Topik Terkait: Paham Al ASyariyah

  • Biografi Abu Hasan Al-Asyari, Imam Besar Ahli Sunnah Wal Jamaah
    Hikmah
    Selasa, 07 Maret 2023 - 23:52 WIB
    Sosok ulama satu ini pasti tak asing bagi umat muslim karena dikenal sebagai pendiri manhaj Ahlu Sunnah Waljamaah. Beliau adalah Imam Abu Hasan Al-Asyari, kelahiran Basrah abad ke-3 H.
  • Ulama dan Asatiz se-Jakarta Pusat Bahas Paham Liberalisme
    Hikmah
    Jum'at, 11 Oktober 2019 - 17:16 WIB
    MUI Jakarta Pusat menggelar muzakaroh ulama dan asatiz (para ustaz) se-Jakarta Pusat dengan tema membongkar kesesatan paham liberal dan tokohnya di dunia dan Indonesia.
  • Rumah Tangga Tentram Karena Paham Agama
    Muslimah
    Selasa, 01 Juni 2021 - 07:30 WIB
    Dalam rumah tangga harus ada kasih sayang dari Qolbu di antara suami dan istri. Aktivitas keduanya selalu bernilai ibadah dan difokuskan untuk menjalankan syariat Allah Taala.
  • Surat Terpendek di Al Quran : Surat Al-Kautsar,  3 Ayat yang Memiliki Banyak Faedah
    Tips
    Jum'at, 06 Agustus 2021 - 13:27 WIB
    Surat terpendek di Al Quran adalah surat Al-Kautsar, yang hanya terdiri dari tiga ayat saja. Surat ini merupakan surat ke-108 dalam Al-Quran yang diturunkan di Makkah.
  • Inilah Sahabat yang Mengkhatamkan Al-Quran Dalam Salat Malamnya
    Hikmah
    Jum'at, 24 Januari 2020 - 16:51 WIB
    Al-Quran terdiri dari 114 surat dan 1.027.000 huruf (menurut Imam Syafii). Jika 1 huruf sama dengan 10 kebaikan, maka berapa kebaikan yang kita dapat ketika membaca dan mengkhatamkannya?
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • Tafsir Surat Al-Kahfi Ayat 1, Pujian kepada Allah yang Telah Menurunkan Al-Quran
    Hikmah
    Kamis, 08 Juni 2023 - 23:05 WIB
    Surat Al-Kahfi ayat 1 termasuk ayat-ayat yang agung karena berisi pujian kepada Allah yang telah menurunkan Kitab suci Al-Quran. Berikut penjelasan tafsirnya.
  • Inilah Keutamaan Membaca Surat Al-Ikhlas Paling Dahsyat, Setara dengan Sepertiga Al-Quran
    Tips
    Senin, 06 Maret 2023 - 13:16 WIB
    Keutamaan membaca Surat Al-Ikhlas sangat banyak. Tapi ada keutamaan yang paling dahsyat yang pernah disabdakan Rasulullah SAW, yakni akan disetarakan Allah SWT seperti membaca sepertiga Al-Quran
  • Surat Al Maidah: Ayat Al-Quran yang Terakhir Kali Turun
    Hikmah
    Jum'at, 06 Agustus 2021 - 15:31 WIB
    Surat Al-Maidah, ayat Al-Quran yang terakhir turun kepada Nabi Muhammad shalallahu alaihi wasallam. Surat ini terdiri dari 120 ayat, surah kelima yang termasuk golongan Madaniyyah.
  • Surat Al-Kautsar, Surat Terpendek yang Keutamaannya Banyak
    Muslimah
    Rabu, 30 September 2020 - 08:26 WIB
    Surat ini merupakan surat terpendek dalam Al-Quran karena hanya terdiri dari tiga ayat saja. Namun, surat Al-Kautsar ternyata memiliki keutamaan dan faedah yang banyak.
  • Memahami Makna Al-Kautsar dalam Surat Al-Kautsar
    Tausyiah
    Sabtu, 19 Agustus 2023 - 23:05 WIB
    Makna Al-Kaustar dalam Surat Al-Kautsar penting diketahui kaum muslim. Surat Al-Kautsar termasuk surat-surat pendek terdiri 3 ayat, namun kandungannya sangat agung.
