Kumpulan Artikel: Sufi (halaman 2)

  • Sufisme Universal, Benarkah Tidak Harus Islam?
    Hikmah
    Rabu, 02 Agustus 2023 - 17:16 WIB
    Pada tahun 1914, ahli mistik dan musik Inayat Khan, yang diinisiasi menjadi empat tarekat sufi di India, pindah dari India utara ke London, tempat ia mendirikan Ordo Sufi Internasional.
  • Ketika Tarekat Sufi Mengalami Radikalisasi
    Hikmah
    Rabu, 02 Agustus 2023 - 16:09 WIB
    Pada abad ke-10, seorang guru sufi Persia yang dikenal sebagai Abul-Hasan Fushanji mengeluhkan bahwa sekarang tasawuf adalah sebuah nama tanpa realitas. Pernah menjadi sebuah realitas tanpa nama.
  • Kesaksian Ulama Besar Pendiri Mazhab tentang Ulama Sufi
    Tausyiah
    Senin, 31 Juli 2023 - 05:15 WIB
    Para ulama besar sama sekali tidak menentang tasawuf. Bahkan tak sedikit di antara mereka yang menggabungkan diri sebagai pengikut dan murid tasawuf.
  • Kisah Ulama Sufi Menutupi Aib Wanita Hamil di Luar Nikah
    Hikmah
    Rabu, 26 Juli 2023 - 15:15 WIB
    Kisah ulama menutupi aib wanita hamil di luar nikah ini termasuk kisah yang sarat hikmah. Zaman ini mungkin banyak orang gemar mengumbar aib, namun tidak demikian dengan ulama satu ini.
  • Salah Paham Umat Islam terhadap Tasawuf dan Kaum Sufi
    Hikmah
    Rabu, 12 Juli 2023 - 13:38 WIB
    Sebelum abad ke-19, hampir mustahil untuk mengklaim bahwa Sufisme tidak ada kaitannya dengan Islam. Ini karena, hingga akhir abad ke-18, ulama terkemuka di Makkah dan Madinah sangat dipengaruhi oleh tasawuf.
  • Cendekiawan Islam Turki Ini Bilang Sufisme Adalah Arkeologi Islam yang Mendalam
    Hikmah
    Selasa, 11 Juli 2023 - 15:52 WIB
    Sufisme adalah arkeologi mendalam dari agama Islam. Ini adalah upaya para sufi untuk memahami, menginternalisasi dan secara aktif menghayati inti dari tradisi Islam.
  • Istilah Sufisme Ternyata Muncul Terkait Proyek Imperialis Eropa
    Hikmah
    Selasa, 11 Juli 2023 - 09:08 WIB
    Sufisme tidak sendirian dalam status keagamaan yang sulit dipahami. Nasib serupa menimpa beragam tradisi spiritual India, yang dimasukkan ke dalam agama monolitik berlabel Hindu.
  • Kisah Guru Sufi Menyarankan Bayazid Al-Busthami Membatalkan Haji
    Hikmah
    Jum'at, 26 Mei 2023 - 08:11 WIB
    Kisah epik mistik seorang guru sufi yang menyarankan Bayazid Al-Busthami agar membatalkan haji dipaparkan Jalal al-Din Rumi dalam dalam buku Masnavi-ye Manai.
  • Kaum Sufi Maroko: Obat Penangkal Radikalisme
    Dunia Islam
    Kamis, 25 Mei 2023 - 06:45 WIB
    Tradisi Sufi di Maroko sudah terjadi selama berabad-abad lampau. Kini Raja Mohammed VI mencoba menggunakan mereka untuk memerangi radikalisme. Program reformasinya meliputi promosi gerakan Sufi dan pemikir Islam moderat.
  • Jalaluddin Rumi Ada di Museum Aga Khan Kanada
    Dunia Islam
    Minggu, 21 Mei 2023 - 11:12 WIB
    Jalaluddin Rumi ada di Kanada? Ini adalah Rumi Exhibition di Museum Aga Khan di Kanada. Pameran tersebut digelar sampai 1 Oktober 2023. Pameran ini ingin menjawab siapa sejatinya Rumi.
  • Kisah Kembalinya Para Sufi di Turki, di Era Kemal Ataturk Dianggap Simbol Keterbelakangan
    Dunia Islam
    Sabtu, 20 Mei 2023 - 16:33 WIB
    Kebangkitan kehidupan beragama di ranah publik di bawah pemerintahan Partai Keadilan dan Pembangunan atau AKP selama 20 tahun terakhir telah menyebabkan kembalinya para Sufi secara bertahap
  • Ketika Kaum Muda Menengah dan Atas Kairo Memilih Jalan Sufi
    Dunia Islam
    Kamis, 11 Mei 2023 - 15:15 WIB
    Kaum sufi Mesir bersikap defensif terhadap negara selama beberapa dekade. Di sisi lain, minat terhadap mistisisme tumbuh di antara anggota muda kelas menengah dan atas Kairo.
  • Catatan Marian Brehmer: Pakistan Negeri Para Sufi
    Dunia Islam
    Selasa, 09 Mei 2023 - 18:30 WIB
    Dalam mistisisme Islam, Ali dianggap sebagai penjaga kebijaksanaan dan sumber dari sebagian besar rantai inisiasi sufi. Bagaimanapun, Nabi Muhammad mewariskan rahasia esoterik tradisi kepada Ali sebelum beliau wafat.
  • Zakat Pahala kepada Fakir dan Miskin Menurut Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani
    Tausyiah
    Kamis, 13 April 2023 - 15:24 WIB
    Zakat pahala untuk orang-orang yang fakir dan miskin pahala karena kurangnya ilmu pengetahuan tentang agama sehingga amal ibadahnya sedikit bahkan ditolak oleh Allah SWT.
  • Kisah Nabi Isa Dipaksa Mengajari Cara Menghidupkan Orang Mati, Akhirnya Sangat Mengerikan!
    Hikmah
    Rabu, 12 April 2023 - 17:55 WIB
    Kisah ini juga muncul dalam karya Rumi, di samping selalu muncul dalam dongeng-dongeng lisan para darwis tentang Isa as. Tokoh yang suka mengulang-ngulang kisah ini adalah Jabir putra al-Hayan
  • Puasa Kaum Sufi: Menjaga 7 Anggota Tubuh
    Tausyiah
    Jum'at, 07 April 2023 - 08:00 WIB
    Seorang sufi berpengaruh, Al-Harits al-Muhasibi (wafat 243 H), mengemukakan bahwa ada tujuh anggota badan yang patut dijaga, terlebih ketika Ramadan. Apa saja?
  • Kisah Sufi Mullah Nashruddin Menurut Idries Shah
    Hikmah
    Rabu, 05 April 2023 - 17:29 WIB
    Jika kita melihat beberapa cerita klasik Nashruddin dengan cara seutuh mungkin, kita segera menemukan bahwa keseluruhan pendekatan skolastik merupakan cara terakhir yang diperbolehkan oleh Sufi.
  • Jalaluddin Rumi: Kebenaran Esensial Terletak Pada Kesadaran Batin
    Hikmah
    Rabu, 29 Maret 2023 - 13:33 WIB
    Kajian Rumi terhadap semua bentuk agama. Kesimpulannya bahwa kebenaran esensial terletak pada kesadaran batin manusia itu sendiri, bukan pada organisasi-organisasi eksternal.
  • Memaknai Puasa Berdasar Surat Al-Baqarah Ayat 183 Menurut Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani
    Tausyiah
    Sabtu, 25 Maret 2023 - 07:30 WIB
    Puasa juga berarti menahan secara mutlak dan menolak secara total dari apapun selain al-Haq. Puasa jenis ini adalah puasanya orang-orang yang akalnya bersih, yakin dan telah mencapai kasyf atas hakikat dengan semampunya.
  • Hikayat sang Pena: Rahasia Ajaran Tasawuf Al-Ghazali
    Tausyiah
    Senin, 20 Maret 2023 - 14:38 WIB
    Mahasuci Engkau, wahai Allah Yang Maha Kuasa: segala puji bagi nama-Mu, wahai Tuhan seru sekalian alam! Mulai saat ini aku tak akan lagi takut pada segala makhluk.