Kumpulan Artikel: Perang (halaman 6)

  • Ide Dasar Perdamaian dalam Islam Menurut Quraish Shihab
    Tausyiah
    Rabu, 08 Maret 2023 - 09:57 WIB
    Menurut Quraish Shihab, perdamaian merupakan salah satu ciri utama agama Islam. Ia lahir dari pandangan ajarannya tentang Allah, Tuhan Yang Mahakuasa, alam, dan manusia.
  • Kisah Utsman bin Thalhah, Juru Kunci Kakbah saat Fathu Makkah
    Hikmah
    Selasa, 28 Februari 2023 - 16:57 WIB
    Utsman bin Thalhah al-Abdary adalah pemegang kunci Kakbah pada saat Rasulullah SAW dan umat Islam membebaskan Kota Mekkah. Kala itu, Utsman bin Thalhah belum muslim.
  • Asbabun Nuzul Surat Ali Imran Ayat 159 Terkait Perang Uhud
    Hikmah
    Senin, 20 Februari 2023 - 21:16 WIB
    Surat Ali Imran ayat 159 memiliki Asbabun Nuzul atau sebab turunnya ayat tersebut. Dalam ayat ini, Allah memberi tuntunan secara khusus kepada Nabi Muhammad SAW usai Perang Uhud.
  • Perang Tabuk, Pertempuran Terakhir Rasulullah SAW yang Terjadi di Bulan Rajab
    Hikmah
    Jum'at, 03 Februari 2023 - 22:26 WIB
    Perang Tabuk merupakan salah satu pertempuran yang pernah diikuti Nabi Muhammad SAW dalam menghadapi pasukan Romawi. Perang ini terjadi pada bulan Rajab Tahun 9 Hijriyah.
  • Pohon Gharqad, Tempat Persembunyian Kaum Yahudi Saat Perang Akhir Zaman
    Hikmah
    Kamis, 02 Februari 2023 - 21:41 WIB
    Pohon Gharqad akan menjadi tempat persembunyian kaum Yahudi saat terjadinya perang akhir zaman. Pohon ini akan melindungi kaum Yahudi dari kejaran pasukan muslim.
  • cover top ayah
    وَقُلْ لِّـلۡمُؤۡمِنٰتِ يَغۡضُضۡنَ مِنۡ اَبۡصَارِهِنَّ وَيَحۡفَظۡنَ فُرُوۡجَهُنَّ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا مَا ظَهَرَ مِنۡهَا‌ وَلۡيَـضۡرِبۡنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلٰى جُيُوۡبِهِنَّ‌ۖ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا لِبُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اٰبَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اٰبَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اَخَوٰتِهِنَّ اَوۡ نِسَآٮِٕهِنَّ اَوۡ مَا مَلَـكَتۡ اَيۡمَانُهُنَّ اَوِ التّٰبِعِيۡنَ غَيۡرِ اُولِى الۡاِرۡبَةِ مِنَ الرِّجَالِ اَوِ الطِّفۡلِ الَّذِيۡنَ لَمۡ يَظۡهَرُوۡا عَلٰى عَوۡرٰتِ النِّسَآءِ‌ۖ وَلَا يَضۡرِبۡنَ بِاَرۡجُلِهِنَّ لِيُـعۡلَمَ مَا يُخۡفِيۡنَ مِنۡ زِيۡنَتِهِنَّ‌ ؕ وَتُوۡبُوۡۤا اِلَى اللّٰهِ جَمِيۡعًا اَيُّهَ الۡمُؤۡمِنُوۡنَ لَعَلَّكُمۡ تُفۡلِحُوۡنَ
    Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau para perempuan (sesama Islam) mereka, atau hamba sahaya yang mereka miliki, atau para pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan. Dan janganlah mereka menghentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung.

    (QS. An-Nur Ayat 31)
    cover bottom ayah
  • Umat yang Tunggal Ini Kenyataannya Terpecah, Begini Penjelasan Cak Nur
    Tausyiah
    Kamis, 02 Februari 2023 - 11:14 WIB
    Kenyataan historis pertama tentang agama Islam ialah bahwa umatnya telah terpecah dan bahkan saling menumpahkan darah sejak masa-masa amat dini perjalanan sejarahnya.
  • Turunnya Surah At-Taubah dan Meletusnya Perang Pasukan Islam Lawan Romawi
    Hikmah
    Selasa, 24 Januari 2023 - 16:09 WIB
    Pada bulan Rajab tahun 9 Hijriah atau 630 Masehi meletus Perang Tabuk, yakni perang antara pasukan Islam melawan tentara Romawi di daerah Tabuk. Menjelang perang turunlah surat at-Taubah.
  • Persepsi Kristen Terhadap Islam Menurut Montgomery Watt
    Dunia Islam
    Sabtu, 14 Januari 2023 - 15:08 WIB
    Persepsi ini merupakan persepsi yang mempunyai tempat sentral dalam pemikiran Eropa hingga akhir abad ke-19. Perbedaan antara persepsi Kristen ini dapat dikelompokkan menjadi empat.
