Kumpulan Artikel: Mahkota Sufi

  • Sebuah Dongeng Ajaran Sufi: Orang-Orang Pulau
    Hikmah
    Minggu, 19 Maret 2023 - 17:37 WIB
    Dongeng digunakan para guru Sufi untuk memberikan suatu gambaran kehidupan yang lebih sejalan dengan perasaan mereka dibandingkan melalui wahana kegiatan intelektual.
  • Kisah Penantian Orang yang Suka Tidur di Gerbang Surga
    Hikmah
    Minggu, 06 November 2022 - 19:22 WIB
    Kisah berikut merupakan bahan ajaran darwis yang disukai. Walaupun dikenal sebagai cerita rakyat, asal usulnya tidak diketahui. Beberapa orang menganggapnya berasal dari Hadrat Ali, Khalifah Keempat.
  • Kisah Sufi: Tiga Kunjungan ke Guru Bahauddin Naqsyabandi
    Hikmah
    Jum'at, 14 Oktober 2022 - 16:01 WIB
    Kisah berikut adalah kisah Bahauddin Naqsyabandi ketika dikunjungi oleh para pencari. Mereka menemukannya di halaman, dikelilingi murid beliau. Banyak opini ketika itu.
  • Kisah Asy-Syibli Membeli Ilmu dari Al-Junaid
    Hikmah
    Minggu, 09 Oktober 2022 - 14:50 WIB
    Kisah Abu Bakr ibnu Dulaf ibnu Jahdar (asy-Syibli) membeli ilmu dari Abul Qasim al-Junaid diambil dari buku The Revelation of the Veiled. Ini adalah tentang kisah masa belajar asy-Syibli di bawah al-Junaid.
  • Abu Yazid al-Bustami Capai Maqam Ittihad pada Usia 70 Tahun
    Hikmah
    Minggu, 09 Oktober 2022 - 13:58 WIB
    Kaum sufi ingin mengalami persatuan dengan Tuhan, yang di dalam istilah tasawuf disebut ittihad. Abu Yazid al-Bustami telah sampau ke maqam itu pada usia 70 tahun.
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • Hakim Jami, si Jenius yang Bikin Pujangga Tidak Nyaman
    Dunia Islam
    Sabtu, 08 Oktober 2022 - 14:25 WIB
    Idries Shah (1924 1996) menyebut Jami adalah seorang yang jenius, ia membuat para pendeta dan pujangga di zamannya benar-benar merasa tidak nyaman.
  • Kisah Nelayan Temukan Jin dalam Botol Bermaterai Nabi Sulaiman
    Hikmah
    Senin, 26 September 2022 - 15:51 WIB
    Idries Shah menjelaskan kisah ini, dalam satu versi, sangat dikenal oleh para pembaca Arabian Nights. Bentuk yang ditampilkan di sini menunjukkan pemanfaatannya oleh para darwis.
  • Kisah Pengembara yang Pindah dari Satu Agama ke Agama Lain
    Hikmah
    Sabtu, 27 Agustus 2022 - 14:13 WIB
    Wahai pengembara, aku khawatir engkau tidak akan sampai ke Mekkah --sebab jalan yang kau tempuh menuju Turkistan, demikian Idries Shah menukil Syekh Sadi saat memulai tulisannya Pencari Ilmu.
  • Idries Shah: Praktik dan Pemikiran Sufi Mirip Peribadatan Zen Buddhist Jepang
    Dunia Islam
    Jum'at, 26 Agustus 2022 - 16:04 WIB
    Ada suatu kemiripan yang sangat menarik antara praktik dan pemikiran sufi dengan peribadatan tidak lazim yang menurut orang merupakan suatu tipe kultus Budhistik, yaitu Zen yang dipraktikkan di Jepang.
  • Idries Shah: Ada Hubungan Pemikiran Hindu dan Ajaran Sufi
    Hikmah
    Kamis, 25 Agustus 2022 - 14:17 WIB
    Sebenarnya selama 1000 tahun telah berlangsung pertukaran gagasan yang intens antara para sufi dan mistik Hindu sebelum sarjana Barat tertarik pada mistisisme India.
