Topik Terkait: Niat Buruk

  • Berniat Buruk Apakah Termasuk Dosa? Ini Penjelasannya
    Tausyiah
    Rabu, 06 Desember 2023 - 20:31 WIB
    Di antara kasih sayang Allah terhadap manusia adalah amal kebaikan bisa menghapus keburukan, sedangkan keburukan tidak akan menghapus kebaikan.
  • Berjuang Meluruskan Niat Itu Berat, Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Kamis, 24 Agustus 2023 - 19:35 WIB
    Hendaknya setiap orang meluruskan niat dalam setiap amal ibadah, terutama dalam hal menuntut ilmu. Ini merupakan pekerjaan yang berat karena niat dan ikhlas itu berat.
  • Berikut 6 Lafal Niat Puasa Ramadhan
    Tips
    Senin, 04 April 2022 - 04:05 WIB
    Salah satu rukun puasa adalah niat yang waktunya ditentukan yaitu setelah masuknya waktu Maghrib sampai sebelum masuknya waktu Subuh. Berikut 6 versi lafal niat puasa Ramadhan..
  • Niat Menyambut Bulan Suci Ramadhan yang Dilazimkan Para Ulama
    Tips
    Senin, 12 April 2021 - 09:36 WIB
    Setiap amalan tergantung pada niatnya dan bagi setiap orang apa yang dia niatkan. Berikut niat menyambut bulan suci Ramadhan sebagaimana dilazimkan para sholihin.
  • Bolehkah Menggabungkan Niat Puasa dengan Diet? Begini Hukumnya
    Muslimah
    Selasa, 12 April 2022 - 11:53 WIB
    Banyak di kalangan muslimah, ketika menjalankan ibadah puasa Ramadhan terselip niat puasa sambil berdiet, karena menilai puasa sangat tepat untuk menurunkan berat badan. Bolehkah dilakukan dan bagaimana hukumnya?
  • cover top ayah
    وَاِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ ءَاَنۡتَ قُلۡتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُوۡنِىۡ وَاُمِّىَ اِلٰهَيۡنِ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ‌ؕ قَالَ سُبۡحٰنَكَ مَا يَكُوۡنُ لِىۡۤ اَنۡ اَقُوۡلَ مَا لَـيۡسَ لِىۡ بِحَقٍّ‌ؕ اِنۡ كُنۡتُ قُلۡتُهٗ فَقَدۡ عَلِمۡتَهٗ‌ؕ تَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِىۡ وَلَاۤ اَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِكَ‌ؕ اِنَّكَ اَنۡتَ عَلَّامُ الۡغُيُوۡبِ‏ (١١٦) مَا قُلۡتُ لَهُمۡ اِلَّا مَاۤ اَمَرۡتَنِىۡ بِهٖۤ اَنِ اعۡبُدُوا اللّٰهَ رَبِّىۡ وَرَبَّكُمۡ‌ۚ وَكُنۡتُ عَلَيۡهِمۡ شَهِيۡدًا مَّا دُمۡتُ فِيۡهِمۡ‌ۚ فَلَمَّا تَوَفَّيۡتَنِىۡ كُنۡتَ اَنۡتَ الرَّقِيۡبَ عَلَيۡهِمۡ‌ؕ وَاَنۡتَ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ شَهِيۡدٌ‏ (١١٧) اِنۡ تُعَذِّبۡهُمۡ فَاِنَّهُمۡ عِبَادُكَ‌ۚ وَاِنۡ تَغۡفِرۡ لَهُمۡ فَاِنَّكَ اَنۡتَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (١١٨)
    Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Engkaukah yang mengatakan kepada orang-orang, jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua tuhan selain Allah? (Isa) menjawab, Mahasuci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku. Jika aku pernah mengatakannya tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang gaib. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (yaitu), Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, dan aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di tengah-tengah mereka. Maka setelah Engkau mewafatkan aku, Engkaulah yang mengawasi mereka. Dan Engkaulah Yang Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu, dan jika Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Maidah Ayat 116-118)
    cover bottom ayah
  • Niat Puasa Tasua Teks Arab dan Terjemah Bahasa Indonesia
    Tips
    Selasa, 14 Mei 2024 - 06:04 WIB
    Berikut ini niat Puasa Tasua teks Arab dan terjemah Bahasa Indonesia. Bacaan niat puasa Tasua atau puasa sunah pada hari ke-9 Muharam penting diketahui umat muslim.
  • Bacaan Niat Puasa Tasua dan Asyura Lafaz Arab, Latin dan Artinya
    Tips
    Minggu, 31 Juli 2022 - 08:05 WIB
    Hari ini kita memasuki 2 Muharram 1444 Hijriyah bertepatan Ahad (31/7/2022). Pada bulan ini terdapat satu hari yang istimewa dimana umat Islam diperintahkan untuk berpuasa.
