Topik Terkait: Sunan Gunung Jati (halaman 3)

  • Syarif Hidayatullah, Putra Mahkota Mesir yang Meninggalkan Tahtanya
    Hikmah
    Selasa, 27 April 2021 - 15:45 WIB
    Dalam usia muda Syarif Hidayatullah ditinggal mati oleh ayahnya. Ia ditunjuk untuk menggantikan kedudukannya sebagai Raja Mesir, tapi anak muda yang masih berusia 20 tahun itu menolak.
  • Proses Pembuatan Bahtera Nabi Nuh dari Kayu Jati Butuh Waktu 400 Tahun
    Hikmah
    Minggu, 26 Desember 2021 - 18:26 WIB
    Bahan baku bahtera Nuh dari pohon jati usia 40 tahun. Proses pembuatan bahtera itu, menurut Salman al-Farisi, membutuhkan waktu selama 400 tahun.
  • Wukuf di Arafah, Momen Menemukan Kembali Jati Diri
    Tausiyah
    Jum'at, 16 Agustus 2019 - 06:37 WIB
    Arafah menjadi sangat penting karena dengannya manusia akan tersadarkan. Wukuf di Arafah merupakan momen menemukan kembali jati diri manusia.
  • Kaki Gunung Hail di Arab Saudi, Bukan Sekadar Gurun
    Dunia Islam
    Selasa, 23 Mei 2023 - 08:43 WIB
    Arab Saudi tak gersang lagi. Di wilayah Hal menawarkan pemandangan ngarai, dataran, gurun Al-Nafud, dan kaki gunung yang indah. Wilayah ini terletak di barat laut Arab Saudi.
  • Apakah Walisongo Keturunan Nabi Muhammad SAW? Berikut Nasab Lengkapnya
    Hikmah
    Selasa, 23 Agustus 2022 - 14:29 WIB
    Apakah Walisongo keturunan Nabi Muhammad SAW? Habib Luthfi bin Yahya menyebut para Walisongo adalah keturunan habaib dari marga Adzmatkhan. Garis keturunan para wali dari Fathimah ra
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Putra Adipati Itu Perampok yang Rajin Membaca Al-Quran
    Hikmah
    Senin, 14 Desember 2020 - 05:00 WIB
    Orang tua mana yang tak terpukul batinnya mengetahui anak dambaan hati tiba-tiba berbuat jahat dan menghancurkan nama dan masa depannya sendiri. Tapi itulah peristiwa yang harus dialami Raden Said.
  • Kisah Bahtera Nuh: Ditemukan Ada Kehidupan di Puncak Gunung Ararat Tahun 5500 hingga 3000 SM
    Hikmah
    Senin, 04 Desember 2023 - 16:17 WIB
    Inti dari penemuan ini terletak pada formasi Durupinar, yang terletak di distrik Do?ubayaz?t di A?r?, Turki, terletak kurang dari dua mil dari perbatasan Iran-Turki.
  • Bau Busuk dan Angkernya Kuburan Abu Lahab, Paman Sekaligus Musuh Nabi SAW
    Hikmah
    Senin, 01 Maret 2021 - 05:00 WIB
    Paman Nabi ini mati secara mengenaskan. Sebelum mati, ia menderita sakit parah yang menebarkan aroma busuk sehingga tak ada yang sudi mendekatinya. Bagaimana kondisi kuburannya kini?
  • Kiamat Sudah Dekat (3): Sungai Eufrat Mengering dan Gunung Emas Itu Nyata
    Tausyiah
    Rabu, 17 Maret 2021 - 05:00 WIB
    Di sisi lain, pada Februari kemarin, muncul gunung emas di Kongo. Inilah yang mengundang sebagian umat Islam untuk mengaitkan dua perisiwa tersebut sebagai tanda bahwa dunia akan segera fana.
  • Renungan: Meraih Suksesi, Belajar dari Pohon Jati
    Hikmah
    Rabu, 14 April 2021 - 05:22 WIB
    Endapkanlah energi spiritualmu agar kemegahan Allah mengalir dalam diri kita, untuk mencegah masuknya serangga laknat itu... Bahkan dengan diam, kalian pun akan bermanfaat bagi siapa pun.
