Topik Terkait: Qashar Dan Jama Salat

  • Mengikuti Kebiasaan Salat Malam yang Dilakukan Rasulullah
    Tausyiah
    Sabtu, 17 Oktober 2020 - 08:25 WIB
    Salat malam merupakan amalan para nabi. Hal yang sama juga dilakukan para sahabatnya. Sepanjang malam, Nabi Muhammad SAW mendirikan salat malam dan bermunajat kepada Allah.
  • Waktu-waktu yang Diharamkan Mengerjakan Salat
    Tausyiah
    Rabu, 20 Januari 2021 - 15:22 WIB
    Mengerjakan salat di awal waktu adalah ibadah yang sangat dicintai Allah dan Rasul-Nya. Berikut waktu-waktu yang diharamkan untuk mengerjakan salat.
  • Begini Doa Setelah Salat Hajat Serta Waktu dan Tata Caranya
    Tausyiah
    Senin, 04 Januari 2021 - 06:00 WIB
    Salat hajat merupakan salah satu salat sunnah yang dilakukan dengan tujuan khusus memohon kepada Allah SWT agar mengabulkan hajat, keperluan, atau kebutuhan kita.
  • Doa dan Zikir Setelah Salat Isya Lengkap Arab dan Latin
    Tips
    Jum'at, 12 Mei 2023 - 21:11 WIB
    Berikut doa dan zikir setelah Salat Isya lengkap bacaan Arab, latin dan terjemahannya. Kaum muslim dianjurkan melazimkan zikir setiap kali selesai salat fardhu.
  • Salat Id, Tanpa Azan dan Iqamah Juga Tanpa Salat Qabliyah dan Ba’diyah
    Tips
    Kamis, 21 Mei 2020 - 16:50 WIB
    Salat Idul Fitri maupun Salat Idul Adha tidak didahului azan dan iqamah, juga tanpa salat qabliyah sebelum salat id, dan badiyah setelah salat Id.
  • Tanda-tanda Orang yang Salat Bersama Setan
    Muslimah
    Rabu, 18 November 2020 - 09:21 WIB
    Salah satu cara setan menyesatkan manusia yakni dengan melalaikan manusia dari salat. Setan akan senantiasa menggoda manusia agar salatnya tidak sempurna bahkan membujuk manusia agar ringan meninggalkan salat
  • Salat Mencegah Perbuatan Keji dan Munkar, Begini Penjelasannya
    Hikmah
    Rabu, 14 Juni 2023 - 12:49 WIB
    Allah subhanahu wa taala berfirman bahwa salat mencegah dari perbuatan keji dan munkar. Bagaimana maksud dan penjelasannya?
  • 4 Doa dan Zikir Setelah Salat Tobat Lengkap dengan Huruf Arab dan Artinya
    Tips
    Senin, 08 Mei 2023 - 14:06 WIB
    Doa dan zikir setelah salat tobat ini merupakan amalan yang sangat baik untuk memperoleh ampunan dan rahmat Allah Subhanahu wa taala
  • Sejarah Salat Tarawih dan Bacaan Niatnya
    Hikmah
    Senin, 06 Mei 2019 - 15:13 WIB
    Dalam Kitab Fiqih Imam Syafii radhiallahu anhu (RA), tarawih dalam bahasa Arab adalah bentuk jama dari tarwihatun yang berarti waktu sesaat untuk istirahat.
  • Beda Pendapat Hukum Salat Id: Sunnah, Fardhu Kifayah, dan Fardhu Ain
    Tausyiah
    Sabtu, 09 Mei 2020 - 03:06 WIB
    Idul fitri ditandai dengan salat dua rekaat, biasanya di lapangan atau di masjid. Di era corona ini, ulama menyarankan salat di rumah saja bersama keluarga. Lalu, bagaimana hukum salat id?
