Topik Terkait: Kurangnya Ilmu

  • Keutamaan Mengajarkan Ilmu
    Muslimah
    Minggu, 26 September 2021 - 05:10 WIB
    Orang yang mengajarkan ilmu, menjadi seorang guru, baik guru dalam ilmu agama maupun ilmu dunia mempunyai keutamaan begitu besar. Sebaliknya orang yang enggan membagikan ilmu yang dimilikinya justru akan merugi.
  • Mengenal 4 Macam Ilmu Fiqih Beserta Dalil-dalilnya
    Hikmah
    Senin, 25 September 2023 - 19:50 WIB
    Dalam Islam, ilmu fiqih hendaknya dipelajari oleh kaum muslimin. Apa sebenarnya fiqih ini dan bagaimana pengertiaannya? Selain itu, adakah dalil yang mengharuskan belajar fiqih ini?
  • 15 Ayat tentang Menuntut Ilmu dalam Al-Quran
    Tausyiah
    Jum'at, 05 April 2024 - 16:08 WIB
    Berikut ini 15 ayat tentang menuntut ilmu dalam Al-Quran antara lain surat Al-Mujadalah ayat 11, Shad ayat 29, At-Taubah ayat 122, Ali Imran Ayat 61 dan lainnya.
  • 7 Tanda Orang yang Mendapat Keberkahan Ilmu
    Tausyiah
    Rabu, 07 Juni 2023 - 19:08 WIB
    Memperoleh ilmu tidak serta merta membuat seseorang hanya pandai saja, tetapi bila ilmu itu juga memberi keberkahan pada dirinya. Lalu bagaimana tanda-tanda seseorang memperoleh keberkahan dari ilmu yang dimilikinya?
  • Kisah Nabi Idris, Orang yang Pertama Kali Mengerti Ilmu Nujum
    Hikmah
    Kamis, 30 April 2020 - 16:46 WIB
    Nabi Idris patut berjuluk sang pelopor. Beliau orang pertama kali yang menulis dengan pena. Pertama yang menulis suhuf. Beliau orang pertama ahli ilmu nujum.
  • Tuntutlah Ilmu Walau ke Negeri China, Hadis atau Bukan?
    Tausyiah
    Minggu, 19 Juni 2022 - 17:50 WIB
    Tuntulah ilmu sekalipun di negeri China. Begitu kalimat yang disebut banyak dai sebagai hadis. Para ulama ahli hadis justru menyebut kalimat tersebut bukan hadis.
  • Perlunya Muslimah Belajar Ilmu Fiqih, Ini Alasannya!
    Muslimah
    Selasa, 07 Maret 2023 - 11:10 WIB
    Dalam Islam, kaum muslimah memiliki kemuliaan dan keistimewaan tersendiri. Karena keistimewaannya ini, maka ada sebuah cabang ilmu Islam yang mempelajari tentang fiqih perempuan , yang menjelaskan mengenai hukum dan aturan dunia wanita.
  • 4 Perkara Ini Mesti Dimiliki Santri Agar Mendapatkan Ilmu
    Tausyiah
    Minggu, 21 Agustus 2022 - 23:18 WIB
    Bagi santri yang mendalami ilmu syariat Islam, perlu mengetahui hal-hal yang menjadi sebab memperoleh ilmu. Dalam syariat, menuntut ilmu wajib bagi setiap muslim.
  • Kewajiban Utama Suami dalam Islam : Mendidik Istrinya dalam Ilmu Syariat
    Muslimah
    Minggu, 15 Agustus 2021 - 05:00 WIB
    Dalam Islam, kewajiban suami tidak hanya berkaitan dengan nafkah , sebagaimana yang disangka oleh sebagian (atau banyak) suami. Akan tetapi, terdapat kewajiban penting yang justru banyak dilalaikan. Apa itu?
  • Pentingnya Muslimah Terus Meng-Upgrade Ilmu
    Muslimah
    Selasa, 15 September 2020 - 09:48 WIB
    Muslimah yang cerdas dan memiliki pengetahuan yang luas akan memiliki banyak keuntungan dan berpotensi untuk melahirkan generasi-generasi cerdas dan berpengetahuan juga.
