Kisah Hagia Sophia dan Sultan Muhammad Al-Fatih

Al-Fatih Kirim Hadiah dan Surat kepada Penguasa Makkah, Begini Isinya

loading...
Al-Fatih Kirim Hadiah dan Surat kepada Penguasa Makkah, Begini Isinya
Muhammad Al-Fatih. Foto/Ilustrasi/Ist
SULTAN Muhammad Al-Fatih mengirim beberapa surat pemberitahuan tentang penaklukkan Konstantinopel kepada penguasa negeri-negeri Muslim , termasuk penguasa Makkah . Selain surat, Sang Penakluk juga mengirim hadiah.

Prof Dr Ali Muhammad Ash-Shalabi dalam Bangkit dan Runtuhnya Khilafah Utsmaniyah, menuturkan Sultan Muhammad Al-Fatih mengabarkan tentang penaklukkan kota itu dan meminta dukungan doa. (Baca juga: Sembahyang Terakhir di Hagia Sophia, Kisah Haru Jelang Takluknya Konstantinopel )

Di samping itu, Sultan juga mengirimkan beberapa hadiah yang didapat dari harta rampasan perang. lnilah sebagian isi surat Sultan tersebut:

“Kami kirimkan surat ini dengan kabar gembira atas apa yang telah Allah karuniakan kepada kami pada tahun ini dari penaklukkan-penaklukkan yang tidak pernah didengar telinga dan belum terlihat mata, yakni takluknya kota yang demikian masyhur, Konstantinopel. (Baca juga: Hagia Sophia dan Masjid-Masjid yang Menjadi Gereja )

Harapan kami dari tuan hendaknya menyebarkan kabar kemenangan dan karunia besar ini kepada semua penduduk dua Kota Suci Makkah-Madinah, kepada para ulama dan kaum bangsawan yang mendapat petunjuk, para zahid, ahli ibadah dan orang-orang saleh, para syaikh, orang-orang yang selalu mendekatkan diri pada Allah, para imam yang mulia dan takwa.

Juga kami harapkan agar kabar kemenangan ini juga disebarkan kepada anak-anak dan orang-orang tua secara keseluruhan yang berdiam di sekitar Baitullah, di mana mereka laksana tali yang kokoh yang tidak akan putus.

Baca juga: Jalan Panjang Konstantinopel, Hagia Shophia, dan Muhammad Al-Fatih

Kabarkan juga kepada orang-orang yang datang untuk meminum air Zamzam dan ke maqam Ibrahim yang beri’tikaf di dekat kuburan Rasulullah.

Kami perharap mereka bisa mendoakan kelanggengan kekuasaan kami di Arafah dengan menundukkan wajah kepada Allah atas kemenangan yang telah dicapai. Allah telah memberikan kepada kami berkah mereka dan mengangkat derajat mereka.

Baca juga: Hagia Sophia dan Kehebatan Sultan Muhammad Al-Fatih
halaman ke-1
cover top ayah
رَبَّنَاۤ اَخۡرِجۡنَا مِنۡهَا فَاِنۡ عُدۡنَا فَاِنَّا ظٰلِمُوۡنَ
Ya Tuhan kami, keluarkanlah kami darinya (kembalikanlah kami ke dunia), jika kami masih juga kembali (kepada kekafiran), sungguh, kami adalah orang-orang yang zhalim.”

(QS. Al-Mu’minun:107)
cover bottom ayah
preload video