Topik Terkait: Nabi Ibrahim Dan Nabi Ishaq

  • Ketika Malaikat Memberi Tahu Nabi Ibrahim akan Lahirnya Nabi Ishaq dan Nabi Yakub
    Hikmah
    Selasa, 01 Desember 2020 - 14:59 WIB
    NAMA Yakub disebut sebanyak 18 kali di dalam Al-Quran. Ketika memuji keturunan Nabi Yusuf AS, Rasulullah SAW menyebut sebagai, al-Karim ibnu al-Karim ibnu al-Karim ibnu al-Karim
  • Siapa Anak Nabi Ibrahim yang Dikurbankan? Nabi Ismail atau Habi Ishaq?
    Hikmah
    Jum'at, 10 Mei 2024 - 11:30 WIB
    Siapa anak Nabi Ibrahim alaihissalam yang dikurbankan ? Pertanyaan ini berkutat di dua nama anak Nabi Ibrahim yakni Ismail dan Ishaq
  • Kisah Nabi Ibrahim Mengajarkan Agama Tauhid
    Hikmah
    Minggu, 19 Desember 2021 - 21:44 WIB
    Nabi Ibrahim alaihissalam sosok teladan Nabi yang sangat dihormati. Al-Quran menceritakan kisah beliau mengajarkan agama Tauhid kepada ayahnya dan kaumnya.
  • Doa Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail agar Amalnya Diterima Allah Taala
    Tips
    Sabtu, 23 September 2023 - 12:00 WIB
    Di dalam Al-Quran, banyak rekomendasi doa-doa yang pernah dipanjatkan oleh para nabi dan sangat patut kita teladani. Salah satunya adalah doa Nabi Ibrahim as dan Nabi Ismail.
  • Kisah Hijrah Nabi Yakub Saat Menghindari Permusuhan dengan Saudara Kembarnya
    Hikmah
    Minggu, 13 Maret 2022 - 17:30 WIB
    Nabi Yakub hijrah ke Irak dari Palestina untuk menghindari konflik dengan saudara kembarnya, Ishu. Ishu mendendam terhadap Yaqub. Pasalnya, ibunya lebih memanjakan serta mencintai Yakub.
  • Inilah Doa Favorit Nabi Ibrahim Kepada Allah Taala
    Tips
    Selasa, 12 Oktober 2021 - 05:41 WIB
    Selain dengan niat yang ikhlas, kita diajurkan untuk memanjatkan doa atas setiap amal ibadah yang kita lakukan. Memohon doa kepada Allah Taala supaya segala perbuatan amal yang kita lakukan tidak sia-sia.
  • Doa Nabi Ibrahim agar Diberi Anak yang Saleh
    Tips
    Senin, 02 Oktober 2023 - 10:49 WIB
    Nabi Ibrahim memohon kepada Tuhan agar dianugerahi seorang anak yang saleh dan taat serta dapat menolongnya dalam menyampaikan dakwah dan mendampinginya dalam perjalanan dan menjadi kawan dalam kesepian.
  • Kisah Nabi Ibrahim Mengunjungi Makkah tapi Tak Berjumpa Ismail
    Hikmah
    Rabu, 16 Agustus 2023 - 14:20 WIB
    Pada salah satu perjalanannya, ia sampai di Makkah dan mendapatkan bahwa putranya tidak ada di rumah. Waktu itu, Ismail telah tumbuh menjadi lelaki dewasa dan telah kawin.
  • Sejarah Lahirnya Zionisme, Bermula dari Kisah Nabi Ibrahim
    Dunia Islam
    Rabu, 18 Oktober 2023 - 11:55 WIB
    Mereka adalah keturunan Nabi Ibrahim, Ishak, dan Yakub. Pada zaman diaspora, akhir abad ke-19, lahir cita-cita Zionisme di kalangan mereka yang bertujuan untuk memperoleh kembali Yerusalem.
  • Imam Chirri: Begini Gambaran Komunikasi Nabi Ibrahim dengan Tuhan
    Tausyiah
    Senin, 01 Januari 2024 - 13:50 WIB
    Imam Chirri menuturkan bahwa itu adalah tindakan Ibrahim yang luar biasa, untuk meninggalkan anak yang pertamanya di padang pasir Arab di mana tidak ada buah-buahan, air dan kota.
