Topik Terkait: Zakat Di Era Digital (halaman 476)

  • Niat Puasa Qadha dan...
    Tips
    Minggu, 17 September 2023 - 17:41 WIB
    Niat puasa qadha atau niat puasa ganti (bayar utang puasa ramadhan) dibaca ketika usai sahur. Menjalankan puasa qadha ini tidak ada bedanya dengan puasa pada bulan Ramadan dan dilaksanakan di bulan apa saja selain Ramadan, termasuk di bulan Rabiul Awal ini.
  • 5 Manfaat Puasa Daud...
    Tips
    Senin, 18 September 2023 - 10:42 WIB
    Manfaat puasa Daud bagi kesehatan tubuh ternyata banyak sekali. Ibadah puasa ini adalah ibadah yang dijalankan Nabi Daud sepanjang hayatnya, dengan berpuasa selang seling dengan jeda satu hari saja.
  • Doa ketika Ragu Akan...
    Tips
    Senin, 18 September 2023 - 16:15 WIB
    Dalam kitab Qamiut Thughyan disebutkan jika kita mengalami masalah seperti itu kita dianjurkan untuk membaca doa yang dibaca oleh Syaikh Syarani
  • Mesir dan Arab Saudi...
    Dunia Islam
    Selasa, 19 September 2023 - 16:56 WIB
    Mesir, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab (UEA) mengutuk penyerbuan Masjid Al-Aqsa yang dilakukan oleh ratusan pemukim Yahudi di bawah perlindungan pasukan Israel.
  • Kelahiran Nabi Muhammad...
    Hikmah
    Rabu, 20 September 2023 - 19:06 WIB
    Tidak seperti malam-malam biasanya yang gelap gulita, cahaya terang mengiringi kelahiran sosok mulia, Muhammad Al-Musthafa di sebuah rumah tak jauh dari Baitullah.
  • Akhir Zaman, Bumi Akan...
    Hikmah
    Kamis, 21 September 2023 - 05:10 WIB
    Pandangan Islam tentang akhir zaman cukup komprehensif. Banyak isyarat dan tanda-tanda telah dinubuwahkan Nabi ? sebagai peringatan bagi umat manusia.
  • Pengin Rezeki Lancar?...
    Tips
    Kamis, 21 September 2023 - 10:17 WIB
    Setiap manusia yang terlahir ke dunia sudah dilengkapi dengan rezeki masing-masing. Akan tetapi, ada amalan yang dapat memudahkan datangnya rezeki kepada kita yang tentu saja sesuai dengan aturan-aturan syariat yang Allah Taala tetapkan.
  • Keutamaan Surat Al Anfal...
    Hikmah
    Jum'at, 22 September 2023 - 10:41 WIB
    Keutamaan surat Al Anfal penting untuk diketahui umat muslim, karena khasiat dan keutamaan surat Al-Anfal ini dapat menjadi wasilah agar pembacanya dicintai oleh semua orang.
  • Begini Pengertian Rafidah...
    Dunia Islam
    Minggu, 24 September 2023 - 19:59 WIB
    Sebagian umat Islam seringkali mencampuradukkan antara al-rafadh (berpaham Rafidhah) dan al-tasyayyu (berpaham Syiah). Ini disebabkan ketidakpahaman tentang akidah mereka sendiri.
  • Mengenal 4 Macam Ilmu...
    Hikmah
    Senin, 25 September 2023 - 19:50 WIB
    Dalam Islam, ilmu fiqih hendaknya dipelajari oleh kaum muslimin. Apa sebenarnya fiqih ini dan bagaimana pengertiaannya? Selain itu, adakah dalil yang mengharuskan belajar fiqih ini?
  • Doa Nabi Ibrahim agar...
    Tips
    Selasa, 26 September 2023 - 10:00 WIB
    Nabi Ibrahim bermohon agar dianugerahi hikmah. Dalam hubungannya dengan kepribadian orang yang saleh, hikmah diartikan sebagai petunjuk Tuhan dalam beramal.
  • Mengenali Kepercayaan...
    Hikmah
    Selasa, 26 September 2023 - 10:16 WIB
    Kaum Rafidhah meyakini, Allah mengalami bada. Bad adalah pengetahuan Tuhan tentang sesuatu yang sebelumnya tidak Dia mengerti. Ini menyebabkan Tuhan harus mengubah kepastian atau takdirnya
  • Hal yang Diharamkan...
    Tausyiah
    Selasa, 26 September 2023 - 15:05 WIB
    Hadis tersebut berisi kewajiban menjauhi keharaman-keharaman Allah karena itu adalah area larangan dan batasan yang digariskan Allah kepada hamba-Nya.
  • Dua Cara Menjawab Adzan...
    Tips
    Rabu, 06 September 2023 - 13:03 WIB
    Menjawab Adzan termasuk perkara yang sangat dianjurkan dalam Islam. Ada dua cara menjawab panggilan Adzan sebagaimana dijelaskan oleh para Ulama.
  • Jarang Diketahui, Ini...
    Tausyiah
    Jum'at, 08 September 2023 - 21:37 WIB
    Setelah sholat Jumat ditunaikan, kaum mukmin diizinkan oleh Allah untuk melakukan jual beli. Ternyata di dalamnya terdapat hikmah dan keutamaan.
  • Berikut Ini Golongan...
    Tausyiah
    Minggu, 10 September 2023 - 12:04 WIB
    Mereka yang layak disebut kafir ialah orang yang dengan terang-terangan tanpa malu menentang dan memusuhi agama Islam, menganggap dirinya kafir dan bangga akan perbuatannya yang terkutuk.
  • Hukum Minum Air Kencing...
    Tausyiah
    Rabu, 13 September 2023 - 14:23 WIB
    Hukum air kencing unta akan berbeda di setiap mazhabnya. Terlebih air kencing unta, mungkin adalah salah satu bahan yang paling tidak biasa untuk dibahas dalam konteks hukum agama.
  • 6 Perkara Penyebab Datangnya...
    Hikmah
    Kamis, 14 September 2023 - 12:06 WIB
    Islam telah memotivasi kita untuk mencari rezeki, bahkan Islam menjadikannya di antara ibadah yang paling penting sebagai wasilah untuk mencari keridhoan Allah taala.
  • Niat dan Keutamaan Salat...
    Tips
    Kamis, 14 September 2023 - 16:53 WIB
    Para ulama telah sepakat bahwa tidak sah ibadah tanpa niat, meskipun ada perbedaan pendapat tentang apakah niat itu rukun atau syarat sah salat.
  • Doa-doa Sebelum Tidur...
    Tips
    Kamis, 14 September 2023 - 16:38 WIB
    Doa sebelum tidur yang cukup populer dan sangat familiar di kalangan umat muslim, adalah Bismika Allahumma Amuutu wa Ahyaa. Namun ternyata ada doa lain yang diajarkan oleh Rasulullah SAW yang mengandung faedah besar.