Kumpulan Artikel: Ramadhan (halaman 16)

  • 9 Amalan Terbaik pada 10 Hari Terakhir Ramadhan
    Tausyiah
    Jum'at, 22 April 2022 - 03:05 WIB
    Sabtu (23/4/2022) atau besok malam menurut kalender Hijriyah kita akan memasuki 10 hari terakhir bulan Ramadhan 1443 H. Berikut 9 Amalan terbaik 10 Hari terakhir Ramadhan.
  • Pusat Astronomi UEA Sebut Idul Fitri Jatuh Pada 2 Mei
    Dunia Islam
    Jum'at, 22 April 2022 - 01:07 WIB
    Direktur Pusat Astronomi Internasional UEA, Mohammed Shawkat Odeh, menjelaskan bahwa melihat bulan sabit pada 30 April tidak mungkin karena bulan akan terbenam sebelum matahari.
  • Perbedaan Zakat Fitrah dan Zakat Maal
    Tips
    Kamis, 21 April 2022 - 23:56 WIB
    Perbedaan Zakat Fitrah dan Zakat Maal perlu diketahui umat muslim. Dalam Islam dikenal ada dua jenis zakat yaitu, zakat fitrah dan zakat maal (zakat harta).
  • 3 Syarat Menunaikan Zakat Fitrah dan Orang yang Wajib Dinafkahi
    Tausyiah
    Kamis, 21 April 2022 - 23:17 WIB
    Menunaikan zakat merupakan satu dari lima rukun Islam yang wajib dilaksanakan umat muslim. Ada tiga syarat wajib menununaikan Zakat Fitrah yang perlu kita ketahui.
  • Inilah 7 Tips Sehat Berpuasa Selama Bulan Ramadhan
    Tips
    Kamis, 21 April 2022 - 13:56 WIB
    Menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh memerlukan stamina dan kondisi tubuh yang prima. Nah, agar kita dapat menjaga tubuh tetap sehat serta tetap semangat menjalankan ibadah puasanya, ada beberapa tips yang bisa kita lakukan.
  • cover top ayah
    يٰۤـاَيُّهَا النَّاسُ اِنۡ كُنۡـتُمۡ فِىۡ رَيۡبٍ مِّنَ الۡبَـعۡثِ فَاِنَّـا خَلَقۡنٰكُمۡ مِّنۡ تُرَابٍ ثُمَّ مِنۡ نُّـطۡفَةٍ ثُمَّ مِنۡ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنۡ مُّضۡغَةٍ مُّخَلَّقَةٍ وَّغَيۡرِ مُخَلَّقَةٍ لِّـنُبَيِّنَ لَـكُمۡ‌ ؕ وَنُقِرُّ فِى الۡاَرۡحَامِ مَا نَشَآءُ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ نُخۡرِجُكُمۡ طِفۡلًا ثُمَّ لِتَبۡلُغُوۡۤا اَشُدَّكُمۡ ‌ۚ وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّتَوَفّٰى وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّرَدُّ اِلٰٓى اَرۡذَلِ الۡعُمُرِ لِكَيۡلَا يَعۡلَمَ مِنۡۢ بَعۡدِ عِلۡمٍ شَيۡــًٔـا‌ ؕ وَتَرَى الۡاَرۡضَ هَامِدَةً فَاِذَاۤ اَنۡزَلۡنَا عَلَيۡهَا الۡمَآءَ اهۡتَزَّتۡ وَرَبَتۡ وَاَنۡۢبَـتَتۡ مِنۡ كُلِّ زَوۡجٍۢ بَهِيۡجٍ
    Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan tetumbuhan yang indah.

    (QS. Al-Hajj Ayat 5)
    cover bottom ayah
  • 6 Perkara yang Hukumnya Makruh Saat berpuasa
    Muslimah
    Kamis, 21 April 2022 - 13:22 WIB
    Dalam kegiatan sehari-hari ada perkara-perkara yang dihukumi makruh, termasuk dalam kegiatan ibadah puasa di bulan Ramadhan ini. Apa saja perbuatan makruh tersebut?
  • Catat! Ini Waktu Terbaik dan Paling Afdhol Membayar Zakat Fitrah
    Tausyiah
    Kamis, 21 April 2022 - 09:30 WIB
    Di antara kewajiban seorang muslim yang sangat penting adalah menunaikan Zakat Fitrah. Berikut ini waktu terbaik dan paling afdhol membayar Zakat Fitrah.
  • Macam-macam Zakat Selain Zakat Fitrah
    Tausyiah
    Kamis, 21 April 2022 - 04:01 WIB
    Zakat merupakan amalan penting bagi umat muslim. Dalam Islam dikenal dua jenis zakat. Pertama adalah zakat fitrah, kedua adalah zakat harta atau zakat mal.
  • Sejarah dan Asal-usul Diperintahkannya Makan Sahur
    Hikmah
    Kamis, 21 April 2022 - 03:15 WIB
    Makan sahur adalah makan yang penuh berkah. Umat Islam perlu mengetahui sejarah dan asal usul diperintahkan makan sahur. Berikut ulasannya.
  • Lailatul Qadar, Jibril dan Para Malaikat Turun Mengatur Segala Urusan
    Hikmah
    Rabu, 20 April 2022 - 22:39 WIB
    Salah satu yang membuat Lailatul Qadar sangat istimewa adalah turunnya Jibril dan para Malaikat untuk mengatur segala urusan. Berikut penjelasannya.
  • Sejarah Lailatul Qadar Ternyata Berawal dari Kisah Nabi Syamun
    Hikmah
    Rabu, 20 April 2022 - 22:00 WIB
    Asal-usul diturunkannya Lailatul Qadar ternyata memiliki cerita menarik. Kisahnya bermula dari Nabi Syamun, seorang Nabi dari Bani Israel yang memiliki fisik kuat melawan kemungkaran.
  • Pembayaran Zakat Fitrah Boleh Dipercepat di Awal Ramadhan
    Tausyiah
    Rabu, 20 April 2022 - 19:43 WIB
    Zakat fitrah memiliki dimensi sosial yang sangat kuat. Mengandung banyak hikmah dari segi waktu pelaksanaannya, materi zakatnya, orang yang terkena kewajiban, dan mereka yang berhak menerima..
  • Inilah 5 Amalan yang Pahalanya Dilipatgandakan di Bulan Ramadhan
    Tips
    Rabu, 20 April 2022 - 17:01 WIB
    Dalam Islam, keutamaan dan keistimewaan bulan Ramadhan dijelaskan melalui beragam bentuk, seperti pahala ibadah dilipatgandakan, hingga dibukanya pintu surga dan ditutupnya pintu neraka. .
  • Bulan Ramadhan, IWAPI Berbagi Kasih Bersama Anak Yatim Piatu dan Dhuafa
    Dunia Islam
    Rabu, 20 April 2022 - 13:34 WIB
    Bulan Ramadhan merupakan bulan suci, dimana umat muslim berlomba mencari pahala dengan memberikan santunan kepada mereka yang berhak.
  • Masjid Al-Madina Zona Madina Dompet Dhuafa Gelar Ramadan Camp Al - Madinah 2022
    Dunia Islam
    Rabu, 20 April 2022 - 13:09 WIB
    Sebanyak 150 anak berpartisipasi dalam kegiatan Ramadhan Camp Al-Madinah 2022 yang digelar Masjid Al-Madina Zona Madina Dompet Dhuafa di Zona Madina Dompet Dhuafa Bogor, Sabtu (17/4) lalu.
  • Hindari Waktu Ini Ketika Menyerahkan Zakat Fitrah
    Tausyiah
    Rabu, 20 April 2022 - 03:05 WIB
    Menunaikan zakat fitrah pada bulan Ramadhan hukumnya wajib bagi setiap muslim. Berikut ini waktu yang harus dihindari ketika menyerahkan zakat fitrah.
  • Quraish Shihab: Rasulullah SAW Ajarkan Sambut Lailatul Qadar dengan Itikaf
    Tausyiah
    Rabu, 20 April 2022 - 03:00 WIB
    Rasulullah SAW mengajarkan kepada umatnya, dalam rangka menyambut kehadiran Lailat Al-Qadar itu, antara lain adalah melakukan itikaf. Walaupun itikaf dapat dilakukan kapan saja.
  • Zakat Fitrah Menurut Mazhab Syafii Tidak Dianjurkan Pakai Uang
    Tausyiah
    Selasa, 19 April 2022 - 23:53 WIB
    Dalam menunaikan zakat fitrah hendaknya umat muslim mengetahui hal-hal berikut. Bagi Mazhab Syafii, zakat fitrah tidak dianjurkan dengan uang.
  • Pengalaman Berpuasa Mahasiswa RI di Kanada: Bak Musafir, Menahan Lapar dan Dahaga hingga 16 Jam
    Dunia Islam
    Selasa, 19 April 2022 - 20:01 WIB
    Bulan Ramadan menjadi kesempatan bagi Dhafa meningkatkan ketakwaan sekaligus menyiarkan agama Islam kepada teman-teman kuliahnya di Toronto, Kanada.
  • 8 Golongan Penerima Zakat, Siapa Saja Mereka?
    Tausyiah
    Selasa, 19 April 2022 - 19:41 WIB
    Zakat merupakan kewajiban dari Allah bagi setiap muslim yang mampu. Salah satu keutamaan menunaikan zakat adalah membersihkan harta dan menyucikan jiwa.