  • Cara Murojaah Al-Quran untuk Orang Dewasa, Berikut Tipsnya
    Tips
    Selasa, 11 Juli 2023 - 13:47 WIB
    Cara murojaah Al-Quran untuk orang dewasa sebenarnya tidak begitu sulit jika memiliki niat dan istiqamah meluangkan waktu. Berikut beberapa tipsnya.
  • Doa Setelah Membaca Surat Al-Waqiah, Arab, Latin dan Artinya
    Tips
    Sabtu, 04 September 2021 - 11:03 WIB
    Doa setelah membaca surat Al- Waqiah ini dianjurkan diamalkan agar surat ke 56 dalam Al-Quran yang rutin kita baca ini, dapat menjauhkan kita dari kemiskinan dan kefakiran.
  • Surat Nasehat al-Hasan al-Bashri  untuk Khalifah Umar bin Abdul Aziz
    Hikmah
    Minggu, 04 Juli 2021 - 11:00 WIB
    Kisah di bawah ini, syarat dengan hikmah tentang bagaimana sosok pemimpin yang bijaksana dan dapat mengemban amanah dunia ini dengan sebaik-baiknya, dan ia pun terbuka pada nasehat orang lain.
  • 2 Ayat Terakhir Surat Al-Baqarah: Bacaan, Arti, dan Manfaat
    Tips
    Jum'at, 24 November 2023 - 17:52 WIB
    Dua ayat terakhir Surat Al-Baqarah memiliki banyak keutamaan yang terkandung. Maka dari itu, umat Muslim sangat dianjurkan untuk sering membaca kedua ayat tersebut agar mendapat manfaatnya.
  • Surat Al Mulk Lengkap Ayat 1-30 dan Terjemahannya
    Hikmah
    Selasa, 30 Mei 2023 - 20:47 WIB
    Surat Al Mulk lengkap ayat 1-30 akan dibahas dalam artikel ini. Al Mulk merupakan surah ke-67 dalam Alquran yang terdiri dari 30 ayat dan bisa menjadi bacaan yang bisa diamalkan.
  • 200 Mushaf Al-Quran Disalurkan kepada Santri Yatim Dhuafa di Uganda
    Dunia Islam
    Jum'at, 22 April 2022 - 23:50 WIB
    Sebanyak 200 mushaf Al-Quran disalurkan Kepada santri yatim dhuafa penghafal Al-Quran di Rumah Tahfizh Ar-Rahman Islamic School, Kota Sironko, Uganda.
  • Asbabun Nuzul Surat Al-Kahfi dan Hadis-hadis Keutamaan Membacanya
    Hikmah
    Kamis, 25 November 2021 - 21:15 WIB
    Surat Al-Kahfi (Surat ke-18 dalam Al-Quran) adalah surat yang memiliki banyak keistimewaan. Berikut Asbabun Nuzul Surat Al-Kahfi dan Hadis-hadis keutamannya.
  • Surat Al-Quran untuk Menenangkan Hati yang Dilanda Gundah dan Gelisah
    Tips
    Senin, 18 Juli 2022 - 15:23 WIB
    Banyak surat Al-Quran untuk menenangkan hati yang tengah gundah dan gelisah. Bahkan, Al-Quran juga banyak mengungkap kiat-kiat agar manusia hatinya tenang dan tentram.
  • Arti Surat Al Maun dan  Keutamaannya
    Tips
    Kamis, 05 Agustus 2021 - 18:05 WIB
    Arti surat Al Maun adalah barang atau hal-hal yang berguna, yang diambil dari ayat terakhir dari surat ini. Surat al Maun juga dinamakan Surat Ad Din, Surat At Takdzib, Surat Al Yatim, dan Surat Araaita
  • Cara Mudah Membaca Surat Al-Fatihah Supaya Tidak Keliru
    Tips
    Sabtu, 05 Agustus 2023 - 22:01 WIB
    Cara membaca Surat Al-Fatihah wajib dipelajari kaum muslim supaya tidak keliru ketika melafazkannya. Seperti diketahui, Surat Al-Fatihah merupakan syarat sahnya sholat.