Kumpulan Artikel: Muhasabah (halaman 2)

  • Langkah-langkah yang Perlu Dilakukan Ketika Doa Belum Juga Dikabulkan
    Tips
    Rabu, 20 Oktober 2021 - 13:12 WIB
    Ketika berdoa kepada Allah Subhanahu wa taala, kita berharap Allah segera mengabulkannya. Namun pada kenyataannya tidak demikian, pasti ada yang tidak dikabulkan.
  • Muhasabah Hati untuk Menghilangkan Penyakit Hati
    Muslimah
    Senin, 11 Oktober 2021 - 16:34 WIB
    Setiap muslim dianjurkan selalu bermuhasabah (instrospeksi) setiap hari. Dengan muhasabah, kita dapat melihat dan merenungi kembali atas apa yang telah dilakukan dan diiringi keinginan untuk memperbaiki di kemudian hari
  • Inilah Sikap Terbaik Ketika Dighibahi atau Dizalimi
    Muslimah
    Sabtu, 03 Juli 2021 - 10:19 WIB
    Ketika kita mendapat perlakukan tidak baik, dighibahi atau dizalimi orang lain, pasti kita merasa sakit hati dan marah. Tapi, ternyata sikap yang baik ketika kita dizalimi adalah istighfar dan melakukan muhasabah.
  • Muhasabah Idul Fitri, Berikut 2 Hal yang Wajib Kita Benahi
    Tausyiah
    Senin, 17 Mei 2021 - 09:21 WIB
    1 Syawal disebut dengan hari kemenangan karena merupakan hari puncak dari rentetan ibadah yang telah kita lakukan selama Ramadhan. Berikut dua hal yang wajib kita benahi setelah Idul Fitri.
  • Habib Jindan: Kepergian Ramadhan Harus Kita Tangisi
    Tausyiah
    Jum'at, 14 Mei 2021 - 05:00 WIB
    Ramadhan baru saja meninggalkan kita. Bagi orang beriman tentu sangat sedih karena kehilangan banyak keberkahan dan pahala lipat ganda yang tidak didapat di bulan lain.
  • Kesempatan Muhasabah Diri di Waktu Akhir Ramadhan
    Muslimah
    Minggu, 09 Mei 2021 - 14:22 WIB
    Ada kekhawatiran yang sangat ketika Ramadhan yang akan usai, namun amal-amal yang telah dikerjakan ini teryata ditolak oleh Allah subhanahu wa taala. Bagaimana bila hal ini terjadi?
  • Muhasabah Sebelum Tidur, Aktivitas yang Sering Dilalaikan
    Muslimah
    Minggu, 25 April 2021 - 17:42 WIB
    Banyak sekali di antara kita, atau bahkan termasuk kita, yang mengabaikan aktivitas penting, yakni muhasabah diri sebelum mereka memejamkan mata di malam hari. Ini tentu menjadi catatan penting bagi setiap muslim.
  • Muhasabah Diri Setiap Hari
    Muslimah
    Rabu, 24 Maret 2021 - 17:32 WIB
    Setiap muslim dan muslimah, diperintahkan selalu mawas diri untuk melaksanakan segala perintah Allah Taala dan menjauhi larangan-Nya. Caranya dengan selalu melakukan muhasabah diri setiap hari
  • Aa Gym: Luangkanlah Waktu Menyendiri untuk Allah
    Tausyiah
    Sabtu, 24 Oktober 2020 - 23:40 WIB
    Ada waktunya kita perlu menyendiri atau melakukan tahannuts. Tahannuts artinya mengasingkan diri dari keramaian untuk mengisi hati, mendekat kepada Allah Taala.
  • Meninggalkan Maksiat Adalah Jalan Menuju Marifatullah
    Muslimah
    Senin, 06 Juli 2020 - 06:10 WIB
    Setiap perbuatan akan dihisab, karena itu hendaknya setiap muslimah rutin melakukan muhasabah dan instropeksi diri. Apakah dalam dirinya masih banyak maksiat atau lebih cinta kepada ketaatan.