Kumpulan Artikel: Sejarah Azan

  • Begini Lafadz Azan saat Terjadi Hujan Badai, Sudah Tahu?
    Tausyiah
    Minggu, 21 April 2024 - 09:52 WIB
    Lafadz azan saat hujan badai melanda penting diketahui umat Muslim. Jika dibandingkan dengan azan biasa, ada sedikit perbedaan dalam bacaannya.
  • Inilah Dalil Panggilan Azan Dapat Mengusir Setan
    Hikmah
    Rabu, 09 Agustus 2023 - 11:34 WIB
    Azan, tak hanya sebagai penanda waktu salat. Ada hikmah lain di balik lantunan suara azan yakni bisa mengusir setan. Benarkah demikian? Adakah dalil yang menjelaskannya?
  • 4 Alasan Bilal Menjadi Penyeru Azan
    Tausyiah
    Selasa, 01 Maret 2022 - 19:50 WIB
    Bilal bin Rabbah, seorang budak berkulit hitam dari Habsyah (sekarang Ethiopia). Beliau dibesarkan di Kota Ummul Qura (Mekkah) sebagai budak keluarga bani Abdud-Dar.
  • 5 Muazin pada Masa Rasulullah SAW dan Keutamaan Juru Azan
    Hikmah
    Senin, 28 Februari 2022 - 22:31 WIB
    Ada lima Muazin atau juru Azan pada masa Rasulullah SAW yang perlu kita ketahui berikut keutamaan mengumandangkan azan. Pertama kali Azan dikumandangkan Bilal bin Robbah.
  • Kisah Laki-laki Rumahnya Terbakar Setelah Mengejek Seruan Azan
    Hikmah
    Sabtu, 26 Februari 2022 - 05:10 WIB
    Kisah laki-laki yang rumahnya terbakar setelah mengejek seruan Azan patut kita jadikan iktibar (pengajaran). Jangan sekali-kali membenci atau mempermainkan seruan Azan.
  • cover top ayah
    هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ ۚ عٰلِمُ الۡغَيۡبِ وَالشَّهَادَةِ‌ ۚ هُوَ الرَّحۡمٰنُ الرَّحِيۡمُ‏ (٢٢) هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ۚ اَلۡمَلِكُ الۡقُدُّوۡسُ السَّلٰمُ الۡمُؤۡمِنُ الۡمُهَيۡمِنُ الۡعَزِيۡزُ الۡجَـبَّارُ الۡمُتَكَبِّرُ‌ؕ سُبۡحٰنَ اللّٰهِ عَمَّا يُشۡرِكُوۡنَ (٢٣) هُوَ اللّٰهُ الۡخَـالِـقُ الۡبَارِئُ الۡمُصَوِّرُ‌ لَـهُ الۡاَسۡمَآءُ الۡحُسۡنٰى‌ؕ يُسَبِّحُ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضِ‌ۚ وَهُوَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (٢٤)
    Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mengetahui yang gaib dan yang nyata, Dialah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Maharaja, Yang Mahasuci, Yang Mahasejahtera, Yang Menjaga Keamanan, Pemelihara Keselamatan, Yang Mahaperkasa, Yang Mahakuasa, Yang Memiliki Segala Keagungan, Mahasuci Allah dari apa yang mereka persekutukan. Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Dia memiliki nama-nama yang indah. Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada-Nya. Dan Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Hasyr Ayat 22-24)
    cover bottom ayah
  • Sejarah Azan Bermula dari Mimpi Sahabat Nabi, Begini Kisahnya
    Hikmah
    Jum'at, 25 Februari 2022 - 23:14 WIB
    Allah memberi isyarat tentang panggilan Azan lewat mimpi sahabat yang kemudian dibenarkan oleh Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam. Berikut kisahnya.