  • Ketika Pendiri Agama Sikh Akui Berutang Budi pada Sufisme
    Dunia Islam
    Rabu, 24 Agustus 2022 - 19:08 WIB
    Menurut sebuah fakta sejarah, agama Sikh didirikan oleh Guru Nanak, seorang sufi Hindu, yang secara terus terang mengakui berutang budi pada sufisme.
  • Sufisme Pengaruhi Kehidupan Mistik di India
    Hikmah
    Selasa, 23 Agustus 2022 - 16:58 WIB
    Pengaruh sufisme terhadap kehidupan mistik di India sangat kuat sehingga beberapa mazhab mistik yang dianggap sebagai produk Hinduisme kuno dinyatakan oleh para peneliti bersumber pada ajaran sufi.
  • Tafsir Idries Shah atas 2 Kisah Sufi Mullah Nashruddin
    Hikmah
    Selasa, 23 Agustus 2022 - 16:51 WIB
    Idries Shah menafsirkan dua kisah sufi Mullah Nashruddin menjadi sesuatu yang menarik. Bukan sekadar lelucon yang penuh sindiran. Menurutnya, Mullah Nashruddin tidak merusak kaidah-kaidah zamannya.
  • Sebuah Dongeng Idries Shah: Orang-Orang Pulau
    Hikmah
    Senin, 22 Agustus 2022 - 10:32 WIB
    Idries Shah mengatakan para sufi menggunakan berbagai simbol rahasia untuk menyampaikan maksud mereka. Berikut ini, Idries Shah memaparkan satu dongeng bertajuk Orang-Orang Pulau.
  • Teknik Cepat dari Tarekat Sufi Menurut Idries Shah
    Hikmah
    Minggu, 21 Agustus 2022 - 15:14 WIB
    Tidak ada aspek sufisme yang lebih memikat bagi orang yang tidak sabar selain kecepatan. Minat dan kegemaran yang sangat kuat ini telah muncul sejak teknik cepat dari tarekat sufi ini telah dibawa ke India oleh Syekh Syattar.
  • Kisah Sufi Mullah Nashruddin: Ia yang Jatuh, tetapi Justru Leherku yang Patah!
    Hikmah
    Minggu, 21 Agustus 2022 - 15:03 WIB
    Pernyataan Mullah Nashruddin, ia yang jatuh, tetapi justru lehernya yang patah terungkap ketika guru sufi ini ditanya perihal hukum sebab akibat oleh muridnya.
  • Al-Quran Dokumen Rahasia yang Mengandung Ajaran Sufi
    Tausyiah
    Sabtu, 20 Agustus 2022 - 10:31 WIB
    Para teolog cenderung beranggapan bahwa interpretasi Al-Quran hanya bisa diterima jika sejalan dengan cara agama konvensional. Bagi para sufi klasik, Al-Quran merupakan dokumen rahasia.
  • Kisah Mullah Nashruddin yang Diklaim Sebagai Warisan Kebudayaan Yunani
    Hikmah
    Sabtu, 20 Agustus 2022 - 09:36 WIB
    Mullah Nashruddin sudah menjadi milik lintas agama dan negara. Yunani mengklaim sang mullah yang sufi satirikal ini sebagai bagian dari warisan kebudayaannya.
  • Tuntutlah Ilmu Sekalipun ke Negeri China, Bukan Hadis tapi Ungkapan Para Sufi
    Tausyiah
    Senin, 15 Agustus 2022 - 10:57 WIB
    Kalimat carilah ilmu, bahkan sampai ke Negeri China yang banyak diklaim sebagai hadis Nabi SAW oleh sejumlah dai ternyata ungkapan yang seringkali diucapkan kalangan sufi.
  • Interpretasi Esoterik Al-Quran: Garis Pembatas Surat  Al-Ikhlas
    Hikmah
    Kamis, 15 April 2021 - 07:44 WIB
    Para komentator kaum Kristiani beranggapan bahwa ayat tersebut menjadi serangan langsung atas doktrin ketuhanan agama Kristen, sehingga mereka menanggapi ayat tersebut dengan sangat sengit.