Topik Terkait: Gangguan Tidur

  • Rahasia Tidur yang Jarang Diketahui Berikut Adabnya
    Tausyiah
    Kamis, 23 Juni 2022 - 22:02 WIB
    Tidur adalah bagian dari sunnatullah yang dengannya manusia dapat mengistirahatkan anggota tubuhnya. Inilah rahasia dan hakikat tidur berikut adab-adabnya.
  • Imam Al-Ghazali Sarankan Tidur Tak Lebih dari 8 Jam
    Tips
    Jum'at, 07 Juli 2023 - 10:00 WIB
    Jika setiap hari seseorang menghabiskan waktu sepertiganya untuk tidur, maka dia juga menghabiskan sepertiga hidupnya hanya untuk tidur. Tidur pun pada hakikatnya mirip dengan kematian.
  • Inilah Makna Doa Bangun Tidur yang Jarang Diketahui
    Tips
    Jum'at, 10 Desember 2021 - 06:03 WIB
    Dalam Islam, setelah bangun tidur kita dianjurkan membaca doa dan doa ini sangat familiar karena sudah diajarkan sejak usia balita atau usia kanak-kanak.
  • Inilah Manfaat di Balik Sunnah Tidur Miring ke Kanan
    Tips
    Rabu, 03 Januari 2024 - 14:36 WIB
    Dalam adab tidur, Rasulullah SAW memberikan contoh tidur miring atau menghadap ke arah kanan, dan ternyata di balik sunnah Rasul tersebut ada manfaat luar biasa.
  • Mengapa Tidur Setelah Sahur Dilarang? Begini Penjelasannnya
    Hikmah
    Minggu, 02 April 2023 - 03:05 WIB
    Dalam Islam, langsung tidur setelah santap sahur dan salat subuh sangat tidak dianjurkan, bahkan beberapa ulama menghukuminya itu adalah makruh (jika tidak ada udzur dan keperluan).
  • 6 Amalan agar Tidur Mendapat Ganjaran Pahala
    Tips
    Jum'at, 29 Juli 2022 - 17:05 WIB
    Bagi seorang muslim, tidur itu bukan aktivitas biasa yang sekadar hanya untuk melepas lelah dan memenuhi rasa kantuk. Tidur bagi setiap muslim sangat bernilai ibadah jika tahu caranya.
  • Amalan Sebelum Tidur yang Diwasiatkan Rasulullah
    Muslimah
    Selasa, 23 Februari 2021 - 17:32 WIB
    Ada amalan amalan sebelum tidur yang lebih bermanfaat dan tentunya mendatangkan pahala jika dilakukan. Islam telah memaparkannya dalam banyak riwayat baik dari Al Quran maupun As Sunnah.
  • Faedah Doa Sebelum Tidur yang Perlu Diketahui
    Tips
    Kamis, 26 Oktober 2023 - 20:19 WIB
    Doa sebelum tidur yang cukup populer dan sangat familiar di kalangan umat muslim, adalah Bismika Allahumma Amuutu wa Ahyaa (dengan nama-Mu Ya Allah, aku mati dan hidup).
  • Tidur Siang, Sunah Rasulullah SAW yang Tidak akan Diambil Setan
    Hikmah
    Senin, 16 Oktober 2023 - 11:44 WIB
    Tidur siang atau tidur qailulah, merupakan sunah Rasulullah Shallallahu alaihui wa sallam yang banyak sekali manfaatnya.
  • Anjuran Berwudhu Sebelum Tidur, Bagaimana dengan Wanita Haid?
    Muslimah
    Rabu, 07 April 2021 - 15:11 WIB
    Sebagai muslim, kita dianjurkan untuk berwudhu terlebih dahulu sebelum tidur. Lantas bagaimana bagi perempuan yang tengah haid? Apakah dianjurkan untuk berwudhu juga?
