Topik Terkait: Jalan Terputus

  • Nasehat Bagi Perempuan yang Senang Jalan-jalan ke Pasar
    Muslimah
    Kamis, 19 November 2020 - 14:58 WIB
    Sebenarnya perempuan tidak dilarang untuk keluar dari rumahnya karena ada keperluan yang mendesak. Begitu pula, keluar untuk berbelanja, baik ke pasar maupun ke pusat-pusat perbelanjaan lainnya, namun hal yang diperhatikan syaraiat bagi mereka yang keluar rumah ini.
  • Jalan Sufi: Berikut Salah Satu Materi Tarekat Chrisytiyah
    Hikmah
    Sabtu, 10 Oktober 2020 - 15:43 WIB
    Metodologi khusus kaum Chisyti segera mengalami kristalisasi menjadi kecintaan sederhana terhadap musik pembangkitan emosional yang dihasilkan musik dikacaukan dengan pengalaman spiritual.
  • Taubat Sebagai Jalan Keluar Masalah
    Muslimah
    Kamis, 10 Desember 2020 - 07:13 WIB
    Hampir setiap hari manusia melakukan perbuatan salah, baik yang disadari atau pun tidak disadari. Oleh karena itulah Allah Taala memberikan jalan kepada manusia untuk senantiasa membersihkan diri dari noda-noda dosa, yakni taubat.
  • 3 Amalan yang Tidak Terputus Pahalanya Meski Sudah Meninggal
    Tausyiah
    Sabtu, 05 Februari 2022 - 10:00 WIB
    Tiga amalan yang tidak terputus pahalanya meski orang itu sudah meninggal dunia adalah sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendoakan kedua orang tuanya.
  • Ketika Kaum Muda Menengah dan Atas Kairo Memilih Jalan Sufi
    Dunia Islam
    Kamis, 11 Mei 2023 - 15:15 WIB
    Kaum sufi Mesir bersikap defensif terhadap negara selama beberapa dekade. Di sisi lain, minat terhadap mistisisme tumbuh di antara anggota muda kelas menengah dan atas Kairo.
  • Alawi Akhirnya Sampai ke Tanah Suci: Pergi Haji Jalan Kaki Ditempuh 1 Tahun 17 Hari
    Dunia Islam
    Selasa, 20 Juni 2023 - 11:54 WIB
    Ia berjalan kaki dari Kerala, India ke Tanah Suci. Impiannya untuk naik haji pun terkabul. Alawi sampai ke Makkah, setelah menempuh jarak 8.640 kilometer, selama satu tahun dan 17 hari.
  • Jalan Pendekatan Diri kepada Tuhan dan Menjadi Sufi Menurut Harun Nasution
    Hikmah
    Rabu, 05 Oktober 2022 - 11:23 WIB
    Jalan yang ditempuh seseorang untuk sampai ke tingkat melihat Tuhan dengan mata hati dan akhirnya bersatu dengan Tuhan demikian panjang dan penuh duri. Apa saja?
  • Jalan Sufi: Pertumbuhan, Kemerosoan, dan Pembaruan
    Hikmah
    Minggu, 17 Januari 2021 - 08:23 WIB
    Ajaran sejati dimulai dengan para Pelindung, Raja Pengetahuan dan Pemahaman. Tidak dimulai dengan cinta, usaha atau indakan yang hanya mungkin dengan pengetahuan sejati.
  • Ibadah Ruhani Sebagai Jalan Ketaatan
    Muslimah
    Sabtu, 07 Agustus 2021 - 15:37 WIB
    Menjalani kehidupan di masyarakat dan rumah tangga tanpa tazkiyah ibarat menanam tanpa air. Memang dapat tumbuh, tapi cepat layu dan cepat mati. Apa itu tazkiyah? Dan bagaimana penerapannya dalam ibadah?
  • Imam Al-Ghazali (2): Tarekat sampai Untung dan Rugi
    Hikmah
    Senin, 03 Agustus 2020 - 17:11 WIB
    Seorang murid harus mengurangi sampai batas minimun, perhatiannya terhadap hal-hal biasa seperti masyarakat dan lingkungannya, karena kapasitas perhatian (sangatlah) terbatas.
