Topik Terkait: Kurangnya Ilmu (halaman 2)

  • Gerakan Pemurnian Islam Versus Ilmu Fiqih
    Tausyiah
    Kamis, 10 Februari 2022 - 22:43 WIB
    Di kepala saya banyak diisikan prasangka buruk bahwa agama Islam kita ini sepanjang zaman sudah dikotori oleh tangan-tangan najis yang merusak Islam.
  • Ilmuwan Muslim Penemu Algoritma: Tanpa Ilmu Al Khawarizmi Dunia Medsos Tak Akan Pernah Ada
    Dunia Islam
    Kamis, 16 November 2023 - 08:51 WIB
    Era digitalisasi dan media sosial seperti sekarang, ternyata ada karena kontribusi besar ilmuwan muslim di masa lampau. Sebab tanpa ada Algoritma dan Aljabar, maka tak akan pernah ada pula apa itu komputer, facebook, whatsApp, tiktok, instagram dan lainnya.
  • Begini Kaitan Ilmu Falak dalam Penentuan Awal Waktu Sholat
    Tausyiah
    Minggu, 14 Maret 2021 - 13:02 WIB
    Dapat disimpulkan awal penentuan waktu salat itu didasarkan pada fenomena matahari sehari-hari di dalam perjalanannya dari timur ke barat, ujarnya.
  • Keutamaan Mengajarkan Ilmu
    Muslimah
    Minggu, 26 September 2021 - 05:10 WIB
    Orang yang mengajarkan ilmu, menjadi seorang guru, baik guru dalam ilmu agama maupun ilmu dunia mempunyai keutamaan begitu besar. Sebaliknya orang yang enggan membagikan ilmu yang dimilikinya justru akan merugi.
  • Tips dan Cara Menjaga Keikhlasan Menuntut Ilmu Syari
    Tips
    Kamis, 23 November 2023 - 10:16 WIB
    Menuntut ilmu adalah kewajiban bagi umat Islam, terutama mencari ilmu agama atau ilmu syari. Namun untuk menjaga keistiqamahan dan keikhlasan belajar ilmu ini tidak sekuat yang dibayangkan.
  • Mengapa Harus Belajar Ilmu dan Adab ke Yaman? Ini Alasannya
    Tausyiah
    Selasa, 09 Maret 2021 - 11:25 WIB
    Mengapa harus belajar ilmu dan adab ke Yaman? Yaman adalah negara di Jazirah Arab di Asia Barat Daya, bagian dari Timur Tengah. Berikut keistmewaan negeri Yaman.
  • Keutamaan Menuntut Ilmu di Atas Ibadah Lain
    Tausyiah
    Sabtu, 09 Desember 2023 - 19:38 WIB
    Salah satu bentuk ibadah yang memiliki kedudukan mulia di sisi Allah ialah menuntut ilmu (tholabul ilmu). Al-Quran menyatakan bahwa Allah meninggikan derajat orang beriman dan berilmu.
  • Hati-hati Ujub dengan Ilmu
    Muslimah
    Senin, 05 Juli 2021 - 18:30 WIB
    Nabi SAW mengabarkan bahwa akan muncul satu kaum yang mereka mempelajari dan mengajarkan Al-Quran, bahkan mereka menghafalkan Al-Quran. Tapi rupanya mereka terkena penyakit yang sangat bahaya, yaitu penyakit ujub, sombong, berbangga diri dengan ilmu.
  • Apa yang Dimaksud Ilmu Syar’i? Begini Penjelasan Syaikh Al-Utsaimin
    Tausyiah
    Senin, 04 September 2023 - 05:15 WIB
    Secara istilah dijelaskan oleh sebagian ulama bahwa ilmu adalah marifah (pengetahuan) sebagai lawan dari al-jahl (ketidaktahuan). Menurut ulama lainnya, ilmu itu lebih jelas dari apa yang diketahui.