  • Bacaan Niat Makan Sahur Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Terjemahan
    Tips
    Selasa, 12 Maret 2024 - 15:31 WIB
    Bacaan niat makan sahur penting diketahui umat Muslim. Sesuai namanya, doa tersebut dilafazkan sebelum menyantap makanan sahur di bulan Ramadan.
  • Perhatikan 4 Hal Ini Terkait Niat Puasa Ramadan
    Tausyiah
    Minggu, 10 Maret 2024 - 09:04 WIB
    Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan terkait niat puasa Ramadan yang akan kita jalankan, agar puasa Ramadan benar-benar bernilai ibadah.
  • Bacaan Niat Iktikaf Sebelum Masuk Masjid Lengkap Arab dan Latin
    Tausyiah
    Jum'at, 22 April 2022 - 17:19 WIB
    Malam ini kita akan memasuki malam 21 Ramadhan 1443 Hijriyah atau dikenal dengan fase 10 hari terakhir Ramadhan. Berikut bacaan niat Iktikaf.
  • Niat Ganti Puasa Ramadan dan Tata Caranya
    Tips
    Selasa, 27 Februari 2024 - 13:15 WIB
    Disyaratkan berniat di malam hari bagi puasa wajib seperti puasa Ramadan, puasa qadha, atau puasa nazar. Syarat ini berdasar pada hadis Nabi Siapa yang tidak memalamkan niat sebelum fajar, maka tiada puasa baginya.
  • Niat Puasa Ramadhan Beserta Waktu yang Tepat Mengamalkannya
    Tips
    Selasa, 29 Maret 2022 - 08:29 WIB
    Niat puasa Ramadhan merupakan keinginan untuk melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Niat sendiri adalah hal yang sangat mendasar dalam setiap ibadah, termasuk dalam puasa.
  • Masih Ada Waktu, Ini Bacaan Niat untuk Melaksanakan Iktikaf
    Tips
    Minggu, 07 April 2024 - 09:46 WIB
    Bulan Ramadan tinggal beberapa hari lagi, namun masih ada waktu bagi kaum muslim yang ingin melaksanakan iktikaf. Iktikaf artinya berdiam diri, yakni tetap di atas sesuatu.
  • Niat Puasa Qadha dan Puasa Syawal Lengkap Bacaan Arab dan Latin
    Tips
    Selasa, 10 Mei 2022 - 15:14 WIB
    Nabi shallallahu alaihi wasallam berpesan: Siapa yang berpuasa Ramadhan kemudian dilanjutkan dengan enam hari dari Syawal, maka seperti pahala berpuasa setahun.
  • Niat Qadha Puasa Ramadhan Digabung dengan Puasa Sunnah
    Tausyiah
    Sabtu, 05 Maret 2022 - 20:55 WIB
    Bagi Anda yang Ramadhan tahun lalu tidak dapat menjalankan puasa maka diwajibkan mengqadha (mengganti) atau membayar fidyah di bulan ini. Berikut niatnya.
  • Doa Ketika Mengalami Mimpi Baik dan Mimpi Buruk
    Tips
    Jum'at, 08 Oktober 2021 - 18:23 WIB
    Ketika mengalami mimpi baik itu mimpi buruk atau mimpi baik, kita dianjurkan untuk berdoa. Bahkan, sebelumnya ketika hendak tidur, kita pun diperintahkan berdoa
  • Inilah Karakter Buruk Manusia yang Disebutkan dalam Al Quran
    Muslimah
    Jum'at, 12 Maret 2021 - 09:01 WIB
    Disamping kedahsyatan penciptaan manusia dan struktur yang ada dalam tubuhnya, manusia juga dianugerahi beberapa karakter buruk yang jika tidak diobati, maka akan merugikan manusia itu sendiri.
  • Etika Debat dalam Al-Qur’an: Salah Satunya Niat yang Tulus dan Benar
    Hikmah
    Selasa, 23 Januari 2024 - 15:43 WIB
    Formulasi terkait etika diskusi bisa dipahami sebagai jumlah ketentuan moral atau akhlak tentang apa yang baik dan buruk untuk dilakukan dalam hal adu argumentasi demi mendapatkan kebenaran.
  • Cara Memperbaiki dan Meluruskan Niat Ibadah
    Tausyiah
    Senin, 12 September 2022 - 17:20 WIB
    Niat sangat penting dalam melaksanakan amal ibadah. Karena itu, setiap muslim dan muslimah harus senantiasa memperbaiki niat dalam ibadahnya, yaitu ikhlas untuk Allah semata.
  • Doa dan Niat Berkurban Lengkap Latin dan Artinya
    Tips
    Sabtu, 29 Mei 2021 - 17:02 WIB
    Tak lama lagi, umat Islam akan melaksanakan ibadah kurban pada Hari Idul Adha 20 Juli 2021. Berikut bacaan doa dan niat berkurban yang harus diketahui kaum muslimin.