Topik Terkait: Qadha Puasa Bagi Mayat (halaman 12)

  • Kapan Puasa Dzulhijjah...
    Tausyiah
    Kamis, 06 Juni 2024 - 12:09 WIB
    Kapan puasa Dzulhijjah dilaksanakan? Puasa Dzulhijjah dilakukan sebelum hari Raya Idul Adha, dan dianjurkan dilaksanakan mulai 9 hari pertama awal bulan Dzulhijjah
  • Doa Buka Puasa Sunnah...
    Tips
    Selasa, 22 Juni 2021 - 20:59 WIB
    Doa buka puasa sunnah maupun puasa wajib Ramadhan pada hakikatnya sama. Baik doa berbuka puasa sunnah maupun puasa fardhu sama-sama mustajab (tidak tertolak).
  • Aspek Hukum Puasa: Pengertian...
    Tausyiah
    Jum'at, 15 Maret 2024 - 08:12 WIB
    Puasa dimulai dengan terbitnya fajar, dan berakhir dengan datangnya malam. Persoalan yang juga diperbincangkan oleh para ulama adalah pengertian malam.
  • Kewajiban Puasa Ditetapkan...
    Tausyiah
    Rabu, 13 Maret 2024 - 03:00 WIB
    Ini berarti bahwa puasa Ramadan baru diwajibkan setelah Nabi SAW tiba di Madinah, karena ulama Al-Quran sepakat bahwa surat Al-Baqarah turun di Madinah.
  • Berbuka Puasa dengan...
    Tips
    Kamis, 15 April 2021 - 07:50 WIB
    Setiap kali mau berbuka puasa, maka iklan-iklan yang menggoda selera muncul di berbagai televisi. Umumnya iklan yang ada menampilkan slogan berbukalah dengan yang manis, Benarkah berbuka harus dengan yang manis?
  • Niat Puasa Bulan Rajab...
    Tausyiah
    Minggu, 22 Januari 2023 - 21:42 WIB
    Niat puasa bulan Rajab perlu diketahui kaum muslimin yang hendak menjalankan ibadah sunnah tersebut. Berikut bacaan niat puasa Rajab lengkap Arab dan latinnya.
  • Mempersiapkan dan Melatih...
    Muslimah
    Selasa, 29 Maret 2022 - 18:20 WIB
    Menjelang bulan Ramadhan, sebagai orang tua hendaknya mulai mempersiapkan dan melatih anak kecil yang belum mukallaf (baligh) untuk turut beribadah puasa wajib di bulan suci tersebut.
  • Tafsir Ayat-Ayat Puasa,...
    Tausyiah
    Selasa, 05 Maret 2024 - 13:38 WIB
    Selama sebulan penuh, bagi seorang muslim kewajiban berpuasa Ramadan harus dijalankan dengan baik dan benar. Untuk itu, umat Muslim perlu memahami ayat-ayat Al Quran yang memerintahkan kewajiban puasa Ramadan ini.
  • Keutamaan dan Keistimewaan...
    Hikmah
    Jum'at, 21 Juli 2023 - 18:48 WIB
    Ada banyak keutamaan dan keistimewaan puasa 10 Muharram atau puasa Asyura yang perlu diketahui umat Islam. Apa yang membuat hari Asyura begitu istimewa dan apa saja keutamaannya?
  • Pembatal Puasa Ramadan...
    Tausyiah
    Sabtu, 16 Maret 2024 - 13:52 WIB
    Ketika menjalankan puasa Ramadan, ada beberapa hal yang wajib diketahui terutama dalam perkara pembatal puasa wajib tersebut. Mengapa demikian?
  • Manfaat Niat Puasa Ramadan...
    Hikmah
    Kamis, 23 Maret 2023 - 00:07 WIB
    Manfaat niat puasa Ramadan sebulaan penuh perlu diketahui kaum muslim. Sebagaimana diketahui, niat puasa Ramadan ada dua versi yaitu niat harian dan niat sebulan penuh.
  • Bulan Ramadhan, Laskar...
    Dunia Islam
    Minggu, 09 Mei 2021 - 22:18 WIB
    Bulan Ramadhan dirasa menjadi momen yang pas untuk melakukan kegiatan sosial. Di antaranya dengan berbagi takjil menjelang waktu berbuka.
  • Haruskah Mengqadha Salat...
    Muslimah
    Sabtu, 27 Mei 2023 - 14:26 WIB
    Dalam Islam, seorang muslimah dilarang salat ketika haid, dan keistimewaan lagi mereka tak perlu pula mengqadha (mengganti) salat setelah mereka suci.
  • Bolehkah Puasa Muharram...
    Tips
    Selasa, 09 Agustus 2022 - 21:29 WIB
    Dalam satu kajian Buya Yahya, ada yang bertanya tentang hukum puasa Muharram. Apakah boleh kita berpuasa sebulan penuh di bulan Muharram? Berikut penjelasannya.
  • Inilah Bacaan Niat Puasa...
    Tips
    Selasa, 14 Maret 2023 - 11:37 WIB
    Sebentar lagu bulan Ramadan akan kita masuki, sebagai muslim yang akan melaksanakan ibadah puasa wajib ini diperintahkan untuk membaca niat puasanya. Bagi sebagian umat muslim khususnya yang menganut mazhab Maliki, mereka biasa mengamalkan bacaan niat puasa Ramadan sebulan penuh.
  • Hukum Menggabungkan...
    Tausyiah
    Selasa, 15 September 2020 - 17:25 WIB
    Puasa merupakan salah satu ibadah yang sangat dicintai Allah Taala. Selain menjadi benteng dari gangguan setan, puasa juga akan memberikan syafaat di hari kiamat kelak.
  • Quraish Shihab: Puasa...
    Tausyiah
    Kamis, 07 April 2022 - 15:40 WIB
    Esensi puasa adalah menahan atau mengendalikan diri. Pengendalian ini diperlukan oleh manusia, baik secara individu maupun kelompok. Latihan dan pengendalian diri itulah esensi puasa.
  • Surga Firdaus Bagi Orang...
    Muslimah
    Jum'at, 12 Februari 2021 - 10:42 WIB
    Surga itu memiliki banyak tingkatan, dan yang paling utama adalah Firdaus. Tempat dengan keutamaan yang besar ini hanya diperuntukkan bagi orang-orang yang memiliki sifat-sifat baik, di antaranya adalah menepati janji.
  • Mengapa Puasa Asyura...
    Tausyiah
    Jum'at, 05 Agustus 2022 - 18:06 WIB
    Mengapa Puasa Asyura (10 Muharram) hanya menghapus dosa satu tahun, sedangkan Puasa Arafah (9 Dzulhijjah) menggugurkan dosa 2 tahun? Berikut penjelasannya.
  • Berdoa Saat Berbuka...
    Tausiyah
    Selasa, 05 Juni 2018 - 13:00 WIB
    Berdoa saat berbuka puasa merupakan sunnah yang diajarkan Rasulullah SAW. Keutamaan berdoa saat berbuka puasa sangat dianjurkan karena doanya makbul.