Topik Terkait: Asal Usul Covid 19

  • Asal Usul Marga Assegaf, Marga Tertua Habaib Keturunan Nabi Muhammad
    Dunia Islam
    Selasa, 01 Agustus 2023 - 22:12 WIB
    Asal usul marga Assegaf termasuk salah satu marga tertua di kalangan Habaib keturunan Nabi Muhammad SAW. Inilah orang pertama yang dijuluki Assegaf atau As-Saqqaf.
  • Asal-Usul Iblis, Apakah dari Bangsa Malaikat Atau Jin?
    Hikmah
    Selasa, 16 Mei 2023 - 16:54 WIB
    Ulama berbeda pendapat tentang asal-usul Iblis. Ada yang berpendapat bahwa ia adalah dari bangsa Malaikat yang membangkang, ada pula yang berpendapat ia dari bangsa Jin.
  • Asal Usul Penulisan Basmalah dan Keutamaannya
    Hikmah
    Selasa, 12 September 2023 - 22:26 WIB
    Bacaan Basmalah disebut juga Tasmiyyah yang artinya dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Berikut asal usul dan keutamaannya.
  • Asal Usul Iblis dari Golongan Malaikat, Bukan Bangsa Jin
    Hikmah
    Selasa, 16 Mei 2023 - 18:52 WIB
    Jumhur ulama mengatakan bahwa asal usul Iblis berasal dari golongan Malaikat, bukan bangsa Jin. Pendapat ini dinyatakan oleh ulama tafsir termasuk di dalamnya para sahabat Nabi.
  • Asal Usul Munculnya Bacaan Dzikir dan Perintah Mengucapkannya
    Hikmah
    Minggu, 19 September 2021 - 21:17 WIB
    Keutamaan berdzikir (mengingat Allah) telah dijelaskan dalam Al-Quran dan Hadis Nabi. Berikut asal usul bacaan dzikir dan perintah mengucapkannya.
  • cover top ayah
    وَحُشِرَ لِسُلَيۡمٰنَ جُنُوۡدُهٗ مِنَ الۡجِنِّ وَالۡاِنۡسِ وَالطَّيۡرِ فَهُمۡ يُوۡزَعُوۡنَ (١٧) حَتّٰٓى اِذَاۤ اَتَوۡا عَلٰى وَادِ النَّمۡلِۙ قَالَتۡ نَمۡلَةٌ يّٰۤاَيُّهَا النَّمۡلُ ادۡخُلُوۡا مَسٰكِنَكُمۡ‌ۚ لَا يَحۡطِمَنَّكُمۡ سُلَيۡمٰنُ وَجُنُوۡدُهٗۙ وَهُمۡ لَا يَشۡعُرُوۡنَ‏ (١٨) فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنۡ قَوۡلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًـا تَرۡضٰٮهُ وَاَدۡخِلۡنِىۡ بِرَحۡمَتِكَ فِىۡ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيۡنَ (١٩)
    Dan untuk Sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib. Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari. Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.

    (QS. An-Naml Ayat 17-19)
    cover bottom ayah
  • Biografi Habib Cikini, Habaib Asal Hadhramaut yang Menikah dengan Muslimah Asli Jatinegara
    Dunia Islam
    Selasa, 12 Desember 2023 - 09:47 WIB
    Biografi Habib Cikini atau Habib Abdurahman Cikini, penting diketahui oleh generasi masa kini. Beliau adalah seorang habib yang sangat populer di Jakarta dan ada kaitannya dengan kawasan Cikini Jakarta.
  • Asal Usul Keran Air Ternyata Berkaitan dengan Mazhab Hanafiyah, Begini Kisahnya
    Hikmah
    Rabu, 08 Februari 2023 - 14:54 WIB
    Keran air dalam bahasa Arab disebut dengan istilah Hanafiyah. Namanya sama dengan nama salah satu dari empat mazhab fiqih ahlusunnah wal jamaah, yakni Mazhab Hanafiyah.
  • Asal-usul Marga Al-Jufri, Salah Satu Kabilah Keturunan Nabi Muhammad SAW
    Dunia Islam
    Selasa, 07 November 2023 - 16:50 WIB
    Di antara ratusan marga Habaib keturunan Nabi Muhammad SAW di dunia, ada satu kabilah marga yang cukup populer, yaitu Al-Jufri. Banyak tokoh bermarga Al-Jufri menjadi ulama di dunia.
