Topik Terkait: Nama Anak

  • Inilah Hukum Menamai Anak dengan Nama-nama Malaikat
    Muslimah
    Senin, 26 Oktober 2020 - 16:43 WIB
    Nama biasanya dikaitkan dengan doa-doa orang tuanya. Salah satunya keinginan memberikan nama anak yang baru lahir dengan nama-nama malaikat. Namun bagaimana hukumnya menurut pandangan syariat?
  • Dua Nama Terbaik untuk Anak Pilihan Nabi Muhammad
    Muslimah
    Jum'at, 11 Februari 2022 - 09:47 WIB
    Nama terbaik adalah nama yang direkomendasikan oleh Nabi kita Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam, yaitu dua nama: Abdullah dan Abdurrahman. Bagaimana penjelasannya?
  • Bolehkah Menamai Anak dengan Nama Malaikat? Ini Penjelasannya
    Tausyiah
    Rabu, 24 Mei 2023 - 23:33 WIB
    Bolehkah menggunakan nama Malaikat seperti Jibril atau Mikail untuk anak kita? Berikut penjelasan Ustaz Ahmad Syahrin Thoriq berikut.
  • Nama-nama Keturunan Iblis Berikut Tugas-tugasnya
    Hikmah
    Selasa, 04 Oktober 2022 - 21:49 WIB
    Nama keturunan Iblis berikut tugasnya perlu diketahui umat muslim. Iblis berasal dari kata balasa yang berarti dia menyesal. Jadi, iblis diartikan sebagai yang menyebabkan penyesalan.
  • Memberi Nama Janin yang Keguguran Menurut Empat Mazhab
    Muslimah
    Senin, 09 November 2020 - 15:54 WIB
    Jabang bayi yang keguguran masih banyak yang mempertanyakan, haruskah janin tersebut diberi nama atau tidak? Bagaimana pandangan syariat tentang hal tersebut?
  • 10 Inspirasi Nama Bayi Perempuan yang Lahir di Bulan Rajab
    Muslimah
    Rabu, 17 Januari 2024 - 10:57 WIB
    Nama-nama cantik untuk bayi perempuan yang lahir di bulan Rajab ini, bisa menjadi inpisrasi untuk Anda yang kebetulan akan mempunyai anak di bulan Mulia ini.
  • Nama Bayi Perempuan Islami yang Unik, Catat Ya, Bun...
    Muslimah
    Kamis, 18 Agustus 2022 - 10:39 WIB
    Nama bayi perempuan islami banyak terinspirasi dari arti ayat-ayat Al-Quran yang bermakna dan mengandung arti kata kebaikan. Dalam Islam, memberikan nama telah ditetapkan sesuai syariat serta anjuran Nabi Muhammad SAW.
  • Inspirasi Nama-nama Bayi yang Lahir di Bulan Rajab
    Muslimah
    Selasa, 08 Februari 2022 - 14:09 WIB
    Banyak nama bayi yang lahir di bulan Rajab, terinspirasi dari bulan istimewa ini. Sebagai bulan istimewa dalam kalender Islam, bulan Rajab banyak keutamaan dan doa-doa didalam mengisi dan mengamalkannya.
  • Inilah Nama 25 Nabi dan Rasul dalam Bahasa Inggris
    Hikmah
    Senin, 18 Desember 2023 - 12:12 WIB
    Inilah nama 25 nabi dan Rasul dalam bahasa Inggris. Nama dan rasul ini disebutkan dalam Al-Quran, dan bersifat universal atau bisa diterima oleh seluruh umat di dunia.
  • Seputar Nama Israil, Para Keturunan Nabi yang Selalu Meresahkan Dunia
    Dunia Islam
    Selasa, 18 Mei 2021 - 05:00 WIB
    Nama Israel atau Bani Israil dikenal juga dengan Ibrani dan Yahudi. Sebutan Israel, adalah sebutan yang dinisbatkan kepada nama bapak mereka, yaitu Yaqub ibn Ishaq ibn Ibrahim AS.
