Topik Terkait: Hadis Mukmin Menakjubkan

  • Keutamaan Mukmin, Semua Urusannya Baik dan Menakjubkan
    Tausyiah
    Senin, 14 November 2022 - 22:05 WIB
    Menjadi mukmin merupakan nikmat terbesar dari sekian banyak nikmat Allah. Bersyukurlah ketika Allah menjadikan kita orang yang beriman (mukmin). Berikut keutamaannya.
  • Ini Perbedaan Muslim dan Mukmin, Kamu Pilih Mana?
    Tausyiah
    Minggu, 22 November 2020 - 07:05 WIB
    Golongan muslim dan mukmin tidaklah sama. Seorang mukmin sudah pasti seorang muslim, namun seorang muslim belum tentu menjadi mukmin. Lantas, apa makna seorang muslim dan mukmin?
  • Mutiara Hadis: Menjaga Persaudaraan di Antara Kaum Mukmin
    Tausyiah
    Senin, 16 Oktober 2023 - 23:44 WIB
    Rasulullah SAW menekankan pentingnya menjaga persaudaraan sesama kaum mukmin (orang beriman). Ukhuwah ini bisa dipelihara manakala sesama muslim saling menyayangi dan mengasihi.
  • Asbabun Nuzul Surat Ibrahim Ayat 24, Perumpamaan Mukmin Seperti Pohon Kurma
    Hikmah
    Rabu, 13 Desember 2023 - 15:50 WIB
    Setelah menggambarkan amal orang kafir dengan abu yang ditiup angin kencang, pada Surat Ibrahim ayat 24 Allah memberi perumpamaan bagi amal baik orang mukmin.
  • Beginilah Keadaan Kaum Mukmin di Dalam Kubur
    Tausyiah
    Selasa, 16 Februari 2021 - 07:30 WIB
    Dalam Kitab Tanbihul Ghafilin, Syeikh Abu Laits As-Samarqandi (Ulama ahli fiqih, wafat 373 H) menceritakan keadaan kaum mukmin (orang beriman) di alam kubur. Seperti apa keadaannya?
  • cover top ayah
    وَوَهَبۡنَا لَهٗۤ اِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ‌ؕ كُلًّا هَدَيۡنَا ‌ۚ وَنُوۡحًا هَدَيۡنَا مِنۡ قَبۡلُ‌ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِهٖ دَاوٗدَ وَسُلَيۡمٰنَ وَاَيُّوۡبَ وَيُوۡسُفَ وَمُوۡسٰى وَ هٰرُوۡنَ‌ؕ وَكَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُحۡسِنِيۡنَۙ (٨٤) وَزَكَرِيَّا وَيَحۡيٰى وَعِيۡسٰى وَاِلۡيَاسَ‌ؕ كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيۡنَۙ (٨٥) وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَالۡيَسَعَ وَيُوۡنُسَ وَلُوۡطًا‌ ؕ وَكُلًّا فَضَّلۡنَا عَلَى الۡعٰلَمِيۡنَۙ (٨٦) وَمِنۡ اٰبَآٮِٕهِمۡ وَذُرِّيّٰتِهِمۡ وَاِخۡوَانِهِمۡ‌ۚ وَاجۡتَبَيۡنٰهُمۡ وَهَدَيۡنٰهُمۡ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسۡتَقِيۡمٍ (٨٧) ذٰ لِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهۡدِىۡ بِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖ‌ؕ وَلَوۡ اَشۡرَكُوۡا لَحَبِطَ عَنۡهُمۡ مَّا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ (٨٨)
    Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yakub kepadanya. Kepada masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan sebelum itu Kami telah memberi petunjuk kepada Nuh, dan kepada sebagian dari keturunannya (Ibrahim) yaitu Dawud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa, dan Harun. Dan demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shalih, dan Ismail, Ilyasa‘, Yunus, dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan (derajatnya) di atas umat lain (pada masanya), (dan Kami lebihkan pula derajat) sebagian dari nenek moyang mereka, keturunan mereka dan saudara-saudara mereka. Kami telah memilih mereka (menjadi nabi dan rasul) dan mereka Kami beri petunjuk ke jalan yang lurus. Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan.

    (QS. Al-An'am Ayat 84-88)
    cover bottom ayah
  • 3 Tingkatan Kaum Mukmin yang Mewarisi Al-Quran
    Tausyiah
    Senin, 06 Desember 2021 - 17:01 WIB
    Dalam satu ayat Al-Quran disebutkan bahwa umat Nabi Muhammad yang mewarisi Kitabullah terdiri dari tiga tingkatan. Siapa saja mereka? Berikut penjelasannya.
  • Filosofi Mukmin dan Pohon Kurma
    Tausyiah
    Kamis, 18 Februari 2021 - 22:11 WIB
    Rasulullah shallallahu alaihi wasallam memberikan perumpamaan seorang mukmin itu ibarat pohon kurma. Ibnu Umar menceritakan, Rasulullah bertanya kepada para sahabat beliau,
  • Hadis Arbain: Perintah untuk Bersifat Zuhud
    Tips
    Sabtu, 18 November 2023 - 10:46 WIB
    Berikut ini adalah hadis Arbain ke-31 dari 42 daftar hadis Arbain karangan Imam Nawawi . Meski bernama Arban (berarti 40), kitab ini tak memuat hadis dengan jumlah persis 40, melainkan 42 hadis.