  • Doa dan Zikir Bada Salat Isya, Lengkap Arab dan Latinnya
    Tips
    Jum'at, 01 September 2023 - 14:43 WIB
    Doa dan zikir setelah salat Isya adalah amalan yang dianjurkan bagi umat muslim. Doa dan zikir ini bertujuan untuk memperkuat iman, mendekatkan diri kepada Allah, serta memohon ampunan dan rahmat-Nya.
  • Mengganti Salat Usai Haid, Bagaimana Aturannya?
    Muslimah
    Sabtu, 17 Oktober 2020 - 09:23 WIB
    Bila puasa wajib, maka perempuan wajib mengganti atau mengqadha puasanya itu setelah haidnya selesai. Lalu bagaimana dengan ibadah salat, apalah perempuan haid wajib menggantinya juga?
  • 13 Rukun Salat yang Wajib Dipenuhi, Apa Saja?
    Tausyiah
    Minggu, 24 Januari 2021 - 21:38 WIB
    Dalam Mazhab Syafii, rukun salat ada 13. Rukun salat ini hukumnya wajib dikerjakan. Apabila seseorang tidak mengerjakan salah satu rukun salat maka salatnya tidak sah.
  • Doa dan Zikir Setelah Salat Qobliyah Subuh Lengkap
    Tips
    Senin, 03 Juli 2023 - 14:01 WIB
    Doa dan zikir setelah salat Subuh ini hendaknya dihafal dan dipahami ketika kita akan melaksanakan salat sunah Subuh tersebut. Doa dan zikir oleh Rasulullah SAW biasa disebut dengan doa matsur atau zikir matsur.
  • Niat Salat Tarawih 11 Rakaat dan Witir Beserta Artinya
    Tips
    Selasa, 21 Maret 2023 - 11:03 WIB
    Niat salat tarawih 11 rakaat dan witir serta artinya bisa diamalkan ketika akan mengawali salat tarawih di malam pertama Ramadan.Waktu pelaksanaan salat Tarawih dimulai setelah salat Isya, berakhir sampai terbit fajar baik secara berjamaah atau dilakukan sendiri.
  • Bacaan Niat Salat Tarawih 23 Rakaat dan 11 Rakaat Berjamaah Beserta Niat Salat Witir
    Tips
    Minggu, 10 Maret 2024 - 09:34 WIB
    Bacaan niat salat Tarawih berjamaah dan Witir merupakan hal yang wajib diketahui umat muslim. Salat Tarawih umumnya dikerjakan 20 rakaat ditambah 3 rakaat salat Witir (23 rakaat). Sebagian muslim mengerjakan 8 rakaat ditambah 3 rakaat Witir (11 rakaat).
  • Hukum dan Jenis Gerak dalam Salat, Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Selasa, 27 Februari 2024 - 18:08 WIB
    Bolehkah bergerak-gerak dalam salat? Bagaimana hukumnya bila melakukan gerakan-gerakan tersebut seperti menggaruk (kukur-kukur: Jawa), merapikan pakaian, memukul nyamuk, dan lain sebagainya
  • Bacaan Zikir Setelah Salat Dhuha
    Tips
    Kamis, 21 September 2023 - 09:51 WIB
    Selain doa, ada bacaan zikir setelah salat Dhuha yang banyak keutamaan dan pahalanya bila diamalkan. Untuk bacaan zikirnya agak berbeda dengan bacaan zikir setelah salat fardhu.
  • Doa dan Dzikir Setelah Salat Taubat Bersumber dari Al-Quran dan Hadis
    Tips
    Rabu, 05 April 2023 - 10:06 WIB
    Doa dan dzikir setelah salat taubat ini merupakan amalan yang sangat baik untuk memperoleh ampunan dan rahmat Allah Subhanahu wa taala
  • Inilah Rahasia Salat Dhuha yang Perlu Diketahui Umat Muslim
    Tips
    Senin, 23 Oktober 2023 - 09:30 WIB
    Salat Dhuha merupakan ibadah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah shollallahu alaihi wasallam. Kenapa dianjurkan? Karena ternyata ada rahasia dan keutamaan yang besar dalam salat sunah ini.