Topik Terkait: Musim Hujan (halaman 2)

  • Salat Istisqa dan Tata Caranya agar Hujan Segera Turun
    Tips
    Senin, 21 Agustus 2023 - 08:20 WIB
    Cuaca panas dan kemarau tengah dirasakan sebagian wilayah Indonesia, karenanya salat istisqa atau salat meminta segera turun hujan penting diketahui umat Muslim berikut tata caranya.
  • Doa-doa Saat Mendengar dan Melihat Petir di Musim Penghujan
    Tips
    Minggu, 10 Desember 2023 - 13:53 WIB
    Doa-doa saat mendengar petir atau melihat petir yang diajarkan Rasulullah shollallohu alaihi wasallam penting untuk diketahui umat muslim. Apalagi musim penghujan saat ini kita dianjurkan untuk mengamalkannya.
  • Usai Diguyur Hujan Deras, Cuaca di Madinah dan Mekkah Terasa Sejuk
    Dunia Islam
    Senin, 29 Mei 2023 - 15:02 WIB
    Hujan deras disertai petir dan angin kencang kembali mengguyur Arab Saudi, pada Minggu (28/5/2023) malam. Kali ini hujan turun merata di dua kota suci, Mekkah dan Madinah.
  • Doa dan Amalan Saat Turun Hujan Agar Menjadi Berkah
    Tips
    Senin, 28 Juni 2021 - 16:04 WIB
    Hujan adalah air yang diturunkan dari langit dan penuh keberkahan. Maka dari itu, ketika hujan turun sebagi muslim kita dianjurkan untuk membaca doa. Salah satunya membaca doa ini:
  • Arab Saudi akan Gunakan Drone untuk Mentransfer Darah pada Musim Haji Tahun Ini
    Dunia Islam
    Jum'at, 15 Maret 2024 - 14:25 WIB
    Drone tersebut akan secara resmi digunakan untuk membawa unit darah dan sampel laboratorium di antara rumah sakit di tempat-tempat suci di lembah Mina dan Arafah.
  • cover top ayah
    هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ ۚ عٰلِمُ الۡغَيۡبِ وَالشَّهَادَةِ‌ ۚ هُوَ الرَّحۡمٰنُ الرَّحِيۡمُ‏ (٢٢) هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ۚ اَلۡمَلِكُ الۡقُدُّوۡسُ السَّلٰمُ الۡمُؤۡمِنُ الۡمُهَيۡمِنُ الۡعَزِيۡزُ الۡجَـبَّارُ الۡمُتَكَبِّرُ‌ؕ سُبۡحٰنَ اللّٰهِ عَمَّا يُشۡرِكُوۡنَ (٢٣) هُوَ اللّٰهُ الۡخَـالِـقُ الۡبَارِئُ الۡمُصَوِّرُ‌ لَـهُ الۡاَسۡمَآءُ الۡحُسۡنٰى‌ؕ يُسَبِّحُ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضِ‌ۚ وَهُوَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (٢٤)
    Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mengetahui yang gaib dan yang nyata, Dialah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Maharaja, Yang Mahasuci, Yang Mahasejahtera, Yang Menjaga Keamanan, Pemelihara Keselamatan, Yang Mahaperkasa, Yang Mahakuasa, Yang Memiliki Segala Keagungan, Mahasuci Allah dari apa yang mereka persekutukan. Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Dia memiliki nama-nama yang indah. Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada-Nya. Dan Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Hasyr Ayat 22-24)
    cover bottom ayah
  • Doa Ketika Mendengar Kedahsyatan Suara Petir
    Tips
    Rabu, 19 Oktober 2022 - 18:01 WIB
    Dalam Islam, ketika mendengar suara petir seorang muslim dianjurkan untuk berdoa. Apalagi saat ini, musim penghujan hampir dialami semua wilayah di Indonesia, hujan yang turun terkadang disertai angin kencang dan petir yang menggelegar.
  • Bulan Syawal Musim Kawin, Berikut Doa Pengantin Baru
    Tips
    Rabu, 11 Mei 2022 - 17:57 WIB
    Banyak di antara umat muslim memilih menikah di bulan Syawal untuk mengikuti sunnah Rasulullah yang berumah tangga dengan Sayyidah Aisyah pada bulan Syawal.
  • Ini Doa Rasulullah Memindahkan Hujan, Bukan Minta ke Dukun
    Tips
    Senin, 21 Maret 2022 - 17:11 WIB
    Dalam Islam sebenarnya tidak ada istilah pawang hujan. Sebab, urusan hujan atau karunia yang ada di muka bumi adalah kekuasaan Allah Azza wa Jalla.