  • Tak Punya Lampu Penerang, Beginilah Kegigihan Ulama Terdahulu Menuntut Ilmu
    Hikmah
    Senin, 03 Juli 2023 - 22:18 WIB
    Kegigihan para ulama terdahulu ketika menuntut ilmu layak kita apresiasi. Meski hidup di zaman serba terbatas, mereka menjadi ulama yang berkontribusi besar dalam khazanah keilmuan Islam.
  • Ilmu Memanggil Arwah Menurut Pandangan Islam
    Tips
    Kamis, 14 Oktober 2021 - 17:08 WIB
    Ada sementara pihak mengaku menguasai ilmu memanggil roh orang mati. Konon mereka bisa mengajak arwah itu berkomunikasi. Lalu, bagaimana Islam memandang masalah ini?
  • 3 Jerat Halus Iblis Terhadap Orang Alim dan Penuntut Ilmu
    Tausyiah
    Minggu, 03 September 2023 - 14:57 WIB
    Iblis sering kali melepaskan jeratnya kepada para penuntut ilmu dan orang alim merasa punya ilmu sehingga malas untuk beribadah. Berikut contoh jerat halus Iblis dan tipu dayanya.
  • Ilmu Wudhu yang Wajib Kamu Ketahui (3)
    Hikmah
    Selasa, 31 Desember 2019 - 16:35 WIB
    Sebelumnya telah dijelaskan 6 wajib wudhu 13 sunnah-sunnah berwudhu. Selanjutnya kita akan jelaskan perkara-perkara yang membatalkan wudhu.
  • Carilah Ilmu Senjata Muslim Menjauhkan Diri dari Talbis dan Ghurur
    Tips
    Kamis, 13 Januari 2022 - 08:54 WIB
    Beragam tipu daya setan untuk menggoda manusia banyak sekali, salah satunya dengan cara talbis dan ghurur. Talbis adalah menampakkan kebatilan dalam bentuk kebenaran,sedangkan ghurur adalah kejahilan.
  • Ilmu Wudhu yang Wajib Kamu Ketahui (4)
    Hikmah
    Kamis, 02 Januari 2020 - 16:30 WIB
    Berikut ini penjelasan tentang hal-hal yang dilarang bagi yang tidak berwudhu. Dilarang bagi yang tidak ada wudhu melakukan tiga hal berikut.
  • Hati-hati Ujub dengan Ilmu
    Muslimah
    Senin, 05 Juli 2021 - 18:30 WIB
    Nabi SAW mengabarkan bahwa akan muncul satu kaum yang mereka mempelajari dan mengajarkan Al-Quran, bahkan mereka menghafalkan Al-Quran. Tapi rupanya mereka terkena penyakit yang sangat bahaya, yaitu penyakit ujub, sombong, berbangga diri dengan ilmu.
  • Al-Quran di Tengah Perkembangan Ilmu Menurut Quraish Shihab
    Tausyiah
    Rabu, 12 April 2023 - 16:41 WIB
    Ahli keislaman berpendapat bahwa ilmu menurut Al-Quran mencakup segala macam pengetahuan yang berguna bagi manusia dalam kehidupannya, baik masa kini maupun masa depan fisika atau metafisika.
  • Ibnu Amr: Meraih Separuh Ilmu dengan Belajar Bicara Saya Tidak Tahu
    Tausyiah
    Jum'at, 20 Agustus 2021 - 18:41 WIB
    Ini adalah perkataan Ibnu Amr atau Abdullah bin Amr. Beliau berkata, siapa yang ditanya perkara yang tidak dia ketahui lalu menjawab saya tidak tahu berarti dia telah meraih separuh ilmu
  • Pelajaran dari Hadis tentang Dialog Nabi Muhammad SAW dengan Jibril bagi Para Penuntut Ilmu
    Tausyiah
    Selasa, 29 Agustus 2023 - 05:15 WIB
    Penuntut ilmu hendaknya memerhatikan kebersihan pakaiannya baik ketika menghadiri majelis ilmu, masjid, sekolah, majelis talim, dan sebagainya. Dalam hadis Rasulullah SAW pernah menyatakan: