Topik Terkait: Hikmah Musibah

  • Ketentuan Allah Taala Tentang Musibah, Hikmah atau Akibat Dosa?
    Muslimah
    Minggu, 10 Januari 2021 - 09:02 WIB
    Allah Taala memiliki hikmah sesuai dengan keluasan ilmu-Nya yang mutlak. Bahkan, dalam setiap musibah yang menimpa seorang hamba, pada hakikatnya Allah mengirim sinyal-sinyal agar muslimin mengambil hikmah di dalamnya.
  • Musibah Terjadi karena Perbuatan Tangan Sendiri, Begini Penjelasan Al-Quran
    Tausyiah
    Rabu, 20 Juli 2022 - 23:58 WIB
    Dalam Al-Quran disebutkan bahwa musibah yang menimpa seseorang disebabkan oleh perbuatan tangan sendiri. Firman Allah ini terdapat dalam Surat Asy-Syura Ayat 30.
  • Ketika Ditimpa Musibah, Ujian atau Hukuman?
    Muslimah
    Jum'at, 25 Juni 2021 - 09:49 WIB
    Bila seseorang mendapatkan musibah, pasti ada pertanyaan yang menyelinap di dalam hati. Apakah musibah yanh menimpa tersebut adalah ujian atau hukuman bagi seseorang tersebut? Hal ini juga dipertanyakan kepada diri kita sendiri.
  • Ketika Musibah Datang sebagai Peringatan
    Muslimah
    Senin, 14 Desember 2020 - 06:35 WIB
    Musibah menjadi peringatan bagi orang-orang yang meyakini Allah sebagai Rabb-nya, akan tetapi keyakinannya tidaklah kuat. Lisannya berikrar syahadatain, tubuhnya menjalankan salat, tetapi hatinya mudah sekali goyah dan terbawa godaan syaitan.
  • Saat Menghadapi Musibah, Seorang Muslim Harusnya Di Posisi Mana?
    Muslimah
    Senin, 11 Januari 2021 - 11:10 WIB
    Jika menelaah Al Quran, kata musibah disebutkan dalam Alquran sebanyak 10 kali dan ini menunjukkan bahwa kata tersebut memiliki nilai yang penting bagi manusia.
  • 15 Perkara yang Mengundang Datangnya Bala dan Musibah
    Tausyiah
    Selasa, 10 November 2020 - 17:43 WIB
    Khuwaidim Zawiyah Tarbiyah At Tijaniyah Jakarta, KH Muhammad Yunus A Hamid, menyebutkan ada 15 perkara yang mengundang datangnya bala dan musibah di muka bumi.
  • Penyebab Musibah di Dunia, Ternyata karena Perbuatan Dosa
    Tausyiah
    Jum'at, 26 Januari 2024 - 05:15 WIB
    Islam mengajarkan kita untuk senantiasa berbaik sangka kepada Allah, Zat yang Maha Berkehendak. Terkadang Allah memberi musibah untuk menguji hamba-hamba yang dikehendaki-Nya.
  • Kisah Hikmah: Menyembunyikan Kebaikan
    Muslimah
    Minggu, 21 Maret 2021 - 16:31 WIB
    Menyembunyikan kebaikan dan kehebatan yang dimiliki akan bernilai baik manakala disertai dengan niat ikhlas lillahi taala. Namun, menampakkan kebaikan sebagai sarana untuk mengajak orang lain agar juga mau berbuat baik, juga dianjurkan.
  • Hikmah Mengucapkan Wallahu Alam Bagi Seorang Muslim
    Hikmah
    Rabu, 20 Juli 2022 - 17:17 WIB
    Seorang muslim pastinya sudah sering mendengar kalimat Wallahu Alam yang artinya hanya Allah Yang Lebih Mengetahui (Maha Tahu). Berikut hikmahnya.
  • 4 Keutamaan Bagi Orang yang Bersabar Menghadapi Musibah
    Tausyiah
    Senin, 18 Mei 2020 - 09:05 WIB
    Dalam suatu hadis, Rasulullah menegaskan bahwa seorang muslim tidak akan merugi dalam situasi apapun. Sebab, keimananya akan menjadikannya semua urusannya baik.
