Topik Terkait: Mencari Nafkah

  • Pahala Mencari Nafkah untuk Keluarga dan 6 Keutamaannya
    Hikmah
    Rabu, 24 Januari 2024 - 12:56 WIB
    Pahala mencari nafkah untuk keluarga sangat besar. Kegiatan mencari nafkah juga merupakan amalan mulia yang patut diniatkan dengan ikhlas sehingga bisa meraih pahala.
  • Ceramah Gus Baha tentang Keutamaan Suami Mencari Nafkah : Dimuliakan Allah Taala
    Tausyiah
    Rabu, 19 Oktober 2022 - 09:09 WIB
    Gus Baha mengatakan suami yang bekerja membuat suami mulia dan diangkat derajatnya oleh Taala dalam keluarga, karena dirinya memenuhi tanggung jawab untuk bekerja mencari nafkah.
  • Tidak Menyulitkan Suami dengan Nafkah
    Muslimah
    Selasa, 19 Januari 2021 - 15:00 WIB
    Salah satu sifat istri yang saleha adalah tidak menyulitkan suami dengan nafkah. Artinya, sang istri tidak berlebih-lebihan meminta nafkah kepada suaminya diluar batas kemampuan suami.
  • Isteri Berhak Meminta Nafkah Halal
    Muslimah
    Kamis, 24 September 2020 - 06:37 WIB
    Tidaklah Allah Azza wa Jalla memerintahkan satu perkara, melainkan perkara itu pasti dicintai-Nya dan memiliki keutamaan di sisi-Nya serta membawa kebaikan bagi para hamba. Termasuk masalah memenuhi nafkah keluarga.
  • 3 Golongan Manusia dalam Mencari Nafkah Menurut Imam Al-Ghazali
    Tausyiah
    Rabu, 07 September 2022 - 16:51 WIB
    Bekerja mencari nafkah yang halal termasuk ibadah mulia apalgi diniatkan karena Allah. Imam Al-Ghazali membagi tiga jenis manusia dalam mencari nafkah.
  • Mana yang Harus Diutamakan, Nafkah Istri Atau Orang Tua?
    Tips
    Jum'at, 28 April 2023 - 20:58 WIB
    Seluruh ulama sepakat bahwa wajib hukumnya suami memberi nafkah kepada istrinya setelah pernikahan sah. Pertanyaannya, mana yang harus diutamakan, nafkah istri atau orang tua?
  • 5 Doa Pendek untuk Suami yang Berjuang Mencari Nafkah Halal
    Tips
    Selasa, 01 November 2022 - 09:08 WIB
    Ada doa-doa pendek yang dapat diamalkan para istri untuk suami yang sedang bekerja, atau tengah berusaha mencari rezeki untuk menafkahi keluarganya. Doa-doa ini sangat ampuh dan mustajab diamalkan istri dengan tulus dan ikhlas.
  • Doa Keluar untuk Mencari Nafkah, Bisa Diamalkan Suami dan Istri
    Tips
    Selasa, 30 Januari 2024 - 09:57 WIB
    Doa keluar untuk mencari nafkah ini, bisa diamalkan oleh para suami dan juga diamalkan oleh istri di rumahnya. Doa mengharap kelancaran rejeki tersebut, diajarkan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam
  • Dalil soal Dosa Suami yang Malas Tidak Memberi Nafkah Kepada Keluarga
    Muslimah
    Selasa, 20 September 2022 - 10:26 WIB
    Dalam Islam ditegaskan bahwa suami memiliki tanggung jawab utama dalam keluarga Yakni menanggung nafkah istri dan anak-anaknya. Suami harus bekerja keras dalam pekekrjaannya karena mempunyai tanggungan keluarga.
  • Doa-doa Istri untuk Para Suami yang Sedang Mencari Nafkah
    Tips
    Kamis, 27 Juli 2023 - 14:37 WIB
    Ada doa-doa pendek yang dapat diamalkan para istri untuk suami yang sedang bekerja, atau tengah berusaha mencari rezeki untuk menafkahi keluarganya. Doa-doa ini sangat ampuh dan mustajab diamalkan istri dengan tulus dan ikhlas.
