Topik Terkait: Perempuan Sufi (halaman 2)

  • Kisah Bijak Para Sufi: Sifat Murid
    Hikmah
    Selasa, 07 Juli 2020 - 06:26 WIB
    Kisah ini menggarisbawahi secara dramatis perbedaan antara apa yang calon murid pikirkan tentang hubungan yang seharusnya dengan sang guru dan seperti apa pada kenyataannya.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Penyusunan Tradisi
    Hikmah
    Senin, 15 Juni 2020 - 12:50 WIB
    Dalam ajaran kejiwaannya, para sufi menganggap penyampaian pengetahuan secara biasa niscaya rentan terhadap penyimpangan dan kekeliruan oleh sebab penyuntingan
  • Canda Ala Sufi: Sepotong Daging dan Sebilah Pisau
    Hikmah
    Minggu, 13 Desember 2020 - 06:45 WIB
    Suatu hari, Nashruddin bertanya pada istrinya, Mengapa setiapkali aku membawakan daging pasti selalu habis dan aku tidak pernah menikmatinya? Kau kemanakan daging itu?
  • Habib al-Ajami: Rentenir Tajir Itu Tobat, Lalu Menjadi Sufi
    Hikmah
    Selasa, 19 Oktober 2021 - 18:26 WIB
    Habib bin Muhammad al-Ajami al-Basri nama lengkapnya. Jauh sebelum namanya ngetop karena kesalehannya, Habib al-Ajami adalah seorang rentenir yang amat tajir.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Khasiat Darah Manusia
    Hikmah
    Sabtu, 06 Juni 2020 - 06:19 WIB
    Karena raja tidak mempunyai iman, ia harus memiliki sesuatu yang sepadan. Sesuatu itu adalah gabungan antara tekadnya sendiri dan harapan mulia para ibu.
  • Kisah Sufi Dzun-Nun: Pukullah pada Tanda Ini untuk Harta Karun
    Hikmah
    Rabu, 25 Januari 2023 - 20:11 WIB
    Kisah yang bisa dibilang serupa dengan apa yang telah dituturkan oleh Paus Sylvester II, yang membawa pengetahuan dari Negeri Arab. Termasuk matematika, dari Sevilla, Spanyol, pada abad kesepuluh
  • Ibnu Arabi, Kecantikan Perempuan Berkaitan dengan Realitas Ketuhanan
    Hikmah
    Selasa, 22 September 2020 - 13:37 WIB
    Ia tidak mampu memahami perempuan cantik dan ketuhanan dalam waktu yang bersamaan. Hal ini adalah problema umum dari pernyataan sufi dalam suatu pilihan kata-kata yang sangat terbatas.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Empat Harta Ajaib
    Hikmah
    Jum'at, 12 Juni 2020 - 13:37 WIB
    Para darwis itu menatap ke cermin untuk mencari sumber Air Kehidupan. Dengan meminum air itu, usia mereka bisa cukup panjang untuk digunakan demi kemanusiaan.
  • Canda Ala Sufi: Ketika Nashruddin Berniat Menceraikan Istrinya
    Hikmah
    Rabu, 10 Februari 2021 - 21:39 WIB
    Nashruddin melihat-lihat bakal rumahnya itu. Tiba-tiba, dia buang angin. Sembari menunjuk sebuah tempat, dia berkata, Dan di sini kita akan bangun kamar kecil.
  • Kisah Raksasa yang Gagal Membunuh Guru Sufi
    Hikmah
    Kamis, 11 November 2021 - 17:30 WIB
    Raksasa itu terpana: sebab orang sering kali takjub pada hal-hal yang tak mereka pahami, dan benar-benar menilainya tinggi, lebih tinggi dari semestinya,
  • Kisah Sufi: Tiga Kunjungan ke Guru Bahauddin Naqsyabandi
    Hikmah
    Jum'at, 14 Oktober 2022 - 16:01 WIB
    Kisah berikut adalah kisah Bahauddin Naqsyabandi ketika dikunjungi oleh para pencari. Mereka menemukannya di halaman, dikelilingi murid beliau. Banyak opini ketika itu.
  • Kisah Sufi Saiful Muluk Sang Pencari Kebenaran
    Hikmah
    Minggu, 05 Desember 2021 - 10:52 WIB
    Di samping hal lainnya, tema kesukaan sufi bahwa kebenaran mencoba mewujudkan dirinya sendiri bagi manusia dan bahwa kebenaran itu muncul lagi dan lagi bagi setiap orang secara tersamar.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Ketika Air Berubah
    Hikmah
    Sabtu, 18 Juli 2020 - 06:56 WIB
    Setiap kali merasa haus, ia, kembali ke tempat penyimpanannya dan minum airnya. Namun akhirnya, ia memutuskan minum air yang baru. Ia tidak tahan menanggung kesepian.
  • Kisah Sufi Yunus Putra Adam: Makanan dari Surga
    Hikmah
    Minggu, 01 Januari 2023 - 09:36 WIB
    Yunus, putra Adam, adalah orang Suria, meninggal tahun 1670. Ia adalah seorang penemu dan mempunyai ketrampilan penyembuhan yang luar biasa. Berikut ini kisahnya.
  • Kisah Sufi: Sang Guru dan Arah Mana yang Benar?
    Hikmah
    Sabtu, 21 November 2020 - 09:18 WIB
    Murid harus tahu bagaimana mematuhi, bukan semata ia harus taat. Pertanyaan apakah menjadi murid atau tidak, datang setelah seseorang tahu apa sesungguhnya murid.
  • Beberapa Orang Sufi Menyaksikan Neraka saat Kerasukan
    Tausyiah
    Jum'at, 10 Februari 2023 - 09:12 WIB
    Beberapa orang sufi telah dapat menampak dunia dan neraka yang tak kasat mata, diungkapkan kepada mereka pada saat-saat mereka berada dalam keadaan kerasukan (trance) seperti mati.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Kandil Besi
    Hikmah
    Selasa, 16 Juni 2020 - 10:19 WIB
    Kisah ini disampaikan di sebuah madrasah sufi, sebagai suatu latihan-pengembangan bagi para murid yang dianggap terlalu berpikir harafiah atau literal.
  • Canda Ala Sufi: Andai Aku Hidup, Kuperlihatkan Pada Kalian
    Hikmah
    Kamis, 10 Desember 2020 - 06:48 WIB
    Celaka kalian, mengapa kalian menyergap seekor keledai yang pemiliknya telah mati...Lalu siapa yang akan menolongnya? Andai aku hidup, tentu kuperlihatkan sesuatu pada kalian.
  • Canda Ala Sufi: Selamat karena Saran Seorang Teman
    Hikmah
    Rabu, 09 Desember 2020 - 06:44 WIB
    Ucapan Nashruddin itu terdengar Taimulank sehingga dia tersentak dan kaget lalu berkata padanya, Hai, dalam keadaan seperti ini, mengapa engkau malah bersyukur?
  • Kisah Sufi al-Rudbari: Ketika Tuan Lalim Menutup Bendungan
    Hikmah
    Minggu, 28 November 2021 - 17:47 WIB
    Cerita ini menggambarkan asal-usul pelik dari ajaran-ajaran Sufi, yang datang dari suatu tempat, tetapi tampaknya datang dari tempat lain, sebab pikiran manusia tak dapat merasakan Sumber yang sejati.