Topik Terkait: Hak Tetangga

  • Salah Satu Indikasi Keimanan adalah Berbuat Baik pada Tetangga, Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Rabu, 19 Oktober 2022 - 18:57 WIB
    Hak dan kedudukan tetangga bagi seorang muslim sangatlah besar dan mulia. Sampai-sampai sikap terhadap tetangga dijadikan sebagai indikasi keimanan. Dan hidup rukun dalam bertetangga adalah moral yang sangat ditekankan dalam Islam.
  • Tak Hanya Kewajiban, Ada Hak-hak Istri yang Harus Dipenuhi Suami
    Muslimah
    Senin, 12 Juni 2023 - 05:15 WIB
    Selain kewajiban yang harus dijalankan, ada hak-hak tertentu seorang istri atas diri suaminya. Soal hak-hak istri atas suaminya, Allah Taala berfirman dalam Surah Al Baqarah ayat 228
  • Inilah 7 Hak Istri Atas Diri Suaminya
    Muslimah
    Kamis, 18 November 2021 - 14:40 WIB
    Bagi istri, selain kewajiban yang harus dijalankan, ada hak-hak tertentu yang ia harus dapat dari suaminya. Soal hak-hak istri atas suaminya ada dalam firman Allah Taala surat al Baqarah ayat 228.
  • Inilah Hak-hak Istri Atas Suami
    Muslimah
    Sabtu, 17 Oktober 2020 - 17:14 WIB
    Islam juga menentukan hak-hak di antara suami dan istri yang dengan menjalankan hak-hak tersebut, maka akan tercapai ketenteraman dan keberlangsungan lembaga.
  • Hak-hak Istri Atas Diri Suami, Termasuk Rasa Cemburu
    Muslimah
    Rabu, 04 Januari 2023 - 11:38 WIB
    Selain kewajiban yang harus dijalankan seorang istri, ada hak-hak tertentu yang ia harus dapat dari suaminya. Soal hak-hak istri atas suaminya, Allah Taala sebutkan dalam Surat Al Baqarah : 228.
  • Hak-hak Tetangga dalam Islam yang Tidak Boleh Diabaikan
    Muslimah
    Minggu, 21 November 2021 - 13:58 WIB
    Hak-hak bertetangga telah Allah dan Rasul-Nya jelaskan di berbagai nash syariat, baik dalam al-Quran maupun Hadits. Tak kalah penting, juga dari petuah dan nasihat para sahabat dan ulama.
  • Dosa yang Diremehkan Perempuan: Menyakiti Tetangga dengan Lisan
    Muslimah
    Senin, 16 November 2020 - 06:37 WIB
    sebagian dari kalangan kaum perempuan justru banyak melakukan penyimpangan dalam hubungan dengan tetangga ini. Sebagian besar dari mereka malah menyakiti tetangganya tersebut, terutama dengan lisan atau selainnya
  • Hak Tetangga dan Adab-adabnya pada Mereka
    Tausyiah
    Rabu, 20 September 2023 - 17:36 WIB
    Kedudukan tetangga dalam Islam sangat dihormati, bahkan ada hak-hak khusus pada mereka yang harus kita tunaikan. Allah Subhanahu wa taala dan Rasulullah SAW bahkan banyak menjelaskannya diberbagai nash syariat,
  • Salah Satu Hak Istri adalah Mendapatkan Ilmu Agama, Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Selasa, 11 Januari 2022 - 20:12 WIB
    Dalam Islam, seorang suami berkewajiban mengajari istrinya masalah agama dan memberitahukan kepadanya berbagai kewajiban yang harus dilakukannya
  • Catatan Mualaf Jerman Wilfred Hoffman tentang Islam dan Hak Asasi Manusia
    Dunia Islam
    Selasa, 29 November 2022 - 05:15 WIB
    Negeri-negeri Islam tidak satu suara dalam melegalisasi HAM, baik yang berhubungan dengan Deklarasi Internasional HAM yang dikeluarkan oleh Badan Umum PBB atau dokumen-dokumen internasional.