  • 3 Profesi Pekerjaan Terbaik Menurut Rasulullah SAW
    Tausyiah
    Kamis, 31 Maret 2022 - 16:40 WIB
    Bekerja mencari nafkah adalah sunnatullah dan para Nabi juga melakukan hal serupa. Berikut tiga profesi pekerjaan terbaik menurut Rasulullah shallallahu alaihi wasallam.
  • Keutamaan Bekerja Menghindari Kemiskinan
    Tausyiah
    Senin, 28 Juni 2021 - 13:17 WIB
    Bekerja untuk menghindari kemiskinan dan kefakikan adalah termasuk ibadah. Bahkan jika diniatkan untuk Allah dan menafkahi keluarga maka ia termasuk Jihad Fi Sabilillah.
  • Hukum Mencari Jodoh Lewat Aplikasi dalam Pandangan Islam
    Tips
    Selasa, 25 Juli 2023 - 05:15 WIB
    Hukum mencari jodoh lewat aplikasi dalam pandangan Islam adalah boleh. Prinsipnya, dalam mencari jodoh itu dilakukan dengan cara baik dan menghindari pacaran yang bisa membawa maksiat.
  • Hadis Tawakkal Burung Mencari Rezeki, Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Rabu, 11 Januari 2023 - 22:30 WIB
    Hadis tentang tawakkal burung mencari rezeki menarik untuk kita ulas. Hadis ini bukan menunjukkan bolehnya berpangku tangan tanpa berusaha. Berikut penjelasan lengkapnya.
  • Usaha Mencari Kebenaran: Jihad, Ittihad dan Mujahadah
    Tausyiah
    Kamis, 09 Februari 2023 - 09:35 WIB
    Mencari kebenaran dengan sikap hidup jihad (dalam dimensinya yang lebih fisik), ijtihad (dalam dimensinya yang lebih intelektual), dan mujahadah (dalam dimensinya yang lebih spiritual).
  • Suami Wajib Memberikan Nafkah Halal, Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Rabu, 05 Oktober 2022 - 12:11 WIB
    Dalam Islam, memenuhi nafkah keluarga merupakan kewajiban seorang suami. Melalui lisan Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam, Allah Taala telah menjelaskan tentang keutamaan memberi nafkah kepada keluarga.
  • Kisah Sufi: Mencari Makna Ular dan Merak
    Hikmah
    Jum'at, 16 Desember 2022 - 20:32 WIB
    Merak diartikan juga sebagai perhiasan, sedangkan bentuk huruf Ular sama dengan bentuk huruf kata organisme dan kehidupan. Ini erkait dengan perlambangan samar Pemujaan Malaikat Merak Kaum Yezidi.
  • Mencari Teman untuk Curhat yang Sesuai Syariat
    Muslimah
    Kamis, 21 Oktober 2021 - 16:23 WIB
    Bolehkan mencari teman curhat? Dalam faktanya, banyak orang ketika curhat atau curahan hati ini justru mencari orang lain untuk mendengarkannya. Ada yang mencari keluarga, teman bahkan teman lawan jenisnya.
  • Aturan Nafkah Rumah Tangga dalam Islam, Ini Dalilnya
    Tausyiah
    Senin, 08 Mei 2023 - 15:27 WIB
    Aturan nafkah rumah tangga dalam Islam penting untuk diketahui para suami dan istri. Semua ulama sepakat bahwa seorang suami wajib memberi nafkah kepada istrinya.
  • Mungkinlah Mencari Teman Tanpa Aib?
    Muslimah
    Sabtu, 12 Juni 2021 - 05:00 WIB
    Mungkinkah kita mencari teman tanpa aib? Lalu bagaimana dengan kita sendiri, adakah aib yang kita punya? Mungkinkah pula orang lain mencari teman seperti kita mau tersebut?