Topik Terkait: Pra Musim

  • Bangsa Arab Pra-Islam:...
    Hikmah
    Senin, 09 September 2024 - 19:55 WIB
    Mayoritas penduduk Jazirah Arab di masa Jahiliyah menyembah berhala, sedangkan minoritas di antara mereka ada orang Yahudi di Yatsrib, orang Kristen Najran di Arabia Selatan dan sedikit yang beragama Hanif di Makkah.
  • Arab Saudi akan Gunakan...
    Dunia Islam
    Jum'at, 15 Maret 2024 - 14:25 WIB
    Drone tersebut akan secara resmi digunakan untuk membawa unit darah dan sampel laboratorium di antara rumah sakit di tempat-tempat suci di lembah Mina dan Arafah.
  • Amalan Musim Hujan dan...
    Tips
    Jum'at, 07 Oktober 2022 - 16:15 WIB
    Musim hujan telah tiba dan ini merupakan salah tanda-tanda kebesaran Allah. Bagi yang daerahnya saat ini sedang musim penghujan, ada baiknya mengamalkan doa dan wirid ini.
  • Pahami! Bolehkah Membuat...
    Muslimah
    Sabtu, 26 Februari 2022 - 15:01 WIB
    Ketika akan menikah, ada kalanya pasangan calon pengantin sengaja membuat perjanjian pra nikah. Salah satu perjanjian itu, adalah meminta tidak akan melakukan poligami atau tidak mau dipoligami. Bolehkah hal tersebut dilakukan?
  • Adakah Perjanjian Pranikah...
    Muslimah
    Jum'at, 26 Februari 2021 - 08:24 WIB
    Istilah perjanjian pra nikah mulai trend. Sesuatu yang semula terdengar tabu, sepertinya mulai dipopulerkan di Indonesia, terutama mulai didengar dari model-model pernikahan di kalangan selebriti Tanah Air.
  • Arab Pra-Islam: Misionaris...
    Dunia Islam
    Selasa, 04 Januari 2022 - 14:59 WIB
    Jauh sebelum Islam datang di jazirah Arab, sebagian orang-orang di wilayah ini sudah memeluk agama, antara lain agama Nasrani. Agama ini bersemi di kalangan mereka melalui tangan para misionaris.
  • Arab Pra-Islam: Sudah...
    Dunia Islam
    Rabu, 05 Januari 2022 - 12:35 WIB
    Pada masa pra-Islam, ada sebagian orang-orang Arab yang mempraktikkan ibadah mirip tuntunan Islam. Mereka berkhitan, bersedekah, bahkan mandi junub, laiknya ajaran Islam.
  • Syam Pra-Islam: Kisah...
    Hikmah
    Senin, 08 Januari 2024 - 15:00 WIB
    Syam dikuasai Arab dari Banu Gassan pada era pra-Islam. Amir demi amir sampai kepada Jabalah bin al-Aiham sebagai penguasa Arab Syam ketika Umar bin Khattab memasuki Irak
  • Pra-Islam: Kisah Kabilah...
    Hikmah
    Rabu, 10 Januari 2024 - 09:00 WIB
    Pada masa pra-Islam, orang-orang Arab sudah banyak merantau ke Syam dan ke Irak. Mereka menetap di wilayah tersebut, terutama di perbatasan daerah-daerah pemukiman Irak dan Syam.
  • Kumpulan Doa dan Amalan...
    Tips
    Kamis, 06 Oktober 2022 - 21:33 WIB
    Doa dan amalan pada musim penghujan perlu diamalkan umat Islam. Hujan menjadi berkah apalagi kita mengamalkan doa-doa yang diajarkan Nabi Muhammad SAW.
  • Epos Jazirah Arab: Kisah...
    Dunia Islam
    Kamis, 03 Agustus 2023 - 15:33 WIB
    Penulis yang tidak diketahui dan digambarkan sebagai kisah cinta udhri pertama di dunia Arab adalah Urwa ibn Hizam. Ia lahir di Arab pra-Islam, jatuh cinta dengan sepupunya, Afra binti Iqal.
  • Pra Islam: Ketika Orang-Orang...
    Hikmah
    Rabu, 10 Januari 2024 - 09:32 WIB
    Kala itu, kekuasaan di Irak dan di Syam silih berganti antara kedua imperium Persia dan Romawi. Adakalanya Persia merebut Syam dari Romawi lalu digabung dengan Irak yang ada di bawah kekuasaannya.
  • Pra-Islam: Kisah Quraisy...
    Hikmah
    Selasa, 10 September 2024 - 16:08 WIB
    Masalah-masalah politik dan perang dipegang orang-orang Jurhum, sedangkan masalah keagamaan dan kepengurusan Kakbah diserahkan kepada Nabi Ismail.
  • Pra-Islam: Mengapa Orang...
    Hikmah
    Kamis, 04 Januari 2024 - 17:17 WIB
    Pada era pra-Islam orang-orang Arab Irak tidak sampai menganut Majusi Persia kendati hubungan mereka sangat erat dan mereka mengagumi kebudayaannya.
  • Hukuman Zina dan Cara...
    Dunia Islam
    Sabtu, 08 Januari 2022 - 17:30 WIB
    Bagi orang Arab masa jahiliyah, pengkhianatan atas perkawinan dianggap sebagai zina dan pelanggarnya dihukum mati. Seorang pria dianggap berzina bila berhubungan seksual dengan wanita baik-baik.
  • Doa dan Amalan Lengkap...
    Tips
    Rabu, 31 Januari 2024 - 11:25 WIB
    Saat musim penghujan seperti sekarang ini, doa dan amalan musim hujan perlu diamalkan umat Islam. Hujan menjadi berkah apalagi kita mengamalkan doa-doa yang diajarkan Nabi Muhammad SAW).
  • Begini Gambaran Ekonomi...
    Hikmah
    Rabu, 11 September 2024 - 17:38 WIB
    Setelah Yaman dijajah oleh bangsa Habsyi dan bangsa Persia, maka kaum penjajah itu menguasai kegiatan perdagangan di laut, sedangkan perdagangan di darat berpindah ke tangan orang Makkah
  • Kabah: Kisah Paganisme...
    Hikmah
    Kamis, 28 Mei 2020 - 05:00 WIB
    Sudah banyak nabi yang diturunkan di wilayah sekitar Kabah sebelum Nabi Muhammad. Sebut saja, Nabi Hud, Nabi Syuaib, dan Nabi Saleh. Tetap saja mereka menyembah berhala.
  • Bulan Syawal Musim Kawin,...
    Tips
    Rabu, 11 Mei 2022 - 17:57 WIB
    Banyak di antara umat muslim memilih menikah di bulan Syawal untuk mengikuti sunnah Rasulullah yang berumah tangga dengan Sayyidah Aisyah pada bulan Syawal.
  • Pemerintahan Jazirah...
    Hikmah
    Selasa, 10 September 2024 - 15:02 WIB
    Mereka sangat menekankan hubungan kesukuan sehingga kesetiaan atau solidaritas kelompok menjadi sumber kekuatan bagi suatu kabilah atau suku. Bagi masing-masing suku terdapat seorang pemimpin (Syaikh)