Topik Terkait: Nafsu Manusia

  • 3 Tingkatan Pertarungan Hawa Nafsu Manusia, Nomor Terakhir Terjaga dari Kemaksiatan
    Tips
    Jum'at, 19 Agustus 2022 - 09:44 WIB
    Perang dan pertarungan melawan nafsu berlangsung setiap saat. Dalam pertarungan ini, kita bisa menang pada suatu waktu, tetapi kalah pada waktu yang lain.
  • 3 Sumber Keburukan Manusia yang Disebutkan Dalam Al-Quran
    Tips
    Rabu, 15 Desember 2021 - 08:20 WIB
    Syaikul Islam Ibnu Taimiyah dalam kitabnya Tazkiyatun Nafs menyatakan bahwa sumber keburukan manusia itu adalah kelalaian, hawa nafsu (syahwat), kezaliman dan kebodohan.
  • Imam Al-Ghazali : Pertarungan Hawa Nafsu Manusia Berlangsung Setiap Saat
    Tips
    Jum'at, 03 Desember 2021 - 17:15 WIB
    Imam Al Ghazali menjelaskan, perang dan pertarungan melawan nafsu berlangsung setiap saat. Dalam pertarungan ini, kita bisa menang pada suatu waktu, tetapi kalah pada waktu yang lain.
  • Mengenal Sifat Nafsu Manusia yang Tercantum dalam Al-Quran
    Muslimah
    Kamis, 12 November 2020 - 07:35 WIB
    Setiap manusia tentu memiliki nafsu yang menjadi dasar atas segala urusan atau perbuatan yang dilakukannya, entah itu perbuatan baik atau perbuatan buruk. Sebenarnya nafsu itu sangatlah luas dan mencakup banyak hal.
  • Bikin Binasa Kehidupan, Gara-Gara Memperturutkan Hawa Nafsu
    Tausyiah
    Selasa, 12 Mei 2020 - 17:06 WIB
    Sayyidina Ali berkata, barang siapa yang mengikuti hawa nafsunya, maka hawa nafsunya itu akan membutakannya, menulikannya, menghinakannya dan menyesatkannya.
  • Kisah Penciptaan Nafsu yang Degil
    Hikmah
    Jum'at, 10 Januari 2020 - 16:19 WIB
    Pengarang Kitab Tanbihul Ghafilin (peringatan bagi orang yang lalai) Abu Laits As-Samarqandi menceritakan kisah penciptaan Akal (al-Aql) dan Nafsu (Nafsun atau Nufusun).
  • 3 Klasifikasi Hati yang Membuat Manusia Gampang Berubah
    Muslimah
    Sabtu, 02 Januari 2021 - 09:58 WIB
    Hati manusia sangat mudah berubah. Ia akan cepat terpengaruh oleh sesuatu. Karena itu, hati manusia disebut al-qalb karena proses perubahannya (at taqallub) yang begitu cepat.
  • Malaikat Mu’aqibat, Inilah Malaikat Para Penjaga Manusia
    Muslimah
    Sabtu, 20 Maret 2021 - 16:59 WIB
    Hal-hal ajaib yang mustahil terjadi dalam perhitungan logika manusi, ternyata terjadi bukan karena keberuntungan, tetapi sejatinya ada malaikat penjaga dan pendamping yang diutus untuk setiap manusia.
  • 5 Hal yang Meracuni Hati Manusia
    Muslimah
    Rabu, 06 Oktober 2021 - 13:52 WIB
    Hati manusia ibarat panglima dalam keseluruhan tubuhnya, sementara anggota tubuh ibarat tentaranya. Mereka semua akan menaati panglimanya, melaksanakan perintahnya dan tidak akan menyelisihinya.
  • Rezeki Manusia Tidak akan Pernah Tertukar
    Tips
    Kamis, 18 Agustus 2022 - 17:06 WIB
    Rezeki adalah bagian dari takdir Allah Subhanahu wa taala. Jika kita ingin memahaminya maka harus bisa memahami takdir dengan baik. Apa yang kita miliki saat ini?
