Topik Terkait: Perempuan Sufi

  • Kisah Sufi Mengandung Ajaran Moral: Burung dan Telur
    Hikmah
    Jum'at, 20 Januari 2023 - 10:53 WIB
    Pesan moral dalam kisah ini: Adalah menggelikan anggapan bahwa suatu hal mengikuti sesuatu yang lain anggapan itu menghambat kemajuan selanjutnya.
  • Teknik Cepat dari Tarekat Sufi Menurut Idries Shah
    Hikmah
    Minggu, 21 Agustus 2022 - 15:14 WIB
    Tidak ada aspek sufisme yang lebih memikat bagi orang yang tidak sabar selain kecepatan. Minat dan kegemaran yang sangat kuat ini telah muncul sejak teknik cepat dari tarekat sufi ini telah dibawa ke India oleh Syekh Syattar.
  • Kisah Sufi: Legenda Harta Ajaib 4 Darwis
    Hikmah
    Selasa, 03 Januari 2023 - 15:21 WIB
    Legenda ini menyerupai banyak cerita dari Timur tentang benda-benda ajaib, yang sering dijumpai dalam cerita-cerita rakyat. Beberapa kalangan menganggap kisah ini merujuk Yesus tidak mati di Salib
  • Kisah Bijak Para Sufi: Bendungan
    Hikmah
    Senin, 29 Juni 2020 - 05:55 WIB
    Cerita ini menggambarkan asal-usul pelik dari ajaran-ajaran Sufi, tetapi tampaknya datang dari tempat lain, sebab pikiran manusia tak dapat merasakan sumber yang sejati.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Khasiat Darah Manusia
    Hikmah
    Sabtu, 06 Juni 2020 - 06:19 WIB
    Karena raja tidak mempunyai iman, ia harus memiliki sesuatu yang sepadan. Sesuatu itu adalah gabungan antara tekadnya sendiri dan harapan mulia para ibu.
  • Kisah Sufi: Rapuhnya Pemisah Antara Kita dan Maut
    Hikmah
    Sabtu, 04 Maret 2023 - 11:49 WIB
    Rumusan para darwis adalah: Cobalah menyadari maut sampai kau tahu apa maut itu. Hanya sedikit penumpang yang secara serius tertarik pada peringatan tersebut.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Para Pelayan dan Rumah
    Hikmah
    Jum'at, 17 Juli 2020 - 07:08 WIB
    Kisah ini sering digunakan oleh Al-Hallaj, yang dihukum mati pada tahun 922 karena dituduh mengatakan Akulah Kebenaran. Hallaj meninggalkan sejumlah besar koleksi sajak mistik.
  • Kisah Sufi: Orang yang Hanya Melihat Hal yang Kelihatan
    Hikmah
    Kamis, 16 Juli 2020 - 06:52 WIB
    Seorang Pencari Kebenaran akhirnya menemukan seorang manusia yang tercerahkan, yang diberkahi kemampuan untuk memahami segala sesuatu, yang tidak dimiliki oleh semua orang.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Anjing dan Keledai
    Hikmah
    Jum'at, 31 Juli 2020 - 06:00 WIB
    Anjing itu menyalak sengit sehingga suara orang itu pun tak kedengaran dan keledai menyepak sekerasnya dengan kaki belakangnya hingga orang itu jatuh terjerembab.
  • Canda Ala Sufi: Anggur Berumur 40 Tahun
    Hikmah
    Jum'at, 12 Februari 2021 - 21:30 WIB
    Nashruddin menjawab, Jika aku memenuhi permintaanmu, berarti aku telah memberikannya pada orang lain. Dengan demikian, apakah dia akan tetap berumur 40 tahun?
  • Kisah Sufi al-Rudbari: Ketika Tuan Lalim Menutup Bendungan
    Hikmah
    Minggu, 28 November 2021 - 17:47 WIB
    Cerita ini menggambarkan asal-usul pelik dari ajaran-ajaran Sufi, yang datang dari suatu tempat, tetapi tampaknya datang dari tempat lain, sebab pikiran manusia tak dapat merasakan Sumber yang sejati.
  • Canda Ala Sufi: Bulan Lama, Sapi dan Kotoran Anjing
    Hikmah
    Sabtu, 19 Desember 2020 - 13:22 WIB
    Nashruddin menundukkan kepalanya dan berkata, Kasihan mereka orang-orang bodoh itu... Bulan yang lama itu bersembunyi karena musim hujan dan dia sedang membuat kilat.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Roti dan Permata
    Hikmah
    Selasa, 23 Juni 2020 - 06:09 WIB
    Konon, ada seorang raja memutuskan untuk memberikan sebagian kekayaannya tanpa pamrih. Ia ingin pula mengetahui apa yang terjadi atas pemberiannya itu.
  • Kisah Sufi Yunus Putra Adam: Makanan dari Surga
    Hikmah
    Minggu, 01 Januari 2023 - 09:36 WIB
    Yunus, putra Adam, adalah orang Suria, meninggal tahun 1670. Ia adalah seorang penemu dan mempunyai ketrampilan penyembuhan yang luar biasa. Berikut ini kisahnya.
  • Kelompok Sufi, Ketika Kematian Bukan Kematian, dan Kamar Pinjaman
    Hikmah
    Senin, 12 Oktober 2020 - 12:49 WIB
    Untuk menghindari perhatian yang tidak diinginkan, hanya satu orang yang bertugas -- Pemimpin -- mengajar publik. Sisanya, mengemban tugas sebagai pelayan di rumahnya.
  • Kisah Sufi: Ucapan Terakhir Al-Hallaj Saat Dieksekusi Mati
    Hikmah
    Jum'at, 20 November 2020 - 06:10 WIB
    Aku hanya dapat mengatakan bahwa mereka memukulku karena mereka percaya bahwa mereka benar dan aku salah. Bagaimana aku dapat menuntut keadilan terhadap mereka?
  • Kisah Sufi: Hilali, Kutukan Badui, dan Mengapa Darwis di Istana
    Hikmah
    Senin, 23 November 2020 - 06:27 WIB
    Si Badui tertegun dan menangis, Aku bersaksi bahwa kau benar-benar cucu Nabi. Karena aku datang ke sini untuk menguji apakah silsilahmu dan sikapmu sesuai satu dengan yang lainnya.
  • Kisah Sufi: Maruf Si Tukang Sepatu dan Istrinya Fatima
    Hikmah
    Minggu, 14 November 2021 - 16:16 WIB
    Cerita ini tak mengandung pesan moral, sebagaimana orang-orang di Barat terbiasa dengannya, namun menekankan hubungan sebab-akibat tertentu yang merupakan salah satu ciri khas sebagian kepustakaan Sufi.
  • Kisah Sufi yang Cerdik Kalahkan Setan Raksasa Jahat
    Hikmah
    Rabu, 15 Juni 2022 - 11:55 WIB
    Versi ini berasal dari suatu Majmua (kumpulan kisah darwis) yang aslinya ditulis oleh Hikayati pada abad ke-11, menurut kolofon, tetapi dalam bentuknya yang kita baca ini ia berasal dari abad ke-16.
  • Omar Khayyam Bisa Dibilang Suara Abadi bagi Para Sufi
    Hikmah
    Kamis, 24 September 2020 - 09:06 WIB
    Khayyam tidak dikenal di kalangan non-Sufi sampai akhir-akhir ini di Persia. Namun melalui berbagai upaya para sarjana Barat, karyanya telah dikenal luas di luar kalangan Sufi di Persia