  • Kekhususan Mendidik Anak Perempuan, Allah Ganjar dengan Pahala Besar
    Muslimah
    Rabu, 23 Desember 2020 - 18:02 WIB
    Metode mendidik anak seperti yang dilakukan Rasulullah terbukti ampuh sepanjang sejarah. Bahkan, Nabi Muhammad Shallahu Aalaihi wa Sallam juga secara detil mengajarkan pendidikan anak khusus laki-laki dan khusus perempuan
  • Menjadikan Anak sebagai Penyejuk Hati
    Muslimah
    Jum'at, 07 Januari 2022 - 09:00 WIB
    Dalam pandangan Islam, seorang anak adalah qurrota ayun atau penyejuk hati. Qurrotu ayun adalah menyejukkan pandangan mata karena sejak dini, anak telah diarahkan kepada jalan Allah Subhanahu wa Taala.
  • 5 Hal yang Perlu Diajarkan Kepada Anak
    Muslimah
    Jum'at, 24 September 2021 - 18:09 WIB
    Kewajiban paling utama dalam mendidik anak adalah mengenalkan Allah Taala kepada mereka. Ini agar si anak mencintai Allah Taala, tuhan semesta alam.
  • Inilah Keberuntungan Memiliki Anak Perempuan dalam Islam
    Muslimah
    Minggu, 03 Desember 2023 - 10:55 WIB
    Sungguh beruntung keluarga muslim yang memiliki anak perempuan. Mengapa demikian? Karena ternyata, dalam Islam, keutamaan memiliki anak perempuan akan menjadi penghalang untuk orang tuanya dari api neraka
  • Adakah yang Menanggung Dosa Anak Kecil?
    Muslimah
    Senin, 10 Oktober 2022 - 15:31 WIB
    Setiap orang yang berbuat dosa akan dimintai pertanggungjawabannya baik dunia maupun di akhirat. Namun bagaimana dengan anak yang belum baligh?
  • Cerita Prof Ghada Ageel tentang Anak-Anak Palestina yang Dibantai Israel
    Dunia Islam
    Selasa, 07 Mei 2024 - 15:08 WIB
    Bom-bom Israel di Rafa telah membunuh anak-anak Palestina. Kengerian pembunuhan ini terpampang di wajah orang-orang yang menggunakan tangan kosong untuk mencari mayat anak-anak di reruntuhan.
  • Bagaimana Pola Asuh dan Cara Menyapih Anak dalam Islam?
    Muslimah
    Senin, 26 Juni 2023 - 14:30 WIB
    Dalam Islam dibolehkan untuk menyusui anak hingga berumur lebih dari dua tahun, sebagaimana dibolehkan untuk menyapihnya kurang dari dua tahun, dengan dua syarat, y tidak membahayakan kesehatan anak maupun ibu, serta disepakati kedua orang tuanya.
  • Semua Anak Terlahir Cerdas dan Qurrota a’yun Orang Tua
    Muslimah
    Kamis, 03 Juni 2021 - 07:40 WIB
    Semua anak dianugerahi kecerdasan oleh Allah. Selain itu, dalam pandangan Islam, seorang adalah qurrota ayun (penyejuk hati). Dalam posisi ini anak menjadi pancaran sinar bagi orang tuanya.
  • Nama Bayi Perempuan Menurut Islam dan Al-Quran
    Muslimah
    Rabu, 16 Juni 2021 - 14:39 WIB
    Inspirasi nama bayi perempuan menurut Islam dan Al-Quran, bisa kita ambil untuk buah hati kita yang baru lahir. Banyak kata dalam Al-Quran yang bermakna dan mengandung arti kata kebaikan.
  • 5 Nama Hewan yang Diabadikan Menjadi Nama Surat Dalam Al Quran
    Muslimah
    Jum'at, 19 Maret 2021 - 08:38 WIB
    Penamaan surat yang ada dalam Al-Quran menggambarkan isi atau kandungan ayat di dalamnya. Salah satunya dinamai dengan nama-nama hewan, karena isi atau kandungan ayat di dalamnya ada kisah yang melibatkan hewan.