  • Sejarah Kurban: Ibadah yang Bukan Hanya Disyariatkan kepada Nabi Ibrahim
    Hikmah
    Senin, 06 Juni 2022 - 05:15 WIB
    Sesungguhnya, pensyariatan ibadah kurban adalah suatu sunah yang telah amat lama. Ibadah ini pertama kali dilakukan oleh putra Nabi Adam AS, yaitu Habil dan Qabil.
  • Kisah Kurban Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail Berdasar Al-Quran
    Tausyiah
    Kamis, 16 Juni 2022 - 17:39 WIB
    Peristiwa penyembelihan Nabi Ismail dan asal-usul ibadah kurban ini dimulai dari surah as-Saffat ayat 99-100 yang berisi kisah penantian panjang Nabi Ibrahim akan kehadiran seorang anak.
  • Kisah Nabi Ibrahim dan Raja Namrud yang Sombong
    Hikmah
    Sabtu, 14 Desember 2019 - 05:15 WIB
    Dalam kajian rutin di Srengseng Jakarta Barat, Ulama asal Mesir Syeikh Ahmad Al-Mishri mengulas kisah Nabi Ibrahim yang menakjubkan. Nasab Beliau bersambung kepada Nabi Nuh.
  • Doa Nabi Ibrahim agar Nama Baiknya Menjadi Buah Bibir
    Tips
    Rabu, 27 September 2023 - 10:17 WIB
    Nabi Ibrahim berdoa agar nama baik beliau menjadi buah bibir yang baik bagi orang-orang yang datang kemudian, sehingga beliau menjadi suri teladan yang utama sampai hari Kiamat.
  • Harta Kekayaan Nabi Ibrahim dan Pengorbanan yang Luar Biasa
    Hikmah
    Kamis, 23 Juni 2022 - 05:10 WIB
    Tahukah Anda berapa harta kekayaan Nabi Ibrahim? Barang kali kita hanya mengetahui Nabi yang kaya adalah Nabi Sulaiman. Berikut nilai kekayaan Nabi Ibrahim dan pengorbanannya.
  • Sumur-Sumur Mengering, Begitu Nabi Ibrahim Meninggalkan Lembah Tujuh
    Hikmah
    Jum'at, 24 April 2020 - 03:05 WIB
    Allah melapangkan rezeki Nabi Ibrahim. Beliau mempunyai banyak harta dan hewan ternak. Sampai-sampai ada yang mengatakan bahwa dia memiliki 12000 kawanan kambing.
  • Misteri Batu Ash-Shakhrah di Baitul Maqdis, Tempat Mihraj nya Rasulullah dan Tempat Nabi Ibrahim Menyembelih Putranya bagi Yahudi
    Dunia Islam
    Rabu, 18 Oktober 2023 - 16:51 WIB
    Batu Ash-Shakhrah di Baitul Maqdis jadi salah satu tempat bersejarah bagi umat Islam karena diyakini sebagai batu pijakan Nabi Muhammad SAW ketika hendak melakukan perjalanan Mihraj menuju langit.
  • Kisah Nabi Ismail yang Mengagumkan, Ada 6 Pelajaran
    Hikmah
    Sabtu, 11 Januari 2020 - 05:15 WIB
    Ismail adalah salah seorang Nabi yang merupakan putra tercinta Nabi Ibrahim alaihissalam (AS). Beliau disebut dalam Al-Quran dalam 12 ayat atau 12 tempat.
  • Beda Ajaran Tauhid Nabi Ibrahim dan Nabi Sebelumnya
    Tausyiah
    Selasa, 21 Juni 2022 - 13:03 WIB
    Nabi Ibrahim berbeda dengan nabi-nabi sebelumnya tatkala memaparkan tauhid kepada umatnya. Nabi-nabi sebelumnya berkata, Sembahlah Allah, kalian tidak memiliki Tuhan selain-Nya.
  • Para Nabi Memberi Pelajaran dengan Metode Logika dan Penalaran, Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Selasa, 08 Agustus 2023 - 18:41 WIB
    Metode yang digunakan para nabi untuk memberi pelajaran dan tuntutan kepada manusia ialah metode logika dan penalaran, karena mereka berurusan dengan pikiran manusia.