  • Keamanan di Mekah Diperketat Selama Musim Haji, Pelanggar akan Dihukum
    Dunia Islam
    Sabtu, 17 Juli 2021 - 04:01 WIB
    Penjagaan keamanan yang ketat diterapkan di sekitar Mekah dan tempat-tempat suci lainnya untuk mencegah orang-orang yang tidak berizin memasuki kota itu selama haji.
  • Doa Agar Dilindungi Saat Angin Kencang
    Tausyiah
    Selasa, 21 Desember 2021 - 23:47 WIB
    Di musim penghujan saat ini sering disertai dengan angin kencang hingga puting beliung. Berikut doa yang diajarkan Rasulullah agar dilindungi saat angin kencang.
  • Musim Dingin di Pakistan saatnya Menggelar Pesta Pernikahan
    Dunia Islam
    Senin, 05 Februari 2024 - 08:38 WIB
    Selama cuaca dingin antara bulan November dan Februari, jutaan orang menghadiri pernikahan setiap pekannya. Mereka bahkan punya nama untuk itu: Desemberistan.
  • Doa Meminta Hujan Berhenti Sesuai Tuntunan Rasulullah SAW
    Tips
    Jum'at, 07 Oktober 2022 - 18:40 WIB
    Doa meminta hujan berhenti pernah dilakukan oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam. Kala itu, para sahabat mendatangi Nabi SAW dan meminta beliau berdoa agar Allah Taala berkenan mengatasi banjir yang melanda Kota Madinah.
  • Ibnu Katsir Urai Ayat dan Hadits Tentang Asap Pekat, Hujan Deras, dan Halilintar Jelang Kiamat
    Tausyiah
    Rabu, 29 September 2021 - 05:15 WIB
    Ibnu Katsir menyampaikan sejumlah ayat dan Sunnah tentang beberapa peristiwa menjelang datangnya hari kiamat. Peristiwa itu antara lain datangnya asap pekat, hujan deras, dan halilintar.
  • UEA dan Arab Saudi Diguyur Hujan Lebat, Sekolah dan Kantor Tutup
    Dunia Islam
    Kamis, 02 Mei 2024 - 14:48 WIB
    Al-Arabiya melaporkan sejak Rabu, beberapa wilayah di Arab Saudi mengalami curah hujan sedang hingga lebat. Siswa di seluruh negeri diminta untuk beralih ke pembelajaran jarak jauh.
  • Selamat Datang Dzulqadah, Bulan Santai Menyambut Musim Haji
    Hikmah
    Selasa, 31 Mei 2022 - 16:45 WIB
    Selamat datang bulan Dzulhijjah yang dimiliakan Allah. Besok kita akan memasuki 1 Dzulqadah 1443 Hijriyah (1 Juni 2022) atau terhitung malam ini menurut kalender Hijriyah.
  • Mimpi Hujan dan Banjir, Isyarat Bakal Terjadi Peristiwa tidak Menyenangkan
    Hikmah
    Jum'at, 14 Januari 2022 - 10:12 WIB
    Mimpi tentang hujan dan banjir adalah firasat yang tidak menyenangkan. Ini masuk klasifikasi mimpi buruk, kendati tidak mutlak. Ulama Muabbirn menafsirkan mimpi tersebut dengan berbagai arti.
  • Bolehkah Meminta Memindahkan Hujan dengan Cara Bertawasul?
    Tausyiah
    Kamis, 24 Maret 2022 - 14:32 WIB
    Persoalan meminta agar diturunkan hujan memang jelas hukum kebolehannya di dalam Islam. Bahkan, Nabi shallallahu alaihi wasallam (SAW) sendiri mengajarkan cara dan doanya.
  • Tahun Abu: Kisah Umar bin Khattab Menangis dan Berdoa Meminta Allah Menurunkan Hujan
    Hikmah
    Senin, 18 Desember 2023 - 07:18 WIB
    Selama 9 bulan itu ia mengimami salat isya dan setelah pulang ke rumah ia masih melanjutkan dengan salat sampai larut malam, memohon kepada Allah jangan sampai kehancuran umat berada di tangannya.
  • Doa Pulang Haji 2023 untuk Jemaah Haji yang Kembali ke Rumah
    Tips
    Rabu, 24 Mei 2023 - 16:11 WIB
    Doa pulang haji untuk jemaah Haji sangat dianjurkan diamalkan ketika kembali ke rumah. Sebelum tiba di rumah dianjurkan untuk melaksanakan sholat sunnah 2 rakaat.
  • Mengapa Awan Menghasilkan Hujan? Ini Penjelasan Al-Quran dan Sains
    Hikmah
    Minggu, 02 Juli 2023 - 23:58 WIB
    Mungkin ada yang bertanya mengapa awan bisa menghasilkan hujan, padahal awan hanyalah massa yang menggantung di atmosfer. Mari simak penjelasan Al-Quran dan Sains berikut ini.