  • Doa Bangun Tidur Sesuai Sunnah Lengkap Arab, Latin dan Artinya
    Tausyiah
    Rabu, 19 Oktober 2022 - 16:45 WIB
    Doa bangun tidur sesuai sunnah Nabi ternyata tidak cuma satu riwayat yang lazim dibaca kaum muslimin saat bangun. Akan tetapi ada banyak doa yang diajarkan Rasulullah.
  • 3 Jenis Tidur yang Dilarang, Nomor 2 Bisa Mendatangkan Penyakit
    Tips
    Kamis, 29 September 2022 - 19:15 WIB
    Salah satu nikmat yang diberikan Allah Subhanahu wa taala adalah tidur. Karena, dengan tidur manusia memiliki waktu untuk mengistirahatkan tubuhnya dari segala aktivitas
  • 5 Adab Tidur Sesuai Sunnah Rasulullah SAW yang Penting Diketahui
    Tips
    Jum'at, 04 Agustus 2023 - 11:24 WIB
    Adab tidur dalam Islam yang penting diketahui kaum muslim. Ketika ingin tertidur, sebagai umat muslim kita perlu memperhatikan dan melakukan adab-adab yang sudah ada sejak zaman kenabian. Adab ketika tidur memiliki manfaat yang sebenarnya penting untuk diri kita sendiri.
  • Doa Tidur yang Dibaca Rasulullah SAW dan Keutamaannya
    Tips
    Selasa, 30 Mei 2023 - 00:00 WIB
    Selain doa Bismika Allahumma ahyaa wa bismika amuut, ada doa lain yang memiliki keutamaan besar. Berikut doa Rasulullah SAW ketika hendak tidur.
  • Doa dan Zikir Sebelum Tidur Sesuai yang Diajarkan Rasulullah SAW
    Tips
    Senin, 21 Agustus 2023 - 16:34 WIB
    Doa dan zikir sebelum tidur ini merupakan rangkain dari amalan sunnah yang diajarkan Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam. Sebagai umat Nabi SAW, kita dianjurkan melakukan amalan-amalan tersebut.
  • 7 Adab Sebelum Tidur, Utamakan Tidur Menghadap Kiblat
    Tips
    Selasa, 07 November 2023 - 19:59 WIB
    Agar tidur bernilai ibadah dan diberkahi Allah, hendaknya memperhatikan adab-adabnya. Salah satu adabnya adalah tidur menghadap kiblat.
  • Amalan Sebelum Tidur agar Terhindar dari Mimpi Buruk dan Gangguan Jin
    Tips
    Jum'at, 04 Februari 2022 - 22:13 WIB
    Amalan sebelum tidur ini hendaknya menjadi amalan yang bisa dilakukan rutin setiap hari oleh kaum muslim. Amalan dan doa sebelum istirahat malam ini, dapat menghindarkan dari mimpi buruk serta gangguan jin
  • Hukum Wanita Haid Berwudhu Sebelum Tidur
    Muslimah
    Selasa, 05 Juli 2022 - 18:43 WIB
    Berwudhu sebelum tidur merupakan salah satu dari beberapa sunnah sebelum tidur yang diajarkan oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam. Lantas bagaimana bagi perempuan yang tengah haid? Apakah dianjurkan untuk berwudhu juga?
  • Rahasia Dibalik Sunnah Mematikan Lampu Saat Tidur
    Muslimah
    Senin, 01 Februari 2021 - 18:04 WIB
    Tidur dalam keadaan gelap ini, merupakan sunnah Rasulullah. Dan kini banyak penelitian ilmiah modern yang ternyata memunculkan fakta menakjubkan dari perintah nabi tersebut.
  • Yuk, Baca Istighfar Sebelum Tidur dan Rasakan Fadhilahnya yang Luar Biasa
    Tips
    Selasa, 10 Oktober 2023 - 20:40 WIB
    Ada amalan sebelum tidur yang ternyata memiliki fadhilah luar biasa, yakni membaca istighfar. Barangsiapa yang mengamalkannya maka Allah mengampuni dosa-dosanya meskipun sebanyak buih di lautan.