  • Istilah Manusia, Produksi dan Reproduksi dalam Al-Quran
    Tausyiah
    Jum'at, 17 Maret 2023 - 09:05 WIB
    Dari sisi lain diamati bahwa banyak ayat-ayat Al-Quran yang menggunakan kata basyar yang mengisyaratkan bahwa proses kejadian manusia sebagai basyar, melalui tahap-tahap sehingga mencapai tahap kedewasaan.
  • Ketika Nafsu Bertempur Setiap Hari
    Muslimah
    Rabu, 30 Juni 2021 - 17:32 WIB
    Muslimah, sebagai manusia sangat alamiah ketika suatu waktu mengalami perasaan bimbang. Bimbang karena pilihan baik atau buruk dari kondisi yang sedang dialami?
  • Begini Andil Malaikat dalam Penciptaan Manusia dalam Kandungan
    Tausyiah
    Rabu, 23 Februari 2022 - 15:53 WIB
    Ada hubungan yang sangat kuat antara malaikat dan anak cucu Adam. Para malaikat ikut campur tangan dalam penciptaan manusia. Mereka juga menjaga manusia saat diciptakan.
  • Jaga Pandangan untuk Ketenangan Hati
    Muslimah
    Selasa, 10 November 2020 - 07:01 WIB
    Untuk menuju kondisi nafsu mutmainah, seorang muslimah harus bisa menjaga lisan serta menjaga pandangan. Menjaga pandangan bagi perempuan bukan hanya menjaga matanya, namun juga menjaga dirinya dari pandangan orang-orang yang bukan haknya
  • 3 Golongan Manusia di Bulan Ramadhan, Nomor Terakhir Disukai Allah
    Tausyiah
    Selasa, 12 April 2022 - 15:36 WIB
    Ada tiga golongan manusia menyikapi bulan Ramadhan sebagaimana dijelaskan Ustaz Muhammad Saiyid Mahadhir dalam bukunya Bekal Ramadhan dan Idul Fithri.
  • 7 Hal Indah yang Disukai Manusia
    Muslimah
    Jum'at, 06 Agustus 2021 - 06:19 WIB
    Semua yang terlihat indahdi dunia akan disukai, padahal semua yang indah dalam pandangan manusia dalam rangka ujian yang Allah Taala berikan kepada hamba-hamba-Nya.
  • Tips Menahan Hawa Nafsu dan Amarah Saat Puasa Ramadhan
    Tips
    Jum'at, 08 April 2022 - 11:01 WIB
    Hawa nafsu dan amarah yang tidak terkontrol selama puasa walaupun tidak membatalkan puasa secara langsung layaknya makan dan minum, namun tetap saja hal ini dapat mengurangi nilai dan pahala dalam ibadah puasa kita
  • Apakah Ada Manusia yang Sempurna? Begini Penjelasan Syaikh Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Selasa, 30 April 2024 - 15:31 WIB
    Syaikh Yusuf Al-Qardhawi mengatakan tiada manusia yang sempurna, karena setiap orang mempunyai kelemahan. Seseorang yang beriman, tentu mempunyai kesalahan dan memiliki sifat buruk yang sukar dihilangkan.
  • Bagaimana Hubungan Antara Nafsu dengan Setan? Ini Kata Syeikh Syarawi
    Hikmah
    Rabu, 15 Januari 2020 - 16:11 WIB
    Mungkin banyak yang bertanya bagaimana sebenarnya hubungan antara Nafsu dan Setan? Berikut penjelasan singkat ulama besar kelahiran Mesir, Syeikh Prof Muhammad Mutawalli asy-Syarawi.
  • Tadabbur Surat An-Nisa Ayat 28: Manusia Diciptakan Bersifat Lemah
    Hikmah
    Senin, 30 Oktober 2023 - 21:31 WIB
    Tadabbar ayat Al-Quran kali ini mengkaji Surat An-Nisa Ayat 28 di mana Allah menciptakan manusia bersifat lemah (dhaif). Berikut penjelasannya.