  • Kisah Perang Hunain : Sejarah, Strategi, dan Pelajaran untuk Kaum Muslimin
    Dunia Islam
    Jum'at, 13 Januari 2023 - 12:17 WIB
    Kisah perang Hunain : sejarah, strategi, dan pelajaran untuk kaum muslimin menjadi kisah sejarah perang yang sangat heroik yang kisahnya diabadikan dalam Al-Quran.
  • Sejarah Perang Khandaq: 3.000 Muslim Pukul Mundur 10.000 Pasukan Kafir
    Hikmah
    Selasa, 10 Januari 2023 - 14:46 WIB
    Sejarah Perang Khandaq menorehkan citra positif bagi umat Islam, kala itu. Perang ini juga dikenal sebagai Pertempuran Al-Ahzab dan Pertempuran Konfederasi.
  • Tragedi Perang Salib dan Kolonialisme Eropa Menurut Montgomery Watt
    Dunia Islam
    Selasa, 03 Januari 2023 - 14:58 WIB
    Montgomery Watt mengatakan peristiwa Perang Salib dan refleksi-refleksi tentangnya di abad-abad terkemudian, mempengaruhi persepsi-persepsi Islam terhadap Kristen.
  • Zaid bin Haritsah, Sahabat dari Kalangan Budak yang Menjadi Panglima Perang Islam
    Hikmah
    Senin, 02 Januari 2023 - 15:56 WIB
    Zaid bin Haritsah radhiyallahu anhu (wafat 8Hijriyah/629 M) merupakan sahabat Nabi dari kalangan budak yang pernah menjadi panglima perang Islam.
  • Kisah Heroik Saifuddin Al-Qutuz Hancurkan Pasukan Mongol di Ain Jalut
    Dunia Islam
    Kamis, 29 Desember 2022 - 05:10 WIB
    Kisah heroik Saifuddin Al-Qutuz menghancurkan pasukan Mongol di Ain Jalut tercatat dalam sejarah Islam. Pasukan muslim berhasil mengalahkan pasukan Mongol yang dikenal sadis.
  • Saifuddin Al-Qutuz, Sultan Mamluk yang Berhasil Memukul Mundur Pasukan Mongol
    Hikmah
    Selasa, 27 Desember 2022 - 06:30 WIB
    Saifuddin Al-Qutuz, Sultan Mamluk yang berhasil memukul mundur pasukan Mongol dikenal sebagai pahlawan Islam yang legendaris. Kisahnya dicatat dalam sejarah Islam.
  • Citra Buruk Islam di Eropa Menurut John Louis Esposito
    Dunia Islam
    Sabtu, 24 Desember 2022 - 14:48 WIB
    John Louis Esposito, menyebut efek negatif dan peristiwa sejarah Kristen-Muslim ini tercermin dalam pandangan mengenai Islam yang muncul dari literatur dan pemikiran Barat.
  • Sejarah Perang Uhud dan Pelajaran Berharga untuk Umat Muslim
    Hikmah
    Jum'at, 16 Desember 2022 - 05:10 WIB
    Perang Uhud merupakan pertempuran menyakitkan bagi pasukan muslim dan membuat Nabi Muhammad SAW menangis. Berikut penyebab kekalahan dan pelajaran berharga bagi kaum muslim.
  • Daftar 70 Sahabat Nabi yang Syahid dalam Perang Uhud
    Hikmah
    Kamis, 15 Desember 2022 - 19:28 WIB
    Perang Uhud merupakan pertempuaran paling menyakitkan dalam sejarah Islam. Sebanyak 70 sahabat Nabi meninggal dalam perang tersebut. Berikut daftarnya.
  • Perang Tiga Raja: Runtuhnya Imperium Portugal di Tangan Muslim Maroko
    Dunia Islam
    Sabtu, 10 Desember 2022 - 07:30 WIB
    Laga Maroko vs Portugal mengingatkan kita pada sejarah masa lalu. Kedua negara ternyata pernah terlibat perang besar yang dikenal dengan Perang Tiga Raja (Battle of Three Kings) pada Abad 15.
  • Kisah Mualaf Ayah Hariri Masuk Islam saat Operasi Badai Gurun
    Dunia Islam
    Rabu, 07 Desember 2022 - 05:15 WIB
    Setelah Perang Teluk usai, terdapat sekitar 100 tentara Muslim di Fort Bragg, Carolina Utara --dan hanya satu di antaranya seorang perempuan. Dia adalah Sersan Hariri.
  • 3 Panglima Perang Mutah yang Syahid Hadapi Negara Adidaya Bizantium
    Hikmah
    Selasa, 06 Desember 2022 - 19:52 WIB
    Panglima Perang Mutah yang syahid menghadapi negara adidaya Bizantium adalah Zaid bin Harithah, Jafar bin Abi Thalib, dan Abdullah bin Rawahah.