  • Sering Diabaikan, Inilah 6  Hak Muslim Terhadap Muslim Lainya
    Muslimah
    Rabu, 17 Februari 2021 - 07:16 WIB
    Islam selalu mengajurkan kepada kehormatan, kemuliaan dan kedamaian kepada umatnya, serta selalu mengadakan hubungan antara sesama mereka. Untuk menjalin hubungan ini, selain kewajiban terdapat hak atas setiap pribadi muslim terhadap muslim lainnya..
  • Menyayangi dan Memenuhi Hak-hak Binatang yang Perlu Diketahui
    Tips
    Selasa, 15 Maret 2022 - 09:01 WIB
    Islam mengajarkan umatnya agar berbuat baik dan menyayangi binatang. Bahkan, bila kita berbuat baik kepada binatang, maka mendapatkan ampunan dari Allah subhanahu wa taala.
  • Fatwa Rasulullah tentang Hak Asuh Anak Ketika Orang Tua Bercerai
    Muslimah
    Jum'at, 21 Oktober 2022 - 12:04 WIB
    Anak yang dalam kondisi orang tuanya bercerai, baik anak yang masih kecil atau anak cacat, tetap membutuhkan penanganan urusan-urusannya dan memberikan pemeliharaan bagi dirinya.
  • Asma Binti Yazid, Si Penyuara Hak-hak Perempuan
    Muslimah
    Kamis, 25 Februari 2021 - 18:38 WIB
    Ia adalah seorang muslimah ahli hadis yang mulia, mujahidah yang memiliki kecerdasan, dien-nya bagus dan ahli argumen atau seorang orator ulung mewakili kaumnya, sehingga dijuluki sebagai juru bicara wanita.
  • Inilah Hak-hak Istri yang Harus Dipenuhi Suami
    Muslimah
    Selasa, 05 September 2023 - 10:24 WIB
    Selain kewajiban yang harus dijalankan, ada hak-hak tertentu seorang istri atas diri suaminya. Soal hak-hak istri atas suaminya ditegaskan Allah Subhanhu wa taala dala Al Quran Surat Al Baqarah ayat 228.
  • Orang Beriman Takkan Membiarkan Tetangga Kelaparan
    Tausyiah
    Selasa, 21 April 2020 - 13:52 WIB
    Sungguh menyedihkan. Dua kasus kelaparan yang terjadi di tengah masyarakat muslim ini menjadi sindiran bagi kita, bahwa kita hanya mengaku beriman namun kepedulian kita terhadap tetangga masih mini.
  • Apa Hak dan Kewajiban Wanita dalam Masa Iddah? Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Sabtu, 10 September 2022 - 05:15 WIB
    Dalam Islam, ketika seorang istri atau wanita berpisah dengan suaminya baik karena meninggal atau talak, wajib melaksanakan masa iddah.
  • 7 Hak Istri atas Diri Suami, Nomor 6 Rasa Cemburu Tidak Berlebihan
    Muslimah
    Kamis, 06 Oktober 2022 - 09:08 WIB
    Hubungan suami istri dalam Islam, diberikan hak dan kewajiban yang sama, kecuali satu perkara kelebihan suaminya yakni sebagai penanggung jawab keluarga.
  • Nasihat Syaikh Abdul Aziz Bin Baz Bagi Istri yang Tidak Diperlakukan dengan Baik oleh Suaminya
    Muslimah
    Selasa, 22 Maret 2022 - 15:05 WIB
    Ada kasus yang tengah viral, yakni seorang istri yang mendapat perlakukan tidak baik dari suaminya, akhirnya tega membunuh buah hatinya sendiri. Bagaimana pandangan Islam tentang perlakukan suami tersebut?
  • Hak Suami Harus Dipenuhi, Hak Istri Wajib Ditunaikan
    Muslimah
    Rabu, 26 Agustus 2020 - 08:15 WIB
    Umumnya, percikan konflik dalam rumah tangga seringkali berakar dari diabaikannya hak-hak istri atau suami oleh pasangan mereka. Ada hak-hak yang tidak ditunaikan, salah satunya adalah soal hak-hak istri tersebut.