Topik Terkait: Tafsir Ayat Kursi (halaman 7)

  • Doa Menempati Rumah...
    Tips
    Jum'at, 07 Januari 2022 - 16:27 WIB
    Doa menempati rumah baru agar rumah tersebut tidak ditempati setan duluan adalah dengan membaca Surat Al-Baqarah dan doa-doa lainnya. Cara demikian merupakan sunnah Nabi SAW.
  • Fadhillah Luar Biasa...
    Tips
    Rabu, 09 Juni 2021 - 11:01 WIB
    Membiasakan bangun malam dan membaca 100 ayat Al-Quran dalam shalat malam, ternyata memiliki fadhillah luar biasa. Apa saja fadhillah dan keutamaannya? Bagaimana pula mempraktekkannya?
  • Dampak Luar Biasa bagi...
    Muslimah
    Senin, 16 Mei 2022 - 09:04 WIB
    Rumah yang sering dibacakan ayat-ayat Al-Quran akan memiliki dampak yang luar biasa. Hal itu diisyaratkan oleh seorang sahabat Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam yakni Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu.
  • Tadabur Al-Quran Surat...
    Hikmah
    Selasa, 22 Agustus 2023 - 17:21 WIB
    Tadabur Surat Al-Kautsar ayat 1 perlu diketahui kaum muslim. Surat yang terdiri 3 ayat ini termasuk golongan surat Makkiyyah diturunkan sesudah Surat Al-Aadiyaat.
  • Tafsir Surat Al-Kahfi...
    Tausyiah
    Jum'at, 24 Juni 2022 - 15:54 WIB
    Ashabul Kahfi tidur dalam gua selama 300 tahun menurut perhitungan ahli kitab berdasarkan tahun syamsiah atau 309 tahun menurut perhitungan orang Arab berdasar bilangan tahun qamariah.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Memperoleh Rezeki yang...
    Hikmah
    Senin, 24 Juli 2023 - 13:28 WIB
    Surat Saba ayat 39 bisa menjadi doa agar memperoleh rezeki yang berkah. Adapun caranya yaitu dengan membaca Surat Saba ayat 39 secara konsisten, terutama setelah salat fardhu.
  • Metode dan Problem Tafsir...
    Tausyiah
    Rabu, 31 Mei 2023 - 05:15 WIB
    Para ulama sepakat bahwa mukjizat utama Al-Quran yang diperhadapkan kepada masyarakat yang ditemui Rasulullah SAW adalah dari segi bahasa dan sastranya.
  • Surat Al-Mulk Ayat 20:...
    Hikmah
    Kamis, 08 Desember 2022 - 21:30 WIB
    Lagi-lagi Allah memperingatkan orang-orang kafir Mekkah yang durhaka kepada-Nya. Pada Surat Al-Mulk ayat 20 ini, Allah menyatakan bahwa kaum kafir dalam (keadaan) tertipu.
  • Sifat Allah yang Tertuang...
    Hikmah
    Senin, 27 November 2023 - 09:40 WIB
    Surat Yasin dianggap sebagai jantung Al-Quran karena keutamaannya yang luar biasa. Rasulullah SAW telah menyebutkan bahwa membaca Surat Yasin memiliki pahala yang besar bagi pembacanya
  • Tafsir Al-Mulk Ayat...
    Tausyiah
    Kamis, 29 Desember 2022 - 23:43 WIB
    Tiga karunia Allah untuk manusia yaitu: telinga, mata dan hati nurani disebutkan dalam Surat Al-Mulk ayat 23. Karunia Allah ini sering tidak disyukuri oleh manusia.
  • Tadabbur An-Nur Ayat...
    Tausyiah
    Senin, 18 Desember 2023 - 09:59 WIB
    Tadabbur ayat An-Nur kali ini berisi perintah untuk menikah, dan dalam urusan pernihakan ini Islam menganjurkan untuk mempermudah dan tidak dipersulit.
  • Rezeki dalam Pandangan...
    Hikmah
    Selasa, 20 Agustus 2024 - 13:10 WIB
    Jika ingin mengetahui hakikat rezeki, kita dapat mentadaburi Surat Ar-Rad Ayat 26. Bagaimana sebenarnya penjelasan atau hakikat rezeki ini?
  • Surat Al-Hasyr Ayat...
    Hikmah
    Selasa, 15 Agustus 2023 - 12:26 WIB
    Surat Al-Hasyr ayat 21 sampai 24, misalnya, dapat dijadikan doa untuk mengusir jin jahat. Adapun caranya yaitu dengan membaca ayat tersebut secara istikamah.
  • Surat Al Fil Full Arab...
    Tips
    Selasa, 09 Juli 2024 - 16:03 WIB
    Surat Al Fiil full arab saja termuat dalam artikel ini. Surah Al Fiil menjadi salah satu suratan pendek yang kerap dibaca ketika menunaikan salat fardhu maupun sunnah.
  • Tafsir Al-Mulk Ayat...
    Hikmah
    Senin, 09 Januari 2023 - 23:39 WIB
    Sebuah pelajaran berharga dapat kita ambil dalam Surat Al-Mulk ayat 28. Ayat ini menceritakan jawaban Nabi Muhammad SAW terhadap sikap dan ucapan kaum musyrik Mekkah.
  • 10 Ayat Terakhir Surat...
    Tips
    Senin, 05 Agustus 2024 - 16:47 WIB
    Surat An-Naba terdiri dari 40 ayat, dan tergolong surat-surat Makkiyyah. Surat ini mengandung banyak keuatamaan bagi yang membacanya.
  • Tafsir Surat Al-Mulk...
    Tausyiah
    Selasa, 01 November 2022 - 22:41 WIB
    Surat Al-Mulk merupakan salah satu surat terbaik Al-Quran yang di dalamnya banyak nasihat. Berikut ulasan tafsir Surat Al-Mulk ayat 2 yang menerangkan tujuan hidup manusia.
  • Fadhilah Surat Yasin...
    Tausyiah
    Selasa, 20 Desember 2022 - 11:30 WIB
    Fadhilah surat Yasin ayat 82 sangat banyak. Sering membaca surah Yasin atau kalimat kun fayakun, akan memberikan banyak manfaat layaknya manfaat membaca Al Quran pada orang yang membacanya.
  • Ayat Tentang Utang Piutang...
    Tausyiah
    Jum'at, 30 Juli 2021 - 11:23 WIB
    Ayat tentang utang piutang di Surat Al-Baqarah, tepatnya pada ayat 282-283, menjadi pedoman bagi kita untuk urusan tersebut. Apa saja yang diatur soal utang piutang dalam Islam?
  • Bacaan Ayat 1000 Dinar...
    Tips
    Selasa, 15 Agustus 2023 - 11:25 WIB
    Bacaan ayat 1000 Dinar ini penting diketahui dan diamalkan umat muslim karena memiliki manfaat dan keutamaan luar biasa. Ayat 1000 Dinar adalah dua ayat yang terdapat pada Surat At-Thalaq ayat 2-3