Topik Terkait: Larangan Minum Bir

  • Mengapa Tape Halal Sedangkan Bir Haram? Ini Penjelasannya
    Tausyiah
    Rabu, 27 September 2023 - 20:50 WIB
    Mengapa tape halal sedangkan Bir diharamkan? Berikut ini penjelasan syariat sebagaimana dijelaskan oleh Ustaz Farid Numan Hasan.
  • Doa Sebelum Minum Obat Lengkap Arab dan Latin, Insya Allah Berkah
    Tips
    Selasa, 29 Agustus 2023 - 20:47 WIB
    Doa minum obat ini sangat baik diamalkan seorang muslim yang sedang sakit. Berdoa dan berobat termasuk ikhtiar yang disyariatkan dalam Islam. Berikut doanya.
  • Doa Ambil Miqat di Bir Ali seperti yang Diajarkan Umar bin Khattab
    Tips
    Senin, 19 Februari 2024 - 15:27 WIB
    Doa ambil Miqot di Bir Ali: Labbayka Allohumma umrotan, Labbayka Allohuma Labbayk Labbayka la-syari kalaka labbayk, inal-hamda wannimata laka walmulk la-syarikalak.
  • Doa Minum Obat dan Mohon Kesembuhan Ketika Sakit
    Tips
    Senin, 27 September 2021 - 16:24 WIB
    Doa minum obat merupakan salah satu ikhtiar ketika akan minum obat untuk memohon kesembuhan dari sakit yang sedang kita alami. Dengan berdoa kita berharap Allah Subhanahu wa taala mengangkat penyakitnya.
  • Larangan Memata-matai dan Mengorek-ngorek Informasi
    Muslimah
    Rabu, 10 Februari 2021 - 08:01 WIB
    Perbuatan memata-matai atau mengorek-ngorek informasi tentang seseorang atau sesama saudara muslim sangat ditentang Rasulullah. Apalagi, jika perbuatan memata-matai ini dimaksudkan untuk membongkar aib.
  • cover top ayah
    وَحُشِرَ لِسُلَيۡمٰنَ جُنُوۡدُهٗ مِنَ الۡجِنِّ وَالۡاِنۡسِ وَالطَّيۡرِ فَهُمۡ يُوۡزَعُوۡنَ (١٧) حَتّٰٓى اِذَاۤ اَتَوۡا عَلٰى وَادِ النَّمۡلِۙ قَالَتۡ نَمۡلَةٌ يّٰۤاَيُّهَا النَّمۡلُ ادۡخُلُوۡا مَسٰكِنَكُمۡ‌ۚ لَا يَحۡطِمَنَّكُمۡ سُلَيۡمٰنُ وَجُنُوۡدُهٗۙ وَهُمۡ لَا يَشۡعُرُوۡنَ‏ (١٨) فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنۡ قَوۡلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًـا تَرۡضٰٮهُ وَاَدۡخِلۡنِىۡ بِرَحۡمَتِكَ فِىۡ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيۡنَ (١٩)
    Dan untuk Sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib. Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari. Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.

    (QS. An-Naml Ayat 17-19)
    cover bottom ayah
  • Seusai Miqat di Bir Ali, Hari Ini Jemaah Haji Indonesia Masuk Mekkah
    Dunia Islam
    Kamis, 01 Juni 2023 - 12:21 WIB
    Para petugas di Bir Ali akan mengingatkan jemaah untuk melakukan ihram atau melaksanakan niat umrahnya.
  • Hari Kedua, Ribuan Jemaah Haji Kembali Ambil Miqat di Bir Ali Besok
    Dunia Islam
    Jum'at, 02 Juni 2023 - 03:37 WIB
    Ribuan jemaah haji kembali diberangkatkan ke Masjid Dzulhulaifah atau Bir Ali untuk mengambil miqat atau niat ihram. Selanjutnya, mereka bergeser menuju Makkah untuk melaksanakan umrah wajib.
  • Amalan Minum Susu Putih di Awal Tahun Hijriyah
    Tips
    Senin, 09 Agustus 2021 - 16:59 WIB
    Di antara kebiasaan orang-orang saleh ketika memasuki awal Tahun Hijriyah mereka meminum susu putih pada malam 1 Muharram (malan Tahun Baru).
