Topik Terkait: Puasa Adalah Perisai

  • 3 Makna Puasa sebagai Perisai, Salah Satunya Benteng dari Azab
    Tausyiah
    Sabtu, 15 April 2023 - 08:19 WIB
    Dalam Islam, ibadah puasa ternyata adalah perisai yang akan melindungi seorang hamba dari api neraka di akhirat kelak. Begini penjelasannya!
  • Puasa Adalah Sebuah Proses Perubahan
    Tausyiah
    Senin, 19 April 2021 - 17:44 WIB
    Allah subhanahu wataala mengingatkan manusia untuk memacu dirinya dalam sebuah proses puasa di bulan suci Ramadan selama kurang lebih 30 hari lamanya.
  • Puasa Adalah Perisai dari 3 Perkara Ini!
    Tips
    Senin, 03 Mei 2021 - 09:52 WIB
    Seorang muslim memerlukan perisai untuk berlindung dari sebuah bahaya. Dalam Islam, ibadah puasa ternyata adalah perisai yang akan melindungi seorang hamba dari api neraka di akhirat kelak.
  • Keutamaan Puasa, Balasannya Adalah Surga Bernama Ar-Rayyan
    Hikmah
    Senin, 29 April 2019 - 01:13 WIB
    Puasa merupakan ibadah yang mempunyai kedudukan tinggi di sisi Allah. Dalam salah satu hadis disebutkan ganjaran menghidupkan puasa adalah surga istimewa bernama Ar-Rayyan.
  • Apakah Boleh Puasa Ramadan Jika Masih Punya Utang Puasa?
    Tips
    Senin, 15 Januari 2024 - 15:02 WIB
    Apakah boleh puasa ramadhan jika masih punya utang puasa? Menurut Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah, waktu untuk membayar puasa adalah pada hari-hari lain di luar bulan Ramadan.
  • cover top ayah
    هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ ۚ عٰلِمُ الۡغَيۡبِ وَالشَّهَادَةِ‌ ۚ هُوَ الرَّحۡمٰنُ الرَّحِيۡمُ‏ (٢٢) هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ۚ اَلۡمَلِكُ الۡقُدُّوۡسُ السَّلٰمُ الۡمُؤۡمِنُ الۡمُهَيۡمِنُ الۡعَزِيۡزُ الۡجَـبَّارُ الۡمُتَكَبِّرُ‌ؕ سُبۡحٰنَ اللّٰهِ عَمَّا يُشۡرِكُوۡنَ (٢٣) هُوَ اللّٰهُ الۡخَـالِـقُ الۡبَارِئُ الۡمُصَوِّرُ‌ لَـهُ الۡاَسۡمَآءُ الۡحُسۡنٰى‌ؕ يُسَبِّحُ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضِ‌ۚ وَهُوَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (٢٤)
    Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mengetahui yang gaib dan yang nyata, Dialah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Maharaja, Yang Mahasuci, Yang Mahasejahtera, Yang Menjaga Keamanan, Pemelihara Keselamatan, Yang Mahaperkasa, Yang Mahakuasa, Yang Memiliki Segala Keagungan, Mahasuci Allah dari apa yang mereka persekutukan. Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Dia memiliki nama-nama yang indah. Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada-Nya. Dan Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Hasyr Ayat 22-24)
    cover bottom ayah
  • Puasa Syawal, Pahalanya Seperti Puasa Setahun Penuh
    Tausyiah
    Minggu, 24 Mei 2020 - 08:00 WIB
    Puasa Syawal adalah puasa 6 hari di bulan Syawal. Puasa ini hukukmnya sunnah. Puasa Syawal biasanya dilakukan segera setelah hari raya Idul Fitri.
  • Puasa Lahir Bathin
    Tips
    Jum'at, 01 Mei 2020 - 03:15 WIB
    Para nabi dan orang orang beriman terdahulu menjalankan puasa sebagaimana bentuk model puasa yang dikenal hingga hari ini sebagai puasa Adam, puasa Nuh, puasa Daud, dll.
  • Syarat Safar yang Bebas dari Perintah Puasa (3)
    Tips
    Jum'at, 24 April 2020 - 03:21 WIB
    Para ulama menetapkan beberapa hal yang menyebabkan status sebagai musafir itu berakhir, di antaranya ketika orang itu berhenti di suatu tempat dan berniat untuk menetap di tempat itu.