  • Hadis-hadis Pernikahan yang Penting Diketahui Pasangan yang Mau Menikah
    Muslimah
    Minggu, 05 Maret 2023 - 05:15 WIB
    Islam memandang pernikahan dan pembentukan keluarga sebagai sarana efektif untuk memelihara muslim dan muslimah dari kerusakan, dan melindungi masyarakat dari kekacauan.
  • Hadis Palsu Bisa Menggelincirkan Umat pada Kedustaan yang Disandarkan kepada Rasulullah SAW
    Tausyiah
    Rabu, 06 Juli 2022 - 16:37 WIB
    Syaikh Al-Albani mengatakan hadis maudhu atau palsu, bisa juga disebut hadis hoaks, bisa membuat umat tergelincir dalam menyebarkan kedustaan yang disandarkan kepada Rasulullah SAW.
  • Hadis Arbain: Allah Telah Menetapkan Kewajiban-Kewajiban
    Tips
    Sabtu, 18 November 2023 - 10:40 WIB
    Berikut ini adalah hadis Arbain ke-30 dari 42 daftar hadis Arbain karangan Imam Nawawi . Meski bernama Arban (berarti 40), kitab ini tak memuat hadis dengan jumlah persis 40, melainkan 42 hadis.
  • 4 Hadis Ringan yang Perlu Dikenalkan kepada Anak Sejak Usia Dini
    Muslimah
    Jum'at, 12 Januari 2024 - 13:54 WIB
    Ada beberapa hadis-hadis Nabi yang berisi nasihat-nasihat yang perlu kita sampaikan, dan hendaknya ini dihafal oleh orang tua untuk disampaikan kepada anak.
  • Berikut Ini 4 Hadis yang Masuk Daftar 40 Hadis Arbain Karangan Imam Nawawi
    Tips
    Senin, 30 Oktober 2023 - 16:00 WIB
    Berikut ini 4 hadis yang masuk dalam daftar 40 hadis Arbain karangan Imam Nawawi yang sangat populer. Meski bernama Arban (berarti 40), kitab ini tak memuat hadis dengan jumlah persis 40, melainkan 42 hadis.
  • Inilah Beda Kriteria Hadis Kaum Rafidah dengan Sunni
    Hikmah
    Senin, 09 Oktober 2023 - 11:51 WIB
    Ketiga kriteria tersebut dipandang tidak sahih oleh ulama Sunni. Berikut ini ringkasan kriteria penerimaan riwayat hadis menurut ulama Suni, dengan perbedaan yang jelas.
  • Sakaratul Maut Bagi Kaum Mukmin, Malaikat Berwajah Putih Datang Menghampirinya
    Tausyiah
    Senin, 15 Februari 2021 - 17:39 WIB
    Jika orang kafir mengalami kesulitan yang amat menyakitkan ketika sakaratul maut, maka sebaliknya orang mukmin akan disambut dengan oleh Malaikat yang baik dengan izin Allah.
  • Memahami 4 Hadis yang Menjelaskan tentang Doa-doa Mustajab
    Hikmah
    Selasa, 08 Agustus 2023 - 17:08 WIB
    Doa mustajab banyak tercatum dalam hadis, doa mustajab sendiri merupakan doa yang langsung diijabah Allah subhanahu wa taala.
  • Hadis Arbain: Kebaikan Itu Adalah Akhlak yang Baik
    Tips
    Jum'at, 17 November 2023 - 11:13 WIB
    Berikut ini adalah hadis Arbain ke-27 dari 42 daftar hadis Arbain karangan Imam Nawawi . Meski bernama Arban (berarti 40), kitab ini tak memuat hadis dengan jumlah persis 40, melainkan 42 hadis.
  • Hadis Arbain: Jadilah Engkau di Dunia Ini Seperti Orang Asing
    Tips
    Selasa, 21 November 2023 - 05:58 WIB
    Berikut ini adalah hadis Arbain ke-40 dari 42 daftar hadis Arbain karangan Imam Nawawi . Meski bernama Arban (berarti 40), kitab ini tak memuat hadis dengan jumlah persis 40, melainkan 42 hadis.
  • Hadis Arbain: Kewajiban Mengingkari Kemungkaran
    Tips
    Sabtu, 18 November 2023 - 13:08 WIB
    Berikut ini adalah hadis Arbain ke-34 dari 42 daftar hadis Arbain karangan Imam Nawawi . Meski bernama Arban (berarti 40), kitab ini tak memuat hadis dengan jumlah persis 40, melainkan 42 hadis.
  • Keutamaan Membaca Hadis, Salah Satunya Dielokkan Wajahnya
    Muslimah
    Selasa, 28 Juni 2022 - 12:25 WIB
    Membaca hadis-hadis Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam memiliki keutamaan tersendiri bagi pembaca dan penghafalnya. Kenapa demikian?