Topik Terkait: Tahun Ajaran Baru (halaman 5)

  • Al-Quran: Binatang yang...
    Tausyiah
    Selasa, 18 Juni 2024 - 16:44 WIB
    Ringkasnya, menurut Al-Quran, secara global (ijmal) binatang yang diharamkan itu ada empat macam, dan kalau diperinci menjadi sepuluh. Begini penjelasannya.
  • Inilah Kalimat yang...
    Tausyiah
    Rabu, 24 Juni 2020 - 20:39 WIB
    Seandainya pohon-pohon di bumi menjadi pena dan lautan (menjadi tinta), ditambahkan kepadanya tujuh lautan (lagi), niscaya tidak akan habis-habisnya (dituliskan) kalimat Allah.
  • Idries Shah: Ada Hubungan...
    Hikmah
    Kamis, 25 Agustus 2022 - 14:17 WIB
    Sebenarnya selama 1000 tahun telah berlangsung pertukaran gagasan yang intens antara para sufi dan mistik Hindu sebelum sarjana Barat tertarik pada mistisisme India.
  • Penyakit Jiwa: Ini Mengapa...
    Tausyiah
    Sabtu, 27 Juli 2024 - 16:30 WIB
    Al-Quran Al-Karim memang banyak berbicara tentang penyakit jiwa. Mereka yang lemah iman dinilai oleh Al-Quran sebagai orang yang memiliki penyakit di dalam dadanya.
  • Ini Perbedaan Paham...
    Tausyiah
    Rabu, 12 Juli 2023 - 05:15 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengatakan jika paham ekonomi materialis liberal mengkultuskan kebebasan individu maka paham ekonomi sosialis juga memiliki pandangan tersendiri.
  • Hadis tentang Fii Sabilillaah...
    Tausyiah
    Sabtu, 06 April 2024 - 13:42 WIB
    Mereka adalah para pasukan perang yang tidak punya hak dari baitul mal. Adapun Imam Ahmad, al-Hasan dan Ishaq mengatakan bahwa orang yang berhaji termasuk dalam fii sabilillaah, berdasarkan sebuah hadis.
  • Main Anggar: Salah Satu...
    Tausyiah
    Kamis, 06 Juni 2024 - 14:59 WIB
    Rasulullah SAW telah memberi perkenan kepada orang-orang Habasyah (Ethiopia) bermain anggar di dalam Masjid Nabawi, dan ia pun memberi perkenan pula kepada Aisyah untuk menyaksikan permainan itu.
  • Prinsip Ahlus Sunnah...
    Tausyiah
    Sabtu, 24 Februari 2024 - 15:30 WIB
    Syaikh Shalih bin Fauzan Al-Fauzan menjelaskan iman kepada malaikat, yakni membenarkan adanya para malaikat, dan bahwasanya mereka itu adalah makhluk dari sekian banyak makhluk Allah.
  • Bacaan Talqin Sakaratul...
    Tips
    Jum'at, 23 Agustus 2024 - 18:08 WIB
    Bacaan talqin sakaratul maut adalah kalimat tahlil, lailaha illaallah. Rasulullah SAW menganjurkan kepada keluarga atau orang terdekat untuk menalqin atau menuntun kalimat tauhid secara perlahan di telinga orang sekarat.
  • Nasihat Buya Yahya yang...
    Tausyiah
    Kamis, 20 Agustus 2020 - 15:59 WIB
    Dai yang juga Pengasuh Lembaga Pengembangan Dakwah Al-Bahjah Cirebon Buya Yahya Zainul Maarif menyampaikan nasihat menggugah hati menyambut Tahun Baru Islam 1442 Hijriyah di Cirebon, Jawa Barat.
  • Beberapa Inti Pokok...
    Tausyiah
    Selasa, 07 Februari 2023 - 05:15 WIB
    Sesungguhnya letak keunggulan sistem Imam Asyari atas lainnya ialah segi metodologinya, yang dapat diringkaskan sebagai jalan tengah antara berbagai ekstremitas.
  • Islam Itu Unik, Siapa...
    Tausyiah
    Kamis, 07 Januari 2021 - 17:00 WIB
    Islam memang unik dan Istimewa. Dari sudut mana saja kita bahas akan menarik dan membuat hati kita semakin jatuh cinta dan bangga.
  • Seorang Ayah Tidak Dibenarkan...
    Tausyiah
    Senin, 16 September 2024 - 06:22 WIB
    Seorang ayah tidak dibenarkan menghalangi warisan untuk sebagian anaknya. Dia tidak dibenarkan menghalangi waris untuk anak-anaknya yang perempuan atau menghalang waris untuk anak-istrinya yang tidak berada di sampingnya.
  • 3 Hal yang Dapat Mengeluarkan Muslimah...
    Tausyiah
    Selasa, 13 Agustus 2024 - 21:47 WIB
    Pertama, ghadh-dhul Bashar (menundukkan pandangan), sebab perhiasan perempuan yang termahal ialah malu, sedang bentuk malu yang lebih tegas ialah: menundukkan pandangan.
  • Perhiasan Perempuan...
    Tausyiah
    Jum'at, 09 Agustus 2024 - 15:50 WIB
    Perhiasan perempuan yang boleh tampak dan yang tidak boleh, berhubungan dengan masalah menundukkan pandangan yang oleh dua ayat di surah an-Nur 30-31, Allah perintahkan kepada laki-laki dan perempuan.
  • Begini Doa Keberkahan...
    Tausyiah
    Kamis, 25 Februari 2021 - 06:37 WIB
    Inti dari doa untuk kelahiran anak adalah memohonkan keberkahan dan kebaikan untuk anak dan orang tuanya. Tidak ada lafadz yang menjadi ketentuan khusus dalam hal ini.
  • Doktrin Zionis: Begini...
    Dunia Islam
    Selasa, 17 Oktober 2023 - 16:50 WIB
    Zionis memperoleh kaidah-kaidah pemikirannya dari Talmud dan Protocols of Zion. Tak sedikit pihak yang berpendapat bahwa Talmud adalah kitab suci yang telah dirusak dan diubah oleh orang-orang Yahudi.
  • Fungsi Manusia sebagai...
    Tausyiah
    Rabu, 24 Juli 2024 - 14:55 WIB
    Dalam pandangan akhlak Islam, tidak dibenarkan mengambil buah sebelum matang, atau memetik bunga sebelum mekar, karena hal ini tidak memberi kesempatan kepada makhluk untuk mencapai tujuan penciptaannya.
  • Debat Capres Cawapres:...
    Hikmah
    Senin, 22 Januari 2024 - 08:20 WIB
    Debat yang tercela dalam Islam adalah suatu perbedatan yang tidak memakai dasar ilmu, tanpa dalil, dan sepenuhnya subjektif. Debat yang tercela adalah debat yang lebih mengutamakan otot, bukannya argumen.
  • Lafaz Niat Puasa 1 Muharram...
    Tips
    Jum'at, 05 Juli 2024 - 09:10 WIB
    Lafaz atau bacaan niat puasa 1 Muharram penting untuk diketahui dan diamalkan kaum muslimin. Bulan Muharram merupakan salah satu dari empat bulan mulia dalam Islam.