  • Larangan Saat Haid yang Penting Diketahui Muslimah
    Muslimah
    Jum'at, 23 Februari 2024 - 12:27 WIB
    Larangan-larangan saat haid wajib diketahui oleh kaum muslimah. Yaitu hal-hal apa saja yang tidak boleh dilakukan dan hal yang dilarang ini juga berlaku bagi wanita muslimah yang sedang nifas.
  • Hadis Pilihan: Larangan Menghina dan Mencaci-maki Seorang Muslim
    Tausyiah
    Kamis, 05 Oktober 2023 - 16:35 WIB
    Salah satu adab yang diajarkan Baginda Nabi Muhammad ? untuk diperhatikan umat Islam adalah tidak menghina atau merendahkan sesama muslim.
  • 3 Larangan bagi Umat Muslim saat Iduladha, Salah Satunya Puasa
    Hikmah
    Selasa, 27 Juni 2023 - 16:46 WIB
    Hari Raya Iduladha 2023/1444H akan segera tiba tak lama lagi. Momen istimewa ini merupakan salah satu hari besar bagi umat Islam di bulan Dzulhijjah
  • Larangan Beribadah Secara Berlebihan
    Muslimah
    Minggu, 23 Mei 2021 - 05:00 WIB
    Berlebihan merupakan sikap tercela meskipun itu dalam hal ibadah. Sebab segala sesuatu yang melampaui tidak disukai oleh Allah Subhanahu wa taala. Mengapa demikian?
  • Larangan Tidur Setelah Sahur, Begini Penjelasannya
    Tips
    Selasa, 12 April 2022 - 18:30 WIB
    Dalam Islam, langsung tidur setelah santap sahur dan shalat subuh memang tidak dianjurkan, bahkan beberapa ulama menghukuminya itu adalah makruh (jika tidak ada udzur dan keperluan).
  • Doa Ketika Minum Air Zamzam
    Tips
    Jum'at, 09 Juni 2023 - 15:59 WIB
    Doa ketika akan minum air zamzam ini hendaknya diamalkan, terutama oleh jemaah haji yang tengah menjalankan ibadah haji.Namun doa ini juga bisa diamalkan oleh setiap muslim yang akan minum air zamzam juga.
  • Cara Minum Rasulullah Cegah Kemaksiatan, Yuk Amalkan
    Tips
    Selasa, 27 Juli 2021 - 15:09 WIB
    Ulama kharismatik Mesir Al-Imam Muhammad Mutawalli Asy-Syarawi (1911-1998) menjelaskan cara minum yang dilakukan Rasulullah yang faedahnya dapat mencegah maksiat.
  • Penting yang Mana: Meninggalkan Larangan atau Melakukan Ketaatan?
    Tausyiah
    Senin, 28 September 2020 - 05:16 WIB
    Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a, Rasulullah SAW bersabda, hindarilah perkara-perkara yang diharamkan, niscaya engkau akan menjadi manusia yang paling baik dalam beribadah
  • Tadabbur Al-Quran: Larangan Memanggil Orang Lain dengan Julukan Buruk Seperti Cebong Atau Kampret
    Tausyiah
    Rabu, 06 September 2023 - 12:35 WIB
    Tadabbur ayat kali ini mengulas tentang hukum memanggil orang lain dengan panggilan buruk dalam Surat Al-Hujurat Ayat 11. Islam sangat melarang umatnya untuk saling mencela satu sama lain.
  • Pekan Ini 1.899 Jemaah Haji Ambil Miqat di Bir Ali
    Dunia Islam
    Minggu, 28 Mei 2023 - 21:56 WIB
    Sebanyak lima kloter atau 1.899 jemaah haji Indonesia akan diberangkatkan ke Miqat Bir Ali pada 1 Juni 2023. Di Bir Ali jemaah akan mengambil miqat.
  • Adab Minum Air Putih Agar Berkah dan Berkhasiat
    Tips
    Jum'at, 31 Desember 2021 - 21:03 WIB
    Air adalah salah satu karunia besar Allah untuk kelangsungan hidup manusia. Agar air yang kita minum menjadi berkah ada baiknya kita mengamalkan adab berikut.
  • Begini Tahapan Ihram bagi Jemaah Lansia saat Miqat di Bir Ali
    Dunia Islam
    Selasa, 30 Mei 2023 - 12:38 WIB
    Pelaksanaan ibadah haji 1444H/2023 sebentar lagi akan dimulai. Setiap jemaah yang akan menjalankan ibadah haji harus melaksanakan ihram.