  • Doa Agar Musibah di Dunia Terasa Ringan Lengkap Arab dan Latin
    Tausyiah
    Senin, 16 Januari 2023 - 16:35 WIB
    Dalam Al-Quran disebutkan, tidak ada musibah yang menimpa seseorang melainkan atas izin Allah. Berikut doa yang diajarkan Rasulullah SAW agar musibah di dunia terasa ringan.
  • Kisah Penuh Hikmah Menjelang Buka Puasa dari Aisyah
    Hikmah
    Kamis, 23 Maret 2023 - 16:17 WIB
    Ada kisah penuh hikmah dari seorang istri Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, Aisyah radhiyallahu anha menjelang berbuka puasa
  • Kisah Hikmah : Padamnya Lampu Istana dan Khalifah Umar Bin Abdul Aziz
    Hikmah
    Sabtu, 27 April 2024 - 17:50 WIB
    Gaya hidup Umarbin Abdul Aziz sangat sederhana ketika menjadi khalifah. Gajinya hanya 2 dirham perhari atau 60 dirham perbulan. Meski menjabat hanya 2-3 tahun, karyanya sangat mengagumkan.
  • 10 Ulama dan Dai Sikapi Wabah Corona, Ini Pesannya
    Hikmah
    Rabu, 18 Maret 2020 - 05:15 WIB
    Beragam pendapat dan pandangan mencuat ke publik menanggapi wabah virus Corona (Covid-19) ini. Tidak terkecuali para ulama dan dai ikut menyampaikan pandangannya.
  • Hikmah, Kebajikan yang Berlimpah Menurut Cak Nur
    Tausyiah
    Rabu, 01 Maret 2023 - 14:19 WIB
    Cak Nur mengatakan tujuan seorang Rasul diutus kepada umat manusia antara lain untuk mengajarkan Kitab Suci dan hikmah kepada mereka. Lalu, apa yang dimaksud hikmah?
  • Inilah Penyebab Musibah dan Kesusahan dalam Hidup
    Tausyiah
    Kamis, 30 April 2020 - 23:09 WIB
    Musibah dan kesusahan hidup sering kali dikeluhkan oleh banyak manusia. Apalagi di zaman sekarang, musibah demi musibah terus terjadi tidak kenal waktu dan tempat.
  • Kisah Hikmah : Istri Nabi Musa Alaihisalam yang Pemalu
    Muslimah
    Senin, 21 Februari 2022 - 15:31 WIB
    Nabi Musa alaihissalam memiliki seorang istri yang disifati Allah Taala sebagai perempuan muslimah yang pemalu dan santun. Seorang perempuan yang terpercaya, kuat, pendidikannya sempurna, yang selalu menjaga kesucian diri.
  • 4 Tingkatan Orang yang Ditimpa Musibah Menurut Syaikh Al-Utsaimin
    Tausyiah
    Sabtu, 02 September 2023 - 12:18 WIB
    Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin mengatakan manusia terbagi menjadi 4 tingkatan dalam menghadapi musibah. 1. Marah-marah. 2. Bersabar. 3. Rida. 4. Bersyukur.
  • Waspada! 15 Maksiat yang Memicu Datangnya Musibah di Akhir Zaman
    Hikmah
    Sabtu, 30 September 2023 - 15:27 WIB
    Dalam satu Hadis disebutkan ada 15 perkara maksiat yang mengundang datangnya musibah pada akhir zaman. Hendakanya umat muslim menjauhi 15 perkara ini.
  • Fenomena Gempa, Bencana yang Sudah Dikabarkan Allah Taala dalam Al-Quran
    Hikmah
    Jum'at, 14 Januari 2022 - 17:55 WIB
    Bagi orang-orang beriman, gempa bukan hanya sekadar musibah. Gempa adalah peringatan dari Allah Taala buat manusia, bisa juga disebut sebagai azab kecil atau azab dunia.