  • Asal-Usul Marga Al-Attas, Kabilah Habaib yang Banyak Tersebar di Indonesia
    Hikmah
    Senin, 06 November 2023 - 17:41 WIB
    Asal-usul marga Al-Attas, salah satu kabilah Habaib yang banyak tersebar di Tanah Air. Di Indonesia, ada sekitar 68 marga keturunan Nabi Muhammad ? dari 100 lebih marga di dunia.
  • Asal Usul Al-Habsyi, Marga Keturunan Rasulullah SAW yang Banyak Tersebar di Indonesia
    Dunia Islam
    Kamis, 31 Agustus 2023 - 18:09 WIB
    Asal usul marga keturunan Rasulullah SAW di Indonesia perlu diketahui agar menambah kecintaan kita kepada ahlul bait Nabi. Salah satunya marga Al-Habsyi yang banyak tersebar di Indonesia.
  • Bagaimana Asal-usul Disyariatkannya Tayamum? Berikut Kisahnya
    Hikmah
    Rabu, 20 September 2023 - 17:24 WIB
    Tayamum adalah pengganti wudhu yang tadinya menggunakan air bersih diganti dengan tanah atau debu yang bersih. Bagaimana asal-usul disyariatkannya Tayamum? Berikut kisahnya.
  • Inilah Asal Usul Hijab yang Dikenakan Muslimah
    Muslimah
    Kamis, 18 November 2021 - 09:54 WIB
    Hijab sebagai busana muslimah, memiliki sejarah yang cukup panjang. Hijab dalam bahasa Arab hijb, bentuk plural-nya hujub, secara bahasa berarti mencegah jangan sampai terjadi, menutup dan menghalangi.
  • Marga Assegaf Keturunan dari Siapa? Begini Penjelasan Asal Usulnya
    Dunia Islam
    Jum'at, 05 Januari 2024 - 13:58 WIB
    Di Indonesia, marga Assegaf cukup populer. Bahkan boleh dibilang, marga yang sangat pupuler di antara ratusan marga habib atau habaib di dunia.
  • Asal Usul Marga Baswedan, Marga Keluarga Arab-Indonesia
    Dunia Islam
    Senin, 07 Agustus 2023 - 18:23 WIB
    Asal usul marga Baswedan adalah keluarga Arab-Indonesia yang berasal dari Hadhramaut Yaman. Sebutan Baswedan sebagai nama suku diperkenalkan untuk pertama kalinya di Indonesia oleh Umar bin Baswedan.
  • Bulan Ramadan dan Asal Usul serta Artinya
    Hikmah
    Jum'at, 08 Maret 2024 - 09:30 WIB
    Asal usul penamaan bulan Ramadan dan artinya penting diketahui umat Islam. Ramadan adalah bulan ke-9 dalam kalender Hijriyah.
  • Penemuan Obat Herbal Covid-19 Bukti Kebenaran Hadis Nabi
    Hikmah
    Rabu, 23 September 2020 - 09:22 WIB
    Alhamdulillah, Saudi Arabia berhasil menekan angka kasus Covid-19 berkat menggunakan Thibbun Nabawi yang diwariskan Nabi Muhammad ? ribuan tahun lalu.
  • Asal-usul Penamaan Zulkaidah, Bulan Pertama dari 4 Bulan Haram
    Hikmah
    Kamis, 25 Mei 2023 - 07:30 WIB
    Saat ini kita telah memasuki bulan Zulkaidah (Dzulqodah), bulan pertama dari empat bulan haram yang dimuliakan Allah. Berikut asal-usul penamaan bulan Zulkaidah.
  • Dalil dan Asal-usul Anjuran Membunuh Cecak dalam Islam
    Tausyiah
    Rabu, 20 September 2023 - 16:53 WIB
    Anjuran untuk membunuh cecak dalam Islam menjadi topik pembahasan yang menarik diulas. Meski terdengar kejam, namun anjuran membunuh cecak memang ada dan diperkuat dengan sejumlah dalil.
  • Asal Usul Marga Alaydrus, Keturunan Rasulullah SAW yang Masyhur
    Dunia Islam
    Senin, 31 Juli 2023 - 12:31 WIB
    Asal usul marga Alaydrus adalah dari Hadhramaut Yaman. Keluarga Alaydrus merupakan salah satu keluarga yang masyhur dan terkenal di dalam Sadah Al Alawiyyin.
  • Seputar Nama Israil, Para Keturunan Nabi yang Selalu Meresahkan Dunia
    Dunia Islam
    Selasa, 18 Mei 2021 - 05:00 WIB
    Nama Israel atau Bani Israil dikenal juga dengan Ibrani dan Yahudi. Sebutan Israel, adalah sebutan yang dinisbatkan kepada nama bapak mereka, yaitu Yaqub ibn Ishaq ibn Ibrahim AS.