Topik Terkait: Arti Alif Lam Mim

  • Mengenal Alif Lam Qomariah:...
    Tips
    Senin, 31 Juli 2023 - 16:26 WIB
    Alif lam qomariah menjadi salah satu ilmu yang akan dipelajari ketika belajar tajwid. Menjadi bagian dari hukum bacaan alif lam, pemahaman terkait lam qomariah akan sangat penting, mengingat banyaknya contoh yang terdapat di Al Quran.
  • UAH Bongkar Arti Huruf...
    Tausyiah
    Kamis, 07 Oktober 2021 - 05:10 WIB
    Apa sebenarnya arti huruf Alif Lam Mim yang terdapat di awal Surat Al-Baqarah dan beberapa surat lainnya? Berikut penjelasan Ustaz Adi Hidayat (UAH).
  • Al-Quran Kitab Mulia...
    Tausyiah
    Jum'at, 28 Mei 2021 - 15:16 WIB
    Al-Baqarah 2:1 (Alif L?m M?m). Hanya Allah Taala yang tahu makna ayat ini, karena itu sudah dikatakan-Nya berulang kali dalam Al-Quran. Mengapa mufassir tetap nekat memberi penafsiran?
  • Arti Isra Miraj Bagi...
    Hikmah
    Rabu, 15 Februari 2023 - 22:56 WIB
    Arti Isra Miraj bagi kaum muslim dan hikmahnya perlu dikaji untuk kemudian dijadikan sebagai pedoman hidup. Isra Miraj Nabi Muhammad SAW termasuk tanda-tanda kebesaran Allah.
  • 20 Contoh Alif Lam Syamsiah...
    Tips
    Rabu, 18 September 2024 - 12:28 WIB
    Bahasa Arab memiliki banyak aturan yang menarik dan penting untuk dipelajari, salah satunya adalah aturan mengenai Alif Lam Syamsiah.
  • Manfaat Sikap Tawakkal...
    Tips
    Minggu, 27 Maret 2022 - 19:25 WIB
    Dalam riwayat Islam, sikap tawakkal sudah dijunjung tinggi sebagai tanda yang jelas dari seorang yang beriman, takwa dan berserah mutlak pada Allah.
  • Arti dan Cara Menjawab...
    Tips
    Selasa, 17 Mei 2022 - 16:08 WIB
    Dalam Islam, sesama muslim dianjurkan untuk saling berdoa dan mengucapkan kalimat yang mengandung kebaikan. Salah satunya mengucapkan kalimat Fii Amaanillah.
  • Arti Tajdid atau Modernisasi:...
    Tausyiah
    Rabu, 18 September 2024 - 12:31 WIB
    Tajdid tidak lain kecuali menyebarluaskan dan menghidupkan kembali ajaran agama seperti yang dipahami dan diterapkan pada masa al-salaf al-awwal
  • Apa Arti Ila Hadrotin...
    Tips
    Selasa, 23 Juli 2024 - 18:41 WIB
    Apa arti ila hardotin nabiyil mustofa? Ini disebut juga sebagai doa tawasul. Biasa dibaca sebelum Surat Al-Fatihah saat Yasinan. Berikut ini bacaannya:
  • Arti Cinta Bagi Para...
    Hikmah
    Sabtu, 18 Januari 2020 - 05:15 WIB
    Apa sebenarnya cinta itu? Cinta tak bisa dijelaskan dengan kata-kata karena ia lahir dari hati yang suci. Beginilah para sahabat memperlihatkan cinta sejati kepada Baginda Rasulullah SAW.
  • Bolehkah Menghina Orang...
    Tausyiah
    Selasa, 31 Oktober 2023 - 13:13 WIB
    Bolehkah menghina orang kafir? Apa hukumnya dalam syariat Islam? Pertanyaan ini menjadi populer di tengah masyarakat kita yang cukup majemuk, serta heterogen dalam masalah keyakinan.
  • Doa Menghilangkan Rasa...
    Tips
    Rabu, 12 Juli 2023 - 18:57 WIB
    Doa menghilangkan rasa malas perlu diketahui oleh setiap muslim supaya dapat lebih produktif dalam beraktivitas. Sebab rasa malah hanya akan menimbulkan dampak negatif yang berbuntut pada penyesalan.
  • Belajar Arti Cinta dan...
    Muslimah
    Sabtu, 10 Oktober 2020 - 17:59 WIB
    Mungkin kita sering mendengar ada teman atau sahabat menelikung cinta? Atau ketika orang yang kita cintai justru memilih sahabat sendiri untuk dinikahi? Tentang cinta seperti ini, belajarlah dari sahabat Rasulullah Salman Al Farisi.
  • Arti Surat Al Maun dan...
    Tips
    Kamis, 05 Agustus 2021 - 18:05 WIB
    Arti surat Al Maun adalah barang atau hal-hal yang berguna, yang diambil dari ayat terakhir dari surat ini. Surat al Maun juga dinamakan Surat Ad Din, Surat At Takdzib, Surat Al Yatim, dan Surat Araaita
  • Bertakwa Mengandung...
    Tausyiah
    Minggu, 17 Maret 2024 - 06:12 WIB
    Perlu disisipkan kata atau kalimat untuk meluruskan maknanya. Misalnya kata siksa atau yang semakna dengannya, sehingga perintah bertakwa mengandung arti perintah untuk menghindarkan diri dari siksa Allah.
  • Mengenal Perbedaan Arti...
    Hikmah
    Sabtu, 17 Agustus 2024 - 05:15 WIB
    Perbedaan arti futuhat dan penjajahan penting diketahui umat Muslim. Tak sekadar menambah wawasan belaka, namun juga dimaksudkan agar tidak keliru ketika memahaminya.
  • Doa Kafaratul Majelis...
    Tips
    Minggu, 17 September 2023 - 07:57 WIB
    Doa kafaratul majelis ini menjadi salah satu doa yang diajarkan rasulullah SAW pada para sahabat ketika hendak meninggalkan tempat duduk di suatu majelis atau pertemuan.
  • Jarang Dibahas! Inilah...
    Hikmah
    Rabu, 29 September 2021 - 17:42 WIB
    Dalam Surat Yasin (surat ke-36 dari Al-Quran), Allah memulai firman-Nya dengan menyebut huruf Ya dan Sin. Apa sebenarnya arti dan makna huruf ini?
  • Kisah Abdullah bin Jahsy...
    Hikmah
    Senin, 23 Januari 2023 - 17:06 WIB
    Bulan Rajab adalah salah satu dari 4 bulan haram. Di bulan ini diharamkam pembunuhan. Nah, pada bulan Rajab, sahabat Nabi Abdullah bin Jahsy dinilai melanggar ketetapan itu.
  • Keutamaan Tawakal Menurut...
    Tausyiah
    Rabu, 09 Juni 2021 - 09:54 WIB
    Tawakal bukan berarti penyerahan mutlak nasib manusia kepada Allah semata. Namun penyerahan tersebut harus didahului dengan usaha manusiawi. Usaha yang optimal.