  • Belajar Ilmu Tajwid Mudah dan Lengkap untuk Pemula
    Tips
    Senin, 10 Juli 2023 - 20:55 WIB
    Belajar ilmu Tajwid mudah dan lengkap untuk pemula dapat dipraktikkan langsung. Cukup dengan memahami hukum-hukum Tajwid insya Allah bisa membaca Al-Quran dengan benar.
  • Menyembunyikan Kebenaran, Dosa Besar Para Ahli Ilmu Pengetahuan
    Tausyiah
    Minggu, 15 Mei 2022 - 12:47 WIB
    Di antara dosa yang besar, yang ditunjukkan dan anjurkan Al-Quran agar kita segera bertaubat darinya adalah: dosa menyembunyikan kebenaran serta tidak menjelaskannya kepada manusia.
  • Pentingnya Muslimah Terus Meng-Upgrade Ilmu
    Muslimah
    Selasa, 15 September 2020 - 09:48 WIB
    Muslimah yang cerdas dan memiliki pengetahuan yang luas akan memiliki banyak keuntungan dan berpotensi untuk melahirkan generasi-generasi cerdas dan berpengetahuan juga.
  • Obat Bagi Semua Penyakit Hati Manusia adalah Ilmu
    Muslimah
    Sabtu, 09 Januari 2021 - 05:00 WIB
    Uuntuk bisa menyembuhkan penyakit hati yang menghalangi iman yang sempurna dan takwa yang hakiki ini -dengan izin Allah Subhanahu wa Taala- tidak lain adalah ilmu yang bermanfaat.
  • Hikmah Mengucapkan Wallahu Alam Bagi Seorang Muslim
    Hikmah
    Rabu, 20 Juli 2022 - 17:17 WIB
    Seorang muslim pastinya sudah sering mendengar kalimat Wallahu Alam yang artinya hanya Allah Yang Lebih Mengetahui (Maha Tahu). Berikut hikmahnya.
  • Ilmu Wudhu yang Wajib Kamu Ketahui (2)
    Hikmah
    Senin, 30 Desember 2019 - 16:44 WIB
    Sebelumnya telah dijelaskan 6 wajib wudhu. Selanjutnya akan diuraikan tentang sunnah-sunnah berwudhu. Berikut penjelasannya.
  • Alquran sebagai Lautan Ilmu
    Tausyiah
    Rabu, 13 Mei 2020 - 08:45 WIB
    Alquran merupakan mukjizat terbesar yang diturunkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW dan diturunkan pada bulan Ramadhan.
  • Orang Baik itu Semakin Berilmu Semakin Tawadhu
    Tausyiah
    Jum'at, 25 September 2020 - 08:05 WIB
    Ilmu memang dapat meningkatkan derajat seseorang di sisi Allah Taala. Namun, jika ilmu membuat seseorang menjadi sombong, maka ia akan terputus dari rahmat Allah.
  • Kisah Nabi Idris, Orang yang Pertama Kali Mengerti Ilmu Nujum
    Hikmah
    Kamis, 30 April 2020 - 16:46 WIB
    Nabi Idris patut berjuluk sang pelopor. Beliau orang pertama kali yang menulis dengan pena. Pertama yang menulis suhuf. Beliau orang pertama ahli ilmu nujum.
  • Mad Lazim: Pengertian, Contoh dan Cara Bacanya
    Tips
    Kamis, 06 Juli 2023 - 12:21 WIB
    Mad lazim merupakan salah satu cara cara baca di dalam Al-Quran yang wajib diketahui oleh seluruh umat Islam. Sebab, hukum bacaan yang satu ini kerap di temui dalam ayat-ayat Al-Quran.
  • 6 Rukun Wudhu Menurut Mazhab Syafii
    Tausiyah
    Jum'at, 07 Februari 2020 - 20:51 WIB
    Ustaz Muhammad Ajib (pengajar di Rumah Fiqih Indonesia) mengulas secara singkat rukun wudhu dalam bukunya Fiqih Wudhu Versi Madzhab Syafii.