 16:31 WIB
    Sebelum hijrah ke Madinah, Rasulullah dan para sahabat melakukan hijrah ke negeri Habsyah (Ethiopia) dan sempat ke Indonesia melalui kota pelabuhan Barus yang terletak di pesisir barat Sumatera.
  • Sosok Perempuan yang...
    Hikmah
    Selasa, 13 September 2022 - 23:51 WIB
    Siapakah sosok perempuan yang menolak lamaran Nabi Muhammad SAW? Nabi pernah melamarnya dua kali namun selalu kandas. Berikut kisahnya dan alasan penolakannya.
  • Kisah Nabi Nuh dan Banjir...
    Hikmah
    Minggu, 17 November 2019 - 05:15 WIB
    Setelah selesai masa kerasulan Nabi Idris alaihissalam (AS), Allah Taala mengangkat Nabi Nuh alaihissalam (AS) untuk melanjutkan tugas kerasulan. Nabi Nuh menjadi Rasul pertama dari golongan Ulul Azmi.