Topik Terkait: Penaklukan Makkah

  • Kisah Rasulullah SAW Thawaf dan Bersihkan Kakbah Saat Penaklukan Makkah
    Hikmah
    Sabtu, 08 Juli 2023 - 21:45 WIB
    Ketika Fathu Makkah pada bulan Ramadhan Tahun ke-8 Hijriyah, Rasulullah SAW melakukan thawaf di Baitullah dan membersihkan lukisan-lukisan yang mengotori Kabah.
  • Penaklukan Fasa dan Darabgird: Kisah Mimpi dan Karamah Khalifah Umar bin Khattab
    Hikmah
    Kamis, 02 Mei 2024 - 10:28 WIB
    Sumber Balazuri mengenai penaklukan Fasa dan Darabgird berbeda dengan Tabari dan mereka yang mengutip dari dia. Mereka menyebutkan bahwa yang memasuki kedua kota itu Sariah bin Zunain.
  • Kisah Sedih Amir Utsmani Terakhir di Makkah Sharif Ali Haydar Pasha
    Dunia Islam
    Rabu, 24 Mei 2023 - 10:14 WIB
    Dia adalah Sharif Ali Haydar Pasha. Keturunan Nabi Muhammad SAW ini adalah amir terakhir Daulah Utsmani di Makkah. Ia menjalani kehidupan yang penuh dengan jebakan materi.
  • Foto Pertama Makkah dan Kakbah Tahun 1861 oleh Muhammad Sadiq Bey
    Dunia Islam
    Rabu, 28 Juni 2023 - 06:14 WIB
    Foto Kakbah dan Makkah mulai ada pada tahun 1861. Kala itu, seorang insinyur tentara Mesir bernama Muhammad Sadiq Bey melakukan perjalanan ke kota suci sebagai bendahara kafilah peziarah.
  • Batas Tanah Haram di Kota Makkah dan Madinah Berikut Larangannya
    Dunia Islam
    Jum'at, 16 Juni 2023 - 17:55 WIB
    Batas tanah haram di Kota suci Makkah dan Madinah perlu diketahui umat muslim berikut larangannya. Makkah sejak dulu sudah menjadi Tanah Suci hingga Hari Kiamat nanti.
  • cover top ayah
    وَحُشِرَ لِسُلَيۡمٰنَ جُنُوۡدُهٗ مِنَ الۡجِنِّ وَالۡاِنۡسِ وَالطَّيۡرِ فَهُمۡ يُوۡزَعُوۡنَ (١٧) حَتّٰٓى اِذَاۤ اَتَوۡا عَلٰى وَادِ النَّمۡلِۙ قَالَتۡ نَمۡلَةٌ يّٰۤاَيُّهَا النَّمۡلُ ادۡخُلُوۡا مَسٰكِنَكُمۡ‌ۚ لَا يَحۡطِمَنَّكُمۡ سُلَيۡمٰنُ وَجُنُوۡدُهٗۙ وَهُمۡ لَا يَشۡعُرُوۡنَ‏ (١٨) فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنۡ قَوۡلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًـا تَرۡضٰٮهُ وَاَدۡخِلۡنِىۡ بِرَحۡمَتِكَ فِىۡ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيۡنَ (١٩)
    Dan untuk Sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib. Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari. Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.

    (QS. An-Naml Ayat 17-19)
    cover bottom ayah
  • Keistimewaan-Keistimewaan Kota Suci Makkah
    Dunia Islam
    Rabu, 14 Juni 2023 - 16:05 WIB
    Makkah sangat identik dengan keberadaan Kabah di wilayahnya. Sedangkan Madinah sangat identik dengan kediaman Rasulullah. Hal ini amatlah lumrah karena keberadaan dua simbol tersebut sangat mewakili identitas kedua kota suci tersebut.
  • 9 Larangan Ketika Berada di Tanah Suci Makkah dan Madinah
    Tausyiah
    Jum'at, 30 Juni 2023 - 17:57 WIB
    Larangan ketika berada di Tanah Suci perlu kita ketahui. Keberadaan Makkah dan Madinah sejak dulu sudah menjadi Tanah Suci atau tempat yang dimuliakan Allah hingga Hari Kiamat.
  • Sanksi Jika Telanjur Memotong Pohon di Makkah
    Hikmah
    Kamis, 01 Juni 2023 - 08:04 WIB
    Allah SWT telah menjadikan Makkah Al Mukaromah sebagai tempat yang aman. Status keamanan ini tidak hanya berlaku kepada manusia tapi hewan dan tumbuhan aman di Kota Makkah ini, ia tidak boleh diburu dan ditebang.
