Topik Terkait: Pendapat Gus Baha Tentang Kurban (halaman 500)

  • Itikaf dan Kekuatan Zikir di Akhir Ramadan
    Tausyiah
    Minggu, 07 April 2024 - 04:04 WIB
    Berzikir di kala bulan Ramadan tentu memiliki manfaat yang luar biasa. Terlebih, bulan ini juga merupakan bulan pembersihan atau syahrul mutahar.
  • Jadwal Imsakiyah Bandung, 7 April 2024/ 27 Ramadan 1445 Hijriah
    Tips
    Minggu, 07 April 2024 - 01:30 WIB
    Jadwal Imsakiyah Bandung berlaku 7 April 2024/ 27 Ramadan 1445 Hijriah. Jadwal ini bisa menjadi panduan bagi warga Bandung dan sekitarnya sebagai patokan untuk mengatur jadwal sahur selama bulan Ramadan
  • Arab Saudi, UEA dan Qatar Umumkan Idulfitri Rabu 10 April 2024
    Dunia Islam
    Selasa, 09 April 2024 - 15:56 WIB
    Perayaan Idul Fitri menandai berakhirnya Ramadan, periode puasa selama sebulan yang dilakukan oleh lebih dari 1,8 miliar Muslim di seluruh dunia.
  • Ziarah Kubur Perbanyak Mengingat Kematian, Faedahnya Luar Biasa
    Hikmah
    Jum'at, 12 April 2024 - 09:49 WIB
    Salah satu tradisi saat merayakan Idulfitri di Indonesia yakni ziarah kubur. Tradisi yang baik untuk selalu mengingat kematian. Mengapa demikian?
  • Surat Yasin Berada di Juz Berapa?
    Tips
    Jum'at, 12 April 2024 - 16:54 WIB
    Pada statusnya, surat Yasin sangat populer di kalangan umat Islam. Tak hanya dikenal sebagai jantungnya Al Quran, surat ini juga rutin dibaca oleh umat Muslim dalam berbagai kesempatan.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Syaikh Imran Hosein: Raja Najasyi Belum Masuk Islam ketika Meninggal
    Hikmah
    Kamis, 18 April 2024 - 14:57 WIB
    Benarkah Raja Najasyi (Negus) Abyssinia (sekarang Ethiopia) belum masuk Islam ketika meninggal dunia? Lalu, mengapa Rasulullah SAW menyolatinya begitu mendengar beliau wafat?
  • Tips Meningatkan Ketakwaan Setelah Ramadan
    Tausyiah
    Selasa, 23 April 2024 - 11:25 WIB
    Ketakwaan seorang mukmin akan diganjar pahala terbaik oleh Allah Subhanahu wa taala. Bahkan, sebagai hamba-Nya, seorang muslim yang bertkawa akan mendapatkan jaminan kebahagiaan dan keselamatan di dunia dan di akhirat.
  • Fungsi Niat dalam Melaksanakan Amal Ibadah
    Tausyiah
    Kamis, 25 April 2024 - 10:16 WIB
    Dalam Islam, fungsi niat sangatlah penting dalam melaksanakan amal ibadah. Karenanya setiap muslim harus senantiasa memperbaiki dan selalu meluruskan niat dalam ibadahnya.
  • Mengapa Sedekah di Hari Jumat Mempunyai Keutamaan Luar Biasa? Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Jum'at, 26 April 2024 - 08:10 WIB
    Sedekah memiliki banyak keutamaan dan banyak ayat Al-Quran yang menjelaskannya. Dan khusus di hari Jumat, sedekah ini ternyata memiliki banyak keutamaan lainnya. Mengapa demikian dan apa alasannya?
  • Kisah Hikmah : Padamnya Lampu Istana dan Khalifah Umar Bin Abdul Aziz
    Hikmah
    Sabtu, 27 April 2024 - 17:50 WIB
    Gaya hidup Umarbin Abdul Aziz sangat sederhana ketika menjadi khalifah. Gajinya hanya 2 dirham perhari atau 60 dirham perbulan. Meski menjabat hanya 2-3 tahun, karyanya sangat mengagumkan.