  • Ngaji Gus Baha Terbaru: Sunan Kalijaga Pelopor Jawanisasi Islam
    Tausyiah
    Jum'at, 03 September 2021 - 17:37 WIB
    Gus Baha menjelaskan strategi dakwah Sunan Kalijaga yang terkadang tak seirama dengan para wali lainnya. Sunan Kalijaga lebih mengedepankan jawanisasi Islam untuk berdakwah pada masyarakat awam.
  • Syekh Subakir Meruqyah Gunung Tidar: Makhluk Ghaib Ngungsi ke Pantai Selatan
    Hikmah
    Senin, 04 Oktober 2021 - 16:47 WIB
    Khusus untuk kawasan bagian tengah Syeikh Subakir memilih menumbali kawasan Gunung Tidar yang letaknya tidak jauh dengan pusat peradaban Mataram Kuno
  • Nabi Sulaiman Kendarai Kuda ke Langit Dibantu Kumpulan Angin yang Menyerupai Gunung
    Hikmah
    Selasa, 21 Desember 2021 - 05:15 WIB
    Allah SWT memberi kemampuan kepada Nabi Sulaiman untuk menundukkan angin agar dapat membantu kepentingannya. Suatu ketika Nabi Sulaiman mengumpulkan angin menyerupai gunung.
  • Kiamat Sudah Dekat (1): Tanda Itu Datang dari Sungai Eufrat dan Kongo
    Hikmah
    Senin, 15 Maret 2021 - 16:36 WIB
    Sekira 4.774 km dari Sungai Eufrat, tepatnya di wilayah Republik Kongo, Afrika, ribuan orang berbondong-bondong menyerbu sebuah gunung emas di Luhihi, di Provinsi Kivu Selatan.
  • Islam Masuk ke Jawa:  Kisah Sultan Al-Ghabbah Sampai Ruqyah Syaikh Subakir
    Hikmah
    Rabu, 23 Desember 2020 - 05:00 WIB
    Sultan Al-Ghabbah mengutus Syaikh Baqir ke tanah Jawa untuk meruqyah tanah Jawa sebagai awal pembuka jalan dakwah, dan menghilangkan anasir-anasir jahat akibat dominasi jin dan siluman.
  • Pura-pura Masuk Islam Raja Blambangan Prabu Menak Sembuyu, Syaikh Maulana Ishaq Hijrah
    Hikmah
    Kamis, 07 Januari 2021 - 19:00 WIB
    Pasangan ini hidup berbahagia. Tapi hal itu tidak berlangsung lama. Sejak terjadinya keributan pada jamuan makan itu Patih Bajul Sengara meniupkan isu jahat kepada Prabu Menak Sembuyu.
  • Jasa Besar Sunan Giri, Jadi Hakim Kasus Syeikh Siti Jenar
    Hikmah
    Jum'at, 22 Januari 2021 - 17:02 WIB
    Pemberontakan Trunojoyo itu dilakukan karena tindakan sewenang-wenang dari Sunan Amangkurat I yang pernah menumpas dan membunuh 6000 ulama ahlusunnah wal jamaah.
  • Kuburan Busuk Abu Lahab: Begini Bengisnya Keluarga Si Gendut Ini kepada Nabi SAW
    Hikmah
    Selasa, 02 Maret 2021 - 05:00 WIB
    Abu Lahab dan istrinya, Ummu Jamil, berang. Mereka meminta kedua putranya agar menceraikan putri-putri Rasulullah SAW. Haram jika kalian berdua tidak menceraikan kedua putri Muhammad!
  • Masjid Tiban Ngawen, Masjid Terkecil Peninggalan Sunan Kalijaga dengan Pondasi Pantek Kayu Tanpa Paku
    Dunia Islam
    Selasa, 12 Maret 2024 - 10:39 WIB
    Masjid Tiban Ngawen di Jurangjero, Gunungkidul merupakan masjid terkecil peninggalan Sunan Kalijaga yang dibangun dengan pondasi pantek kayu dan tanpa paku.
  • Kisah Bahtera Nuh Berlabuh di Gunung Judi pada 10 Muharam
    Hikmah
    Rabu, 19 Juli 2023 - 10:14 WIB
    Bahtera Nuh berlabuh pada tanggal 10 Muharam, setelah selama 150 hari air menggenangi bumi. Menurut al-Quran pada surat Hud ayat 44 tempat berlabuh bahtera Nuh itu adalah di Gunung Joudi.