Topik Terkait: Pencibir Dan Pencela

  • Asbabun Nuzul Surat Al-Humazah, Peringatan Bagi Pengumpat dan Pencela
    Hikmah
    Kamis, 29 Desember 2022 - 21:49 WIB
    Surat Al-Humazah merupakan surat ke-104 dalam mushaf Al-Quran. Asbabun Nuzul (sebab turunnya) surat ini berkaitan dengan orang yang suka mencela dan mengejek Rasulullah SAW.
  • Allah Memusuhi  Al-Hamz dan Al-Lamz,   Siapakah Mereka?
    Muslimah
    Jum'at, 17 Juli 2020 - 15:46 WIB
    Jika seseorang, termasuk muslimah ingin mendapat anugerah Allah Taala sebagai hamba yang dicintai-Nya, maka dia harus terbebas dari sifat dan perilaku buruk dari dirinya
  • Rukun Haji dan Umrah Lengkap dengan Keutamaan dan Penjelasannya
    Tips
    Jum'at, 16 Juli 2021 - 15:15 WIB
    Alhamdulillah musim Haji telah tiba. Bagi yang diberi kesempatan menunaikannya, berikut rukun haji dan umrah yang wajib dipenuhi jamaah selama melaksanakan haji.
  • Doa dan Ayat Al-Quran yang Paling Ditakuti Jin dan Setan
    Tausyiah
    Sabtu, 28 Mei 2022 - 23:05 WIB
    Doa dan ayat Al-Quran yang paling ditakuti Jin dan setan perlu diketahui kaum muslimin. Amalan ini bisa dibaca kapan saja agar kita dilindungi dari gangguan mereka.
  • Imun Terbaik : Jauhi Dosa dan Perbanyak Doa
    Muslimah
    Kamis, 17 September 2020 - 13:54 WIB
    Muslimah, ketika seseorang ditimpa suatu musibah sakit, maka orang yang beriman akan meletakkan ingatannya kepada Allah Taala sebagai Rabb yang memberikan ujian sakit kepadanya.
  • Antara Doa, Dizkir dan Wirid, Manakah yang Paling Afdhal?
    Tips
    Rabu, 15 Desember 2021 - 07:52 WIB
    Dalam keseharian sebagai seorang mukmin, kita dianjurkan untuk selalu berdoa, berdzikir dan wirid. Dan ternyata dari tiga aktivitas tersebut, terdapat perbedaan. Apa saja perbedaan doa, dzikir dan wirid ini?
  • Inilah 6 Perbedaan Nabi dan Rasul, Ketahui dan Pahami
    Hikmah
    Kamis, 11 Mei 2023 - 19:52 WIB
    Perbedaan antara nabi dan rasul ini telah disepakati oleh para ulama. Umat Muslim tentunya harus tahu betul perbedaan ini dalam rangka mengimani adanya nabi dan rasul.
  • Mitos-mitos Wanita Haid dan Faktanya Menurut Islam
    Muslimah
    Rabu, 23 Februari 2022 - 09:26 WIB
    Masih banyak anggapan di masyarakat bahwa wanita haid yang dianggap sedang berhadas, dilarang melakukan aktivitas-aktivitas ibadah tertentu.Adanya larangan-larangan tersebut, akhirnya menyebarkan mitos-mitos seputar haid yang dalil rujukannya tidak jelas.
  • Emas dan Sutera Asli Haram untuk Orang Laki-Laki, Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Senin, 18 Juli 2022 - 05:15 WIB
    Islam telah menyerukan kepada umatnya supaya berhias dan menentang keras kepada siapa yang mengharamkannya namun Islam mengharamkan bagi laki-laki emas dan sutera alam.
  • Beberapa Hadis yang Mengharamkan Gambar dan Lukisan
    Tausyiah
    Senin, 28 Agustus 2023 - 18:51 WIB
    Di antara hadis yang diriwayatkan mengenai larangan menggambar: Setiap pelukis itu di neraka, yang akan menjadikan nyawa untuk setiap gambar yang ia buat, lalu akan menyiksanya di neraka Jahanam.