  • Umm al-Hasan: Kepatuhan Adalah Bagian dari Perhatian
    Hikmah
    Sabtu, 16 Januari 2021 - 14:09 WIB
    Berkeluh-kesah dan mungkin menyesali kepatuhan, barangkali sesuatu yang dianggap pantas untuk dikerjakan. Pantas hanya untuk yang tidak pantas mereka yang tidak dapat mencapai yang lebih tinggi.
  • Keutamaan Rumah Jauh dari Masjid Ternyata Pahalanya Paling Banyak
    Tausyiah
    Sabtu, 09 September 2023 - 05:10 WIB
    Tahukah Anda, orang yang paling banyak mendapatkan pahala adalah orang yang rumahnya paling jauh dari masjid. Semakin jauh dari masjid semakin besar pula pahala yang didapat.
  • Sebuah Dongeng Ajaran Sufi: Orang-Orang Pulau
    Hikmah
    Minggu, 19 Maret 2023 - 17:37 WIB
    Dongeng digunakan para guru Sufi untuk memberikan suatu gambaran kehidupan yang lebih sejalan dengan perasaan mereka dibandingkan melalui wahana kegiatan intelektual.
  • Masalah dan Ujian Hidup Tak Kunjung Selesai? Tunggulah Jalan Keluar Hanya dari Allah Taala
    Tips
    Selasa, 15 Februari 2022 - 16:06 WIB
    Merasa ujian dan masalah hidup tak kunjung selesai dan tak pernah ada solusi atau jalan keluarnya? Maka tunggulah jalan keluar dari Allah SUbhanahu wa taala.
  • Cerita Ajaran: Tiga Orang Tuli dan Darwis Bisu
    Hikmah
    Rabu, 09 Desember 2020 - 08:01 WIB
    Darwis itu melanjutkan perjalanannya, berpikir sendiri bahwa kata-kata kadang merupakan bentuk komunikasi yang tidak berguna, bahwa orang mungkin lebih baik tidak pernah mengucapkannya!
  • Kisah Sufi Sayed Shah Qadiri: Jalan Gunung
    Hikmah
    Sabtu, 08 Januari 2022 - 16:54 WIB
    Kepercayaan yang sebenarnya merupakan sesuatu yang lain. Mereka yang mampu memiliki kepercayaan yang sebenarnya adalah yang pernah mengalami sesuatu
  • Kisah Sufi: Orang yang Mudah Marah
    Hikmah
    Sabtu, 31 Desember 2022 - 15:36 WIB
    Kisah berikut ini dinukil dari buku berjudul Tales of The Dervishes karya Idries Shah yang diterjemahkan oleh Ahmad Bahar menjadi Harta Karun dari Timur Tengah - Kisah Bijak Para Sufi.
  • Perenungan Diri: Menjadi Apa yang Seseorang Dapat Menjadi
    Hikmah
    Rabu, 23 Desember 2020 - 14:28 WIB
    Sufisme adalah ilmu mendiamkan apa yang harus didiamkan, dan memperhatikan (waspada) apa yang harus diperhatikan (diwaspadai), tidak berpikir bahwa engkau dapat diam.
  • Arab Saudi Duduki Peringkat ke-4 dalam Indeks Kualitas Jalan
    Dunia Islam
    Senin, 19 Februari 2024 - 16:43 WIB
    Laporan Forum Ekonomi Dunia tahun 2023 menyebut RQI Kerajaan Arab Saudi tumbuh lebih dari 10 persen menjadi 5,7, yang merupakan angka tertinggi di antara negara-negara G20.
  • Belajar dengan Orang Terkenal Menurut Sejumlah Kaum Sufi
    Hikmah
    Kamis, 07 Januari 2021 - 11:20 WIB
    Masyarakat cenderung ingin belajar dengan guru-guru terkenal. Namun selalu ada orang-orang yang tidak dihargai masyarakat, yang sebenarnya dapat mengajari mereka dengan efektif.