Topik Terkait: Tradisi Ganti Nama (halaman 7)

  • Ragam Tradisi di Daerah...
    Dunia Islam
    Senin, 04 Maret 2024 - 09:54 WIB
    Masyarakat Indonesia menyambut bulan suci Ramadan dengan beragam tradisi. Shabri Shaleh Anwar dalam buku berjudul Ramadhan Pembangkit Esensi Insan menyebutkan beberapa tradisi tersebut
  • Apakah Boleh Menikah...
    Hikmah
    Senin, 08 Juli 2024 - 15:15 WIB
    Apakah boleh menikah di Bulan Suro? Pertanyaan ini banyak ditanyakan oleh umat muslim, terutama yang berada di Pulau Jawa. Karena Bulan Suro dikenal sebagai bulan keramat oleh masyarakat Pulau Jawa.
  • Al-Walid Bin Al-Mughirah,...
    Hikmah
    Kamis, 17 Februari 2022 - 18:03 WIB
    Al-Walid ibn Al-Mughirah adalah tokoh sepuh Quraisy, penentang dakwah Rasulullah SAW pada masa-masa awal kenabian. Ada lebih dari 100 ayat dalam Al-Quran yang membicarakan dirinya.
  • Pendapat Sejumlah Ulama...
    Dunia Islam
    Senin, 25 September 2023 - 16:30 WIB
    Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW biasanya dilakukan oleh masyarakat dari berbagai kalangan dengan berkumpul di suatu tempat. Berikut ini pendapat sejumlah ulama tentang hukum tradisi ini.
  • Peringati Maulid Nabi,...
    Dunia Islam
    Jum'at, 21 Oktober 2022 - 18:04 WIB
    Pengurus JATMAN DKI Jakarta menggelar Halaqah Alim Ulama dan Masyayikh Thoriqoh Al-Mutabarah An-Nahdliyah se-DKI Jakarta dalam rangka memeriahkan Ihtifal Maulid Rasulullah SAW akhir pekan lalu.
  • Konspirasi Yahudi: Kisah...
    Dunia Islam
    Selasa, 28 November 2023 - 05:15 WIB
    Rothschild menyinggung perlunya Konspirasi mendirikan organisasi sejenis Freemasonry lain The Grand Eastern Lodges yang dikelola langsung oleh Konspirasi, yang kemudian diberi nama The Blue Masonry.
  • Sejarah Kue Apem: Apa...
    Dunia Islam
    Selasa, 22 Maret 2022 - 17:09 WIB
    Sejarah kue apem dan hubungannya dengan Sunan Gunung Jati bukanlah sesuatu yang mengada-ada. Tradisi di bulan Safar di Cirebon yang melibatkan kue apem dilakukan sejak zaman Sunan Gunung Jati.
  • Ciri-Ciri Nabi Isa Al...
    Hikmah
    Kamis, 13 Juli 2023 - 09:31 WIB
    Nabi Isa merupakah salah satu nabi dan Rasul yang diutus oleh Allah SWT untuk menyampaikan risalah-Nya kepada Bani Israil. Nabi Isa Alaihissalam sendiri bernama Isa Ibni Maryam atau dikenal dengan Isa Al-Masih.
  • Nama-nama Rasulullah...
    Hikmah
    Kamis, 30 Januari 2020 - 22:43 WIB
    Banyaknya nama menunjukkan mulianya si pemilik nama tersebut sebagaimana Allah Taala memiliki banyak nama-nama indah. Demikian halnya Nabi Muhammad SAW.
  • Peringatan Maulid Nabi...
    Hikmah
    Sabtu, 09 Oktober 2021 - 17:02 WIB
    Pelaksanaan Maulid Nabi sudah dilaksanakan sejak ribuan tahun lalu oleh Umat Islam di dunia. Benarkan tradisi peringatan maulid awalnya digagas kelompok Syiah?
  • Ini Mengapa Rasulullah...
    Hikmah
    Senin, 05 Desember 2022 - 14:29 WIB
    Sejarah mencatat bahwa kota tempat hijrah Nabi Muhammad SAW itu bernama Yathrib. Pada era Islam, Rasulullah SAW mengganti nama kota ini menjadi Madinah. Apa sejatinya makna Madinah itu?
  • Polemik Salafi: Benarkah...
    Dunia Islam
    Selasa, 01 November 2022 - 13:27 WIB
    Prof Mahfud MD menilai paham Wahabi dan Salafi tak cocok dengan tradisi Islam yang ada di Indonesia. Benarkah? Lalu apa sejatinya Salafi itu? Berikut penjelasan al-Qardhawi.
  • Doa agar Allah Menghapus...
    Tips
    Selasa, 25 Juli 2023 - 13:27 WIB
    Ada doa untuk menghapus nama kita dan orang tua kita yang tercantum dalam daftar ahli neraka . Doa ini, dianjurkan diperbanyak pada bulan Ramadan nanti. Kenapa demikian?
  • Menduga Tradisi Pernikahan...
    Dunia Islam
    Kamis, 01 Juni 2023 - 09:29 WIB
    Hari ini, Kamis 1 Juni 2023, adalah hari pernikahan Putra Mahkota Hussein bin Abdullah II dari Yordania dengan Rajwa Al-Saif dari Arab Saudi. Lalu tradisi mana yang dipilih?
  • Doa untuk Menghapus...
    Tips
    Selasa, 07 Maret 2023 - 13:16 WIB
    Ada doa untuk menghapus nama kita dan orang tua kita yang tercantum dalam daftar ahli neraka. Doa ini, dianjurkan diperbanyak pada bulan Ramadan nanti. Kenapa demikian? Karena Ramadan, merupakan bulan ampunan bagi hamba-hamba allah yang mau bertaubat.
  • Gambaran Kenikmatan...
    Tausyiah
    Kamis, 20 Oktober 2022 - 16:40 WIB
    Surga terbagi kepada tujuh atau delapan tingkat, begitu pula neraka. Namun sebenarnya nama-nama surga dalam Al-Quran tidak terbatas pada tujuh tingkatan tersebut.
  • Siapa Nama Asli Habib...
    Dunia Islam
    Kamis, 11 Januari 2024 - 10:10 WIB
    Habib Kuncung merupakan salah satu ulama besar yang berdakwah di zaman Belanda. Makamnya sendiri terletak di Jalan Rawajati Timur II, Pancoran, Jakarta Selatan
  • Meriam Berbuka Puasa:...
    Tausyiah
    Jum'at, 22 Maret 2024 - 02:00 WIB
    Meriam memiliki daya tarik yang kuat bagi masyarakat, ketika seseorang membawa kembali sebuah tradisi dari tanah airnya, maka secara alami orang lain akan tertarik dan ingin mempelajarinya lebih lanjut
  • Mengenal 7 Nama Pasukan...
    Tips
    Jum'at, 26 November 2021 - 09:22 WIB
    Setidaknya ada 7 nama pasukan iblis yang bisa dikenali. Menurut Imam Mujahid, mereka ini bekerja sesuai bidangnya masing-masing untuk mengganggu manusia.
  • Diselamatkan dari Neraka...
    Hikmah
    Rabu, 13 Desember 2023 - 13:21 WIB
    Tak terhitung banyaknya riwayat-riwayat yang ditulis para Ulama terkait kemuliaan nama Nabi Muhammad atau keberkahan orang yang memiliki nama sama dengan nama Muhammad.