  • Hukum Menggabung Puasa Qadha Ramadhan dan Puasa Sunnah Syawal
    Tausyiah
    Senin, 16 Mei 2022 - 07:30 WIB
    Setelah puasa Ramadhan, umat muslim dianjurkan menunaikan yaitu puasa sunnah enam hari di bulan Syawal. Bolehkah menggabung niat puasa qadha dan puasa Syawal?
  • Benarkah Olahraga Berenang Bisa Membatalkan Puasa?
    Muslimah
    Minggu, 09 April 2023 - 06:07 WIB
    Menjaga tubuh tetap fit saat berpuasa sangat dianjurkan dengan tetap rajin berolahraga, salah satu olahraga yang favorit dilakukan adalah berenang. Namun, apakah aktivitas berenang membatalkan puasa?
  • Manfaat Puasa Senin Kamis dan Pahala Mengamalkannya
    Tips
    Senin, 06 September 2021 - 17:23 WIB
    Puasa Senin --Kamis merupakan puasa sunnah yang memiliki segudang manfaat. Bahkan puasa ini sangat dianjurkan Rasulullah Sholallahu Alaihi wa sallam untuk melaksanakan dan mengamalkannya secara rutin serta istiqamah.
  • Membersihkan Telinga Saat Puasa Ramadhan, Batalkah?
    Tips
    Jum'at, 23 April 2021 - 08:05 WIB
    Membersihkan telinga adalah aktivitas yang lazim dilakukan setelah mandi. Apakah membersihkan telinga ketika puasa Ramadhan membatalkan puasa?
  • Puasa Asyura: Benarkah Diadaptasi dari Praktik Yahudi?
    Tausyiah
    Senin, 16 Agustus 2021 - 14:33 WIB
    Terkait dengan puasa Asyura, terdapat asumsi bahwa ritual menahan haus dan lapar ini bukanlah tradisi orisinil umat Islam, melainkan diadaptasi dari ibadah umat Yahudi.
  • Jadwal Puasa Sunnah Bulan September 2022 Berikut Niatnya
    Tips
    Rabu, 31 Agustus 2022 - 23:19 WIB
    September 2022 bertepatan dengan bulan Safar dan Rabiul Awal 1444 Hijriyah. Meski tidak termasuk bulan haram, umat Islam tetap dianjurkan menghidupkan puasa sunnah.
  • Inilah 5 Keutamaan Puasa Syawal Menurut Hadis
    Tips
    Jum'at, 06 Mei 2022 - 09:14 WIB
    Salah satu puasa sunnah yang dianjurkan dalam Islam adalah melakukan puasa selama enam hari di bulan Syawal. Puasa ini dimulai sejak 2 Syawal atau tepat selang sehari setelah Hari Raya Idul Fitri
  • Bolehkah Menggabungkan Puasa Rajab dengan Qadha Puasa Ramadhan?
    Muslimah
    Rabu, 02 Februari 2022 - 15:15 WIB
    Mulai besok (3/2), umat Islam disunnahkan melaksanakan puasa sunnah Rajab. Namun, bolehkah melaksanakan puasa Rajab ini sekaligus menggabungkannya dengan qadha puasa Ramadhan?
  • Jadwal Puasa Sunnah Bulan Oktober 2020 dan Niatnya
    Tausyiah
    Jum'at, 02 Oktober 2020 - 18:01 WIB
    Hari ini 2 Oktober 2020 bertepatan dengan Ayyamul Biidh 14 Shafar 1442 Hijriyah. Berikut jadwal puasa sunnah di bulan Oktober dan lafaz niatnya.
  • Jadwal Puasa Sunnah Januari 2022 Berikut Niatnya
    Tips
    Sabtu, 01 Januari 2022 - 11:56 WIB
    Hari ini kita mulai memasuki Januari Tahun 2022 bertepatan dengan Sabtu, 27 Jumadil Awal 1443 Hijriyah. Berikut jadwal puasa sunnah Januari 2022 lengkap niatnya.
  • Ibadah Puasa Merupakan Perisai dari 3 Perkara yang Mengerikan
    Tausyiah
    Selasa, 22 Maret 2022 - 08:30 WIB
    Dalam Islam, ibadah puasa ternyata adalah perisai yang akan melindungi seorang hamba dari api neraka di akhirat kelak dan hal-hal buruk lainnya.
  • Bayar Utang Puasa Ramadan, Begini Bacaan Niat Puasa Qadhanya
    Tips
    Sabtu, 06 Januari 2024 - 14:31 WIB
    Bulan Ramadan tinggal beberapa bulan lagi, bagi umat muslim yang masih memiliki utang puasa diharuskan segera membayar atau menggantinya (qadha puasa).