  • Tukang Maksiat Belum Tentu Masuk Neraka, Ini Syaratnya!
    Tausyiah
    Minggu, 28 April 2024 - 09:18 WIB
    Bagaimana hukumnya orang yang semasa hidupnya selalu mengerjakan maksiat, akan tetapi pada akhir hayatnya (ketika sakaratul maut) dia mengucapkan dua kalimat Syahadat?
  • Arab Saudi Hukum Instruktur Kebugaran Manahel al-Otaibi 11 Tahun Penjara
    Dunia Islam
    Kamis, 02 Mei 2024 - 18:42 WIB
    Pengadilan Arab Saudi menjatuhkan hukuman 11 tahun penjara kepada instruktur kebugaran Manahel al-Otaibi. Perempuan berusia 29 tahun ini dinyatakan bersalah karena pilihan pakaiannya.
  • Doa-doa Memohon Kemenangan untuk Timnas Indonesia, Yuk Amalkan
    Tips
    Kamis, 02 Mei 2024 - 18:48 WIB
    Doa-doa memohon kemenangan agar bisa diraih oleh Timnas Sepakbola Indonesia U-23 yang akan bertanding memperebutkan juara ke-3 Piala AFC, bisa diamalkan para pendukung dan rakyat Indonesia
  • 10 Ayat Terakhir Surat Ali Imran Beserta Keutamaannya
    Hikmah
    Kamis, 02 Mei 2024 - 19:04 WIB
    Keutamaan membaca 10 ayat terakhir Surat Ali Imran penting diketahui umat Muslim. Sepuluh ayat tersebut dianjurkan untuk dibaca ketika bangun tidur.
  • Kisah Nabi Daniel yang Menubuatkan Kedatangan Nabi Muhammad SAW
    Hikmah
    Rabu, 01 Mei 2024 - 08:23 WIB
    Mendengar nama Nabi Daniel, sebagian orang mungkin masih merasa asing. Namanya sendiri memang jarang dibahas dan tidak masuk dalam daftar 25 nama Nabi yang wajib diketahui umat Islam.
  • 8 Kewajiban Orang yang Ingin Haji, Salah Satunya Bayar Utang Dulu
    Tips
    Jum'at, 03 Mei 2024 - 15:22 WIB
    Barangsiapa bertujuan melakukan perjalanan panjang untuk haji atau yang lainnya maka wajib membayar utangnya atau minta izin orang-orang yang memberikan piutang.
  • Ibadah Haji: 3 Prinsip Keyakinan yang Dianut Nabi Ibrahim
    Hikmah
    Kamis, 09 Mei 2024 - 12:33 WIB
    Keteladanan Nabi Ibrahim antara lain diwujudkan dalam bentuk ibadah haji dengan berkunjung ke Makkah, karena beliaulah bersama putranya Ismail yang membangun kembali fondasi-fondasi Kakbah.
  • Eric Saade: Didiskriminasi karena Mengenakan Kaffiyeh di Kontes Lagu Eurovision
    Dunia Islam
    Jum'at, 10 Mei 2024 - 12:44 WIB
    Bintang pop Swedia-Palestina, Eric Saade, mendapat perlakuan tidak adil dan diskriminatif. Ia mendapatkan pengawasan ketat saat kontes lagu Eurovision. Ini gara-garanya.
  • Khotbah Rasulullah SAW di Haji Wada, Quraish Shihab: Menekankah Nilai-Nilai Kemanusiaan
    Hikmah
    Jum'at, 10 Mei 2024 - 18:33 WIB
    Salah satu bukti yang jelas tentang keterkaitan ibadah haji dengan nilai-nilai kemanusiaan adalah isi khotbah Nabi Muhammad SAW pada haji wada (haji perpisahan).
  • Bacaan Doa Walimatul Safar Haji Lengkap dengan Artinya
    Tips
    Senin, 13 Mei 2024 - 13:14 WIB
    Bacaan doa walimatul safar haji ini, biasanya diamalkan ketika mengantar keluarga atau tetangga yang hendak berangkat menunaikan ibadah haji. Seperti apa doanya?