  • Melaksanakan Tawaf dan Sai Pakai Skuter Diperbolehkan
    Dunia Islam
    Jum'at, 02 Juni 2023 - 11:50 WIB
    Arab Saudi menyediakan fasilitas skuter untuk jemaah yang akan melakukan tawaf dan sai di Masjidil Haram. Fasilitas tersebut disiapkan untuk jemaah lanjut usia (lansia) dan yang memiliki keterbatasan fisik.
  • Inilah Perbedaan Mendasar Puasa Arafah dan Tarwiyah
    Hikmah
    Jum'at, 23 Juni 2023 - 14:50 WIB
    Perbedaan puasa Arafah dan Tarwiyah adalah terletak pada hari dan tanggal. Puasa tarwiyah dilakukan pada tanggal 8 Dzulhijah karena pada saat itu disebut hari tarwiyah. Sedangkan puasa Arafah dilakukan pada 9 Dzulhijah, yaitu pada hari Arafah.
  • Inilah Hikmah Dibalik Larangan Makan dan Minum Berlebihan
    Hikmah
    Sabtu, 17 Juni 2023 - 13:24 WIB
    Islam sangat melarang makan dan minum berlebihan. Kenapa demikian? Dibalik larangan yang ditentukan syariat pasti memiliki hikmah yang luar biasa untuk kita.
  • Bacaan Doa Sa’i  Lengkap dengan Arab, Latin, dan Terjemahannya.
    Tips
    Jum'at, 17 Mei 2024 - 10:22 WIB
    Doa Sai dibacakan saat jamaah melakukan aktivitas berupa lari-lari kecil di antara bukit Safa dan Marwah. Untuk diketahui, Sai juga menjadi salah satu rukun haji
  • Bacaan Dzikir Malam Sebelum Tidur Lengkap Arab, Latin dan Artinya
    Tips
    Minggu, 12 Februari 2023 - 15:34 WIB
    Amalan dzikir malam sebelum tidur merupakan ibadah yang sangat dianjurkan. Di dalamnya terdapat banyak keutamaan dan pahala berlimpah. Berikut bacaannya.
  • Sunnah Bersiwak, Waktu dan Keutamaannya
    Muslimah
    Kamis, 12 November 2020 - 11:10 WIB
    Islam memosisikan bersih dan sehat sebagai bagian dari kesalehan individual dan bentuk keimanan. Dan tentang menjaga kebersihan dan kesehatan diri ini banyak dicontohkan oleh aktivitas Rasulullah dalam kesehariannya.
  • Inilah Keutamaan Puasa dan Cara Mendapatkannya
    Muslimah
    Kamis, 18 Maret 2021 - 13:26 WIB
    Bulan suci Ramadhan, adalah bulan istimewa yang diperintahkan Allah untuk menjalankan puasa wajib selama sebulan penuh. Banyak keutamaan puasa, salah satunya akan mendapat pahala, karunia dan pemuliaan dari Allah Subhanahu wa taala.
  • Isra dan Mikraj: Kisah Rasulullah Menyaksikan Neraka dan Surga
    Hikmah
    Kamis, 11 Maret 2021 - 15:54 WIB
    Kemudian kulihat orang-orang, di hadapan mereka ada daging yang gemuk dan baik, di samping ada daging yang buruk dan busuk. Mereka makan daging yang buruk dan busuk itu.
  • Niat Puasa Tarwiyah dan Arafah Berikut Fadhilahnya
    Tips
    Kamis, 07 Juli 2022 - 22:31 WIB
    Bagi umat muslim yang melaksanakan Puasa Tarwiyah besok, Jumat (8 Juli 2022), dianjurkan berniat pada malam ini. Berikut bacaan niat puasa Tarwiyah dan Arafah.
  • Bacaan Yasin dan Istighosah Lengkap Arab, Latin dan Artinya
    Tausyiah
    Rabu, 09 Agustus 2023 - 20:20 WIB
    Bacaan Yasin dan istighosah ini dapat diamalkan umat muslim untuk meminta pertolongan Allah ketika dilanda kesulitan atau sedang menghadapi bencana musibah