  • KKHI Makkah Evakuasi dan Pulangkan Jemaah Haji Sakit Lebih Awal
    Dunia Islam
    Selasa, 04 Juli 2023 - 16:48 WIB
    Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah melakukan evakuasi dan tanazul atau pemulangan lebih awal bagi jemaah haji yang sakit. Pemulangan jemaah haji gelombang pertama ini dilaksanakan mulai 4 hingga 18 Juli 2023.
  • Terlambat Setor Paspor, 9 Jemaah Tak Bisa Berangkat ke Makkah
    Dunia Islam
    Kamis, 08 Juni 2023 - 00:13 WIB
    Sebanyak sembilan jemaah haji tidak bisa diberangkatkan ke Makkah dari Madinah bersama kloternya. Hal itu lantaran mereka baru menyetorkan paspor ke petugas jelang keberangkatan.
  • Kisah Turunnya Surat Al-Fath, Kabar Gembira Kemenangan bagi Umat Islam
    Hikmah
    Senin, 06 Februari 2023 - 00:00 WIB
    Kesedihan yang menyelimuti Rasulullah SAW dan para sahabat seketika hilang ketika Allah Taala menurunkan surat ini. Surat Al-Fath (kemenangan) yang terdiri 29 ayat.
  • Banjir di Makkah: Kisah Seorang Anak Berenang Mengelilingi Kakbah
    Dunia Islam
    Selasa, 06 Juni 2023 - 17:36 WIB
    Kisah ini terjadi pada 1941. Kala itu, banjir melanda Tanah Suci, Makkah. Kakbah terendam air. Seorang pria Bahrain, melakukan Tawaf di sekitar Kakbah yang banjir.
  • Islam Turun di Makkah, Benarkah Karena Wilayah Itu Paling Bejat?
    Tausyiah
    Senin, 18 Mei 2020 - 04:10 WIB
    Ada sejumlah ulama yang berpendapat Islam sengaja diturunkan di Makkah karena wilayah itu dihuni penduduk jahiliyah. Bahkan disebutnya penduduk paling bejat sedunia.
  • Kisah Ketika Bilal Bin Rabah Adzan di Atas Reruntuhan Berhala saat Fathu Makkah
    Hikmah
    Rabu, 17 November 2021 - 15:42 WIB
    Kisah Bilal menyenandungkan Adzan di atas reruntuhan berhala pada saat Fathu Makkah sungguh mengharukan. Berhala-berhala ittu sebelumnya dijadikan tuhan oleh orang-orang Quraisy.
  • Kisah Penaklukan Persia: Begini Perubahan Jati Diri Bangsa-Bangsa dalam Keluarga
    Hikmah
    Sabtu, 30 Desember 2023 - 08:37 WIB
    Memang benar, dalam hati bangsa-bangsa yang sudah ditaklukkan itu - terutama Iran - masih tertanam rasa dendam kepada pihak pemenang yang dapat timbul dari waktu ke waktu.
  • Selain Abrahah, Berikut Upaya Penaklukan Mekkah dan Pemindahan Kakbah
    Dunia Islam
    Minggu, 16 Januari 2022 - 16:48 WIB
    Selain Abrahah yang gagal merebut Kakbah di Mekkah pada sekitar tahun 570 Masehi, ternyata ada sejumlah penguasa lain yang juga punya niat yang sama.
  • Ziarah Jemaah Haji di Makkah: Dari Kakbah Sampai Abraj Al Bait
    Dunia Islam
    Selasa, 23 Mei 2023 - 05:15 WIB
    Ziarah jemaah haji di Makkah cukup banyak. Berikut ini adalah landmark utama Makkah termasuk beberapa tempat tersuci di dunia seperti selain Masjidil Haram dan Kakbah,
  • KKHI Makkah: 14 Jemaah Haji Akan Tanazul Awal
    Dunia Islam
    Rabu, 05 Juli 2023 - 15:39 WIB
    Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah berencana melakukan tanazul awal terhadap 14 jemaah haji Indonesia yang tidak mengikuti kloternya atau pulang lebih dulu.
  • Astronot Wanita Pertama Arab Saudi Bagikan Gambar Makkah dari Luar Angkasa
    Dunia Islam
    Minggu, 28 Mei 2023 - 17:32 WIB
    Rayyanah Barnawi, astronot wanita pertama Arab Saudi dan salah satu dari dua astronot negeri itu yang baru-baru ini dikirim ke luar angkasa, membagikan video Makkah dari luar angkasa.
  • Layanan Katering Jemaah Haji di Makkah Akan Dihentikan Sementara
    Dunia Islam
    Minggu, 11 Juni 2023 - 22:04 WIB
    Layanan katering untuk jemaah haji Indonesia di Makkah akan dihentikan sementara. Rata-rata layanan katering bagi jemaah selama tinggal di Makkah berlangsung dalam rentang 22 hari.