Kumpulan Artikel: Isra Miraj (halaman 4)

  • Isra Miraj (8/Tamat): Perjalanan Pulang Rasulullah Sedih karena Abu Jahal Mendustakannya
    Hikmah
    Senin, 15 Maret 2021 - 10:40 WIB
    Perjalanan agung Isra Miraj Rasulullah berakhir di Sidratul Muntaha hingga bertemu Allah Azza wa Jalla. Dalam perjalanan pulang, Rasulullah dibuat sedih karena Abu Jahal mendustakannya.
  • Isra Miraj (7): Naik ke Sidratul Muntaha Bertemu Allah dan Mendapat Keringanan Sholat
    Hikmah
    Sabtu, 13 Maret 2021 - 22:11 WIB
    Isra Miraj Nabi Muhammad berakhir di Sidratul Muntaha. Dalam perjalanan terakhir ini, Rasulullah diangkat ke tempat tertinggi hingga bertemu Allah Azza wa Jalla.
  • Isra Miraj, Masjid Al-Aqsha dan Ilusi Haikal Sulaiman yang Hilang
    Tausyiah
    Sabtu, 13 Maret 2021 - 14:39 WIB
    Barangkali ada ratusan pertanyaan di benak kita tentang konflik berkepanjangan di Palestina hari ini. Terlebih, saat datangnya bulan Rajab yang dimuliakan oleh umat Muslim.
  • Isra Miraj (6): Nabi Musa Menangis dan Nabi Ibrahim Duduk di Pintu Surga
    Hikmah
    Jum'at, 12 Maret 2021 - 17:28 WIB
    Kisah Isra Miraj berikutnya, Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam bertemu Nabiyullah Musa alaihissalam tengah menangis dan Nabi Ibrahim alahissalam sedang duduk di pintu surga.
  • Isra Miraj (5): Rasulullah Bertemu Nabi Adam dan Melihat Kaum yang Disiksa
    Hikmah
    Jum'at, 12 Maret 2021 - 05:00 WIB
    Perjalanan Isra Miraj berikutnya, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bertemu Nabi Adam alaihissalam dan Para Nabi lainnya. Beliau juga menyaksikan rintihan kaum yang disiksa.
  • cover top ayah
    يٰۤـاَيُّهَا النَّاسُ اِنۡ كُنۡـتُمۡ فِىۡ رَيۡبٍ مِّنَ الۡبَـعۡثِ فَاِنَّـا خَلَقۡنٰكُمۡ مِّنۡ تُرَابٍ ثُمَّ مِنۡ نُّـطۡفَةٍ ثُمَّ مِنۡ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنۡ مُّضۡغَةٍ مُّخَلَّقَةٍ وَّغَيۡرِ مُخَلَّقَةٍ لِّـنُبَيِّنَ لَـكُمۡ‌ ؕ وَنُقِرُّ فِى الۡاَرۡحَامِ مَا نَشَآءُ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ نُخۡرِجُكُمۡ طِفۡلًا ثُمَّ لِتَبۡلُغُوۡۤا اَشُدَّكُمۡ ‌ۚ وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّتَوَفّٰى وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّرَدُّ اِلٰٓى اَرۡذَلِ الۡعُمُرِ لِكَيۡلَا يَعۡلَمَ مِنۡۢ بَعۡدِ عِلۡمٍ شَيۡــًٔـا‌ ؕ وَتَرَى الۡاَرۡضَ هَامِدَةً فَاِذَاۤ اَنۡزَلۡنَا عَلَيۡهَا الۡمَآءَ اهۡتَزَّتۡ وَرَبَتۡ وَاَنۡۢبَـتَتۡ مِنۡ كُلِّ زَوۡجٍۢ بَهِيۡجٍ
    Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan tetumbuhan yang indah.

    (QS. Al-Hajj Ayat 5)
    cover bottom ayah
  • Fakhitah binti Abi Thalib, Saksi Sejarah Perjalanan Isra Miraj Nabi SAW
    Muslimah
    Kamis, 11 Maret 2021 - 15:24 WIB
    Ummu Hani adalah sosok penting dalam sejarah Islam. Dari rumahnya, di bawah atap yang menjadi langit keluarganya, sebuah kemukjizatan pernah terjadi. Kediamannya yang penuh berkah menjadi saksi peristiwa Isra Miraj.
  • Isra Miraj (4): Nabi Muhammad Jadi Imam Sholat Bagi Para Rasul dan Bertemu Bidadari
    Hikmah
    Kamis, 11 Maret 2021 - 08:00 WIB
    Perjalanan berikutnya, Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam bertemu para Nabi dan menjadi Imam sholat bagi mereka. Berikut kisahnya diceritakan Al-Habib Ahmad Bin Novel Bin Salim Bin Jindan.
  • Isra Miraj di Era Covid-19
    Tausyiah
    Kamis, 11 Maret 2021 - 07:00 WIB
    Sebelum saya memasuki aspek-aspek penting dari Isra Miraj, saya ingin merespons pihak-pihak yang berusaha mengaburkan, bahkan membangun keraguan tentang peristiwa agung dalam sejarah Islam ini.
  • Hadiah Istimewa Isra Miraj, Berikut 12 Fakta Tentang Sholat
    Tausyiah
    Kamis, 11 Maret 2021 - 05:00 WIB
    Peringatan Isra Miraj selalu dikaitkan dengan turunnya perintah sholat 5 waktu sehari semalam. Nabi Muhammad menerima perintah ini ketika melakukan Isra Miraj ke Sidratul Muntaha pada malam 27 Rajab.
  • Mengapa Sandal Rasulullah SAW Diizinkan Menembus Sidratul Muntaha?
    Tausyiah
    Rabu, 10 Maret 2021 - 21:31 WIB
    Perjalanan Isra Miraj merupakan bentuk kecintaan Allah Taala pada kekasih-Nya Rasulullah Al-Musthafa. Sebuah perjalanan melintasi berbagai dimensi waktu yang sangat mengagumkan.
  • Keutamaan Malam 27 Rajab, Jangan Lupa Lakukan Amalan Ini
    Muslimah
    Rabu, 10 Maret 2021 - 18:14 WIB
    Malam ini, tepatnya malam 27 Rajab dalam kalender Islam adalah malam istimewa bagi umat muslim. Karena pada malam tersebut, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam melewati malam dengan pengalaman spiritual yang luar biasa.
  • Isra Miraj (3): Rasulullah Mencium Bau yang Amat Wangi dan Melihat Rupa Asli Dajjal
    Hikmah
    Rabu, 10 Maret 2021 - 14:39 WIB
    Setelah Jin Ifrit tersungkur, di tengah perjalanan Isra Miraj Rasulullah shallallahu alaihi wasallam mencium bau yang amat wangi. Rasulullah bertanya, Wangi apa ini wahai Jibril?.
  • Isra Miraj (2): Jin Ifrit Tersungkur Ketika Mengincar Rasulullah di Atas Buraq
    Hikmah
    Selasa, 09 Maret 2021 - 21:25 WIB
    Ketika Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam melakukan perjalanan agung Isra Miraj bersama Buraq, beliau sempat diincar Jin Ifrit. Berikut kisahnya diceritakan Habib Ahmad bin Novel Salim Jindan.
  • Isra Miraj (1): Kisah Perjalanan Agung Nabi Muhammad
    Hikmah
    Selasa, 09 Maret 2021 - 17:45 WIB
    Di bulan Rajab ini umat Islam biasanya merayakan perjalanan agung Isra Mikraj Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam. Ada banyak pelajaran yang dapat kita petik dari peristiwa tersebut.
  • Kisah Isra Mikraj: Ini Penyebab Nabi Musa Menangis Saat Jumpa Nabi Muhammad
    Hikmah
    Selasa, 09 Maret 2021 - 13:04 WIB
    Aku menangis, karena ada orang yang lebih muda diutus setelahku, tapi umatnya lebih banyak yang masuk surga daripada umatku, jawab Nabi Musa menyesal.
  • Hukum Merayakan Isra Mikraj, Jangan Sampai Gagal Paham
    Tausyiah
    Senin, 08 Maret 2021 - 16:27 WIB
    Isra Mikraj 27 Rajab tahun ini jatuh pada Kamis (11/3/2021). Bagaimana hukum merayakan Isra Mikraj dalam pandangan syariat? Berikut penjelasannya.
  • 5 Pesan Buya Yahya Dibalik Mukjizat Isra Mikraj
    Tausyiah
    Senin, 08 Maret 2021 - 15:25 WIB
    Buya Yahya menyampaikan lima pesan penting dibalik mukjizat Isra Mikraj. Tahun ini, Isra Mikraj 27 Rajab jatuh pada Kamis (11/3/2021). Berikut pesannya.
  • Mengenal Ummu Hani, Saksi Penting Sejarah Isra Miraj Nabi SAW
    Muslimah
    Rabu, 23 Desember 2020 - 15:04 WIB
    Namanya memang tidak sepopuler para shahabiyah Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam. Tetapi Fakhitah binti Abi Thalib bin Abdul Muthalib bin Hasyim, memiliki keistimewaan di mata Rasulullah
  • Kisah Bumi Berbangga kepada Langit dan Buraq yang Menangis
    Hikmah
    Jum'at, 14 Agustus 2020 - 19:24 WIB
    Dalam Kitab Tanbihul Ghafilin, Imam Abu Laits As-Samarqandi (wafat 373 H) diceritakan kisah bumi yang merasa bangga kepada langit. Kisah ini berkaitan dengan peristiwa Isra dan Mikraj Nabi Muhammad SAW.
  • Kisah Bau Harum Tukang Sisir Putri Firaun Saat Rasulullah Miraj
    Tausyiah
    Senin, 13 Juli 2020 - 08:51 WIB
    Tiba-tiba sisir di tangan Masyithah jatuh dan tanpa sadar asma Allah keluar dari lisan Masyithah. Bismillah, ucap Masyithah spontan, saat mengambil sisir itu.