Topik Terkait: Jurnal Ilmiah

  • Isra Mikraj Nabi Muhammad...
    Hikmah
    Kamis, 11 Maret 2021 - 19:49 WIB
    Orang akan dapat memahami arti semua ini apabila ia dapat berusaha menempatkan diri lebih tinggi dari bayangan hidup yang singkat ini. Ia berusaha mencapai esensi kebenaran tertinggi.
  • Aspek Isyarat-Isyarat...
    Tausyiah
    Kamis, 21 Maret 2024 - 14:53 WIB
    Kesemua aspek tersebut menjadi bukti bahwa petunjuk-petunjuk yang disampaikan oleh Al-Quran adalah benar, sehingga dengan demikian manusia yakin serta secara tulus mengamalkan petunjuk-petunjuknya.
  • Sthepen Hawking, Atheis...
    Hikmah
    Selasa, 29 Oktober 2019 - 05:15 WIB
    Boleh jadi, Hawking pada awalnya hanya memiliki kepercayaan secara dogmatis terhadap Kristen, sehingga dia ingin melepaskan dogmatis itu dalam kemurniaan sains dan teknologi secara terpisah dan integral.
  • Al-Quran dan Ilmu Pengetahuan,...
    Tausyiah
    Jum'at, 22 Maret 2024 - 11:18 WIB
    Membahas hubungan Al-Quran dan ilmu pengetahuan bukan dinilai dengan banyaknya cabang-cabang ilmu pengetahuan yang tersimpul di dalamnya, bukan pula dengan menunjukkan kebenaran teori-teori ilmiah,
  • Tafsir Ilmiah Al-Quran:...
    Tausyiah
    Sabtu, 05 Maret 2022 - 17:07 WIB
    Penafsiran ilmiah terhadap ayat-ayat Al-Quran membawa kita kepada paling tidak tiga hal pula yang perlu digarisbawahi, yaitu (1) Bahasa (2) Konteks ayat-ayat dan (3) Sifat penemuan ilmiah.
  • Ini Mengapa Mengingkari...
    Tausyiah
    Sabtu, 01 April 2023 - 17:15 WIB
    Mengingkari suatu teori ilmiah berdasarkan ayat-ayat Al-Quran sangat berbahaya, karena ekses yang ditimbulkannya tidak kurang bahayanya dengan apa yang timbul di Eropa ketika gereja mengingkari teori bulatnya bumi.
  • Penjelasan Ilmiah Mengapa...
    Hikmah
    Jum'at, 20 Januari 2023 - 17:42 WIB
    Sebuah Hadis masyhur pernah disampaikan Nabi Muhammad SAW tentang larangan keluar rumah saat Maghrib atau setelah matahari tenggelam.Berikut alasan ilmiahnya.
  • Sthepen Hawking, Atheis...
    Hikmah
    Senin, 28 Oktober 2019 - 05:15 WIB
    Sthepen Hawking. Siapa yang tak mengenalnya? Di kalangan para ilmuwan dia disejajarkan dengan tokoh ilmuwan klasik sekelas Albert Einsten, Sir Isaac Newton dan tokoh ilmuwan hebat lainnya.
  • Perkembangan Penafsiran...
    Tausyiah
    Jum'at, 04 Maret 2022 - 16:12 WIB
    Corak penafsiran ilmiah al-Quran telah lama dikenal. Benihnya bermula pada masa Dinasti Abbasiyah, khususnya pada masa pemerintahan Khalifah Al-Mamun (w. 853 M).
  • Penafsiran Ilmiah Al-Quran...
    Tausyiah
    Jum'at, 12 Mei 2023 - 16:55 WIB
    Sejumlah ulama berusaha untuk membuktikan kemukjizatan Al-Quran, atau kebenaran-kebenarannya sebagai wahyu Ilahi melalui penafsiran, sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan
  • Nuzulul Quran: Respons...
    Tausyiah
    Rabu, 27 Maret 2024 - 16:22 WIB
    Kalau demikian ini sifat dan ciri khas ilmu pengetahuan dan peraturannya, maka dapatkah kita menguatkannya dengan ayat-ayat Tuhan yang bersifat absolut, abadi dan pasti benar
  • Kebenaran Ilmiah Al-Quran,...
    Tausyiah
    Rabu, 02 Maret 2022 - 15:22 WIB
    Al-Quran adalah kitab petunjuk, demikian hasil yang kita peroleh dari mempelajari sejarah turunnya. Jika demikian, apakah hubungan Al-Quran dengan ilmu pengetahuan?
  • Mahmud Syaltut: Al-Quran...
    Tausyiah
    Selasa, 04 April 2023 - 04:00 WIB
    Sesungguhnya Tuhan tidak menurunkan Al-Quran untuk menjadi satu kitab yang menerangkan kepada manusia mengenai teori-teori ilmiah, problem-problem seni serta aneka warna pengetahuan.
  • Makna Isra dan Mikraj...
    Tausyiah
    Senin, 07 Februari 2022 - 05:15 WIB
    Perjalanan Nabi Muhammad SAW dalam Isra dan Mikraj dalam waktu sangat singkat, merupakan tantangan terbesar sesudah Al-Quran disodorkan oleh Tuhan kepada umat manusia.
  • Azab Allah Taala kepada...
    Hikmah
    Senin, 31 Januari 2022 - 05:15 WIB
    Sebuah penelitian menyimpulkan bahwa wilayah bekas kaum Sodom hancur oleh meteor. Sebuah batu meledak dan ledakannya itu sekitar 1.000 kali lebih kuat dari bom atom Hiroshima.
  • Quraish Shihab: Al-Quran...
    Tausyiah
    Selasa, 19 Maret 2024 - 04:00 WIB
    Dalam menerangkan masalah-masalah filsafat dan metafisika, Al-Quran tidak menggunakan istilah filsafat dan logika. Juga dalam bidang politik, ekonomi, sosial dan kebudayaan.
  • Kita Tidak Dapat Membenarkan...
    Tausyiah
    Minggu, 31 Maret 2024 - 14:33 WIB
    Dahulu ada orang yang menguatkan pendapat yang menyatakan bahwa planet hanya tujuh (sebagaimana pendapat ahli-ahli Falak ketika itu) dengan ayat-ayat yang menunjukkan bahwa ada tujuh langit.
  • Kisah Sufi Isra Mikraj:...
    Hikmah
    Minggu, 06 Februari 2022 - 09:44 WIB
    Metode Sufi, menurut Ibrahim Khawwas, adalah: Tunjukkan hal-hal yang tak dimengerti dengan menggunakan istilah-istilah yang bisa dimengerti oleh khalayak.
  • Peristiwa di Bulan Rajab:...
    Hikmah
    Minggu, 06 Februari 2022 - 09:32 WIB
    Perisiwa di bulan Rajab salah satunya adalah isra dan mikraj Nabi Muhammad SAW. Isra Mikraj terjadi pada malam 27 Rajab tahun ke-10 kenabian, dan inilah yang populer.
  • Memahami Al-Quran di...
    Tausyiah
    Selasa, 01 Maret 2022 - 17:00 WIB
    Al-Quran bukan satu kitab yang dikehendaki Allah untuk menerangkan kebenaran-kebenaran ilmiah dalam alam semesta, tetapi ia adalah kitab petunjuk, ishlah dan tasyri.