Topik Terkait: Rukhsah Puasa Ibu Hamil

  • Ibu Hamil Masih Punya Utang Puasa, Wajib Qadha atau Bayar Fidyah?
    Muslimah
    Kamis, 16 Maret 2023 - 10:00 WIB
    Ibu hamil merupakan salah satu kelompok yang diperbolehkan tidak menjalankan ibadah puasa termasuk di Bulan Ramadan nanti. Tapi kalo masih ada utang puasa, bagaimana cara menggantinya?
  • Manfaat Puasa Saat Hamil : Sehat dan Bergelimang Pahala
    Muslimah
    Minggu, 13 Desember 2020 - 10:53 WIB
    Salah satu manfaat terbesar puasa adalah agar setiap orang Islam mendapat predikat muttaqin, yakni orang yang bertakwa. Karena dengan ketakwaanlah seseorang akan mendapat ridha Allah dan pahala surganya Allah Taala.
  • Puasa Ramadhan Bagi Ibu Hamil
    Tausyiah
    Sabtu, 24 April 2021 - 11:40 WIB
    Banyak yang bertanya mengenai bagaimana berpuasa bagi ibu hamil ketika Ramadhan? Kali ini akan dibahas tentang hal tersebut.
  • Puasanya Ibu Hamil dan Menyusui, Perhatikan 5 Hal Ini!
    Tips
    Jum'at, 23 April 2021 - 09:53 WIB
    Ibu hamil dan menyusui bisa menjalankan ibadah wajib ini dengan maksimal. Hanya saja, ada hal-hal yang perlu diperhatikan agar puasa bagi mereka ini dapat berjalan dengan baik.
  • Puasa Wanita Hamil Diganti Fidyah, Kapan Bayar dan Berapa Nilainya?
    Tips
    Minggu, 03 Mei 2020 - 04:15 WIB
    Wanita yang hamil atau menyusui dan mampu berpuasa, lalu ia tidak berpuasa karena khawatir terhadap kesehatan anaknya, ia berkewajiban mengqadha dan membayar fidyah.
  • Doa agar Cepat Kontraksi bagi Ibu Hamil
    Muslimah
    Kamis, 23 Desember 2021 - 10:56 WIB
    Doa agar cepat kontraksi bisa diamalkan para ibu hamil yang tengah menunggu kelahiran bayinya, namun tak kunjung mengalami kontraksi. Doa ini dianjurkan dan diajarkan Rasulullah SAW.
  • 5 Golongan yang Diperbolehkan Tidak Puasa Ramadhan
    Muslimah
    Senin, 11 April 2022 - 05:15 WIB
    Bulan suci Ramadhan, adalah waktunya bagi setiap muslim menjalankan puasa wajib. Namun demikian, ada beberapa golongan yang diperbolehkan tidak berpuasa karena alasan yang disyariatkan.
  • Inilah Pola Makan Ibu Hamil dalam Penjelasan Al-Quran
    Muslimah
    Selasa, 15 Agustus 2023 - 15:25 WIB
    Allah Subhanahu wa Taala mengabarkan bahwa pentingnya memberi asupan yang baik, bergizi, serta halal, hingga ibu harus memberikan air susu kepada bayinya selama dua tahun. Begini penjelasannya!
  • Genosida Israel di Gaza: 50.000 Ibu Hamil Menjadi Korban
    Dunia Islam
    Kamis, 25 Januari 2024 - 16:06 WIB
    Bencana kemanusiaan yang disebabkan oleh serangan militer Israel yang membabi buta terhadap warga Palestina di Gaza menyebabkan sekitar 50.000 wanita hamil menjadi korbannya.
  • Bolehkah Menggabungkan Puasa Rajab dengan Qadha Puasa Ramadhan?
    Muslimah
    Rabu, 02 Februari 2022 - 15:15 WIB
    Mulai besok (3/2), umat Islam disunnahkan melaksanakan puasa sunnah Rajab. Namun, bolehkah melaksanakan puasa Rajab ini sekaligus menggabungkannya dengan qadha puasa Ramadhan?
  • Apakah Boleh Puasa Ramadan Jika Masih Punya Utang Puasa?
    Tips
    Senin, 15 Januari 2024 - 15:02 WIB
    Apakah boleh puasa ramadhan jika masih punya utang puasa? Menurut Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah, waktu untuk membayar puasa adalah pada hari-hari lain di luar bulan Ramadan.
  • Puasa Lahir Bathin
    Tips
    Jum'at, 01 Mei 2020 - 03:15 WIB
    Para nabi dan orang orang beriman terdahulu menjalankan puasa sebagaimana bentuk model puasa yang dikenal hingga hari ini sebagai puasa Adam, puasa Nuh, puasa Daud, dll.
  • Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Februari 2024
    Tips
    Kamis, 22 Februari 2024 - 13:10 WIB
    Puasa Ayyamul Bidh adalah puasa yang disarankan bagi umat Muslim. Puasa ini dilakukan pada pertengahan bulan Hijriah, yaitu pada tanggal 13, 14, dan 15 Hijriah.
  • Melihat Bagaimana Syariat Islam Menganjurkan Pola Makan Ibu Hamil
    Muslimah
    Sabtu, 12 November 2022 - 13:20 WIB
    Seorang ibu yang sedang mengandung akan mengalami kondisi berat. Selain harus menjaga kondisinya demi keselamatan janin, si ibu juga harus menjaga asupan makanannya. Bagaimana syariat meihat kondisi ini?
  • Jenis-Jenis Puasa Sunnah, Syarat Sah, dan Rukun Puasa
    Tausyiah
    Senin, 01 Februari 2021 - 19:47 WIB
    Definisi rukun adalah: Sesuatu yang jika ia tidak ada maka suatu amalan dianggap tidak ada. Namun dengan adanya dia, belum tentu suatu amalan dianggap ada, yang ia terletak di dalam amalan.
  • Hukum Menggabung Puasa Qadha Ramadhan dan Puasa Sunnah Syawal
    Tausyiah
    Senin, 16 Mei 2022 - 07:30 WIB
    Setelah puasa Ramadhan, umat muslim dianjurkan menunaikan yaitu puasa sunnah enam hari di bulan Syawal. Bolehkah menggabung niat puasa qadha dan puasa Syawal?
  • Tiga Pendapat Soal Ruhsoh Puasa bagi Perempuan Hamil
    Muslimah
    Minggu, 13 Desember 2020 - 08:01 WIB
    Dalam Islam, puasa bagi muslimah hamil sebenarnya tidak lagi menjadi kewajiban mutlak. Islam memberikan keringanan agar muslimah hamil tersebut tetap dalam kondisi yang sehat. Karena dikhawatirkan akan mempengaruhi kandungannya.
  • Besok Puasa Asyura, Ketahui 10 Point Penting Keistimewaannya
    Hikmah
    Kamis, 27 Juli 2023 - 13:37 WIB
    Besok, Jumat (28/7) atau bertepatan dengan tanggal 10 Muharram, umat Islam dianjurkan melaksanakan puasa sunah Asyura. Sebagai muslim, kita perlu mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan Puasa Asyura berikut hikmahnya.
  • Manfaat Puasa Senin Kamis dan Pahala Mengamalkannya
    Tips
    Senin, 06 September 2021 - 17:23 WIB
    Puasa Senin --Kamis merupakan puasa sunnah yang memiliki segudang manfaat. Bahkan puasa ini sangat dianjurkan Rasulullah Sholallahu Alaihi wa sallam untuk melaksanakan dan mengamalkannya secara rutin serta istiqamah.
  • Beda Pendapat Hukum Bekam, Batalkan Puasa atau Tidak?
    Tausyiah
    Senin, 04 April 2022 - 13:50 WIB
    Hijamah atau bekam berarti penyedotan (darah) dengan membuat irisan kecil pada permukaan kulit secara sengaja. Lalu, apakah